Manfaat Dan Khasiat Buah Cermai yang Jarang Diketahui

image: wikimedia.org
Buah Cermai atau biasa disebut dengan Cerme, Ceremai, Termasuk suatu nama buah-buahan yang berukuran kecil, berwarna hijau agak kekuningan. Buah Cermai berasal dari Madagaskar dan banyak dikembangkan di daerah tropis, salah satunya adalah negara Indonesia. Buah Cermai memiliki pohon seperti pohon belimbing Wuluh, pohonnya berukuran kecil memiliki banyak cabang. Pohon buah Cermai memiliki tinggi hingga 7 sampai 9 meter, buah ini dapat tumbuh subur di wilayah yang berdataran rendah.

Bentuk buahnya seperti buah Labu, namun ukurannya sangat kecil dan juga memiliki warna hijau agak kekuningan menjadikan salah satu ciri khas dari buah Cermai. Buah ini memiliki rasa asam dan sedikit lebih manis, serta terasa lebih segar dibandingkan buah belimbing wuluh yang sangat asam. Buah Cermai memiliki warna daging yang putih agak kekuningan, menjadikan setiap orang tertarik dengan warna daging buah Cermai tersebut. Kebanyakan seseorang yang mengonsumsi buah ini dengan cara dibikin manisan, dan juga dapat dikonsumsi secara langsung. Meskipun sedikit asam, namun juga banyak seseorang yang menggemari buah itu dengan cara dikonsumsi secara langsung. 

Buah tersebut jarang kita jumpai di pasaran, memang sebenarnya buah Cermai ditanam bukan untuk dijual, melainkan banyak ditanam untuk tanaman hias, tanaman untuk peneduh di depan rumah supaya halaman terlihat lebih sejuk. Selain banyak ditanam di perumahan, pohon ini juga kerap kita jumpai di depan Stadion, di Taman, maupun di Kebun tanaman daerah setempat. Buah yang memiliki rasa asam ini ternyata juga mengandung Antioksidan yang sangat tinggi. Meskipun tidak dapat kita temui di pasar buah, namun keberadaan buah Cermai sekarang sudah bisa kita dapatkan di hampir setiap kota besar yang memiliki Taman Buah maupun Kebun Buah. 

Selain itu buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ini juga dapat kita budidayakan sendiri dengan dicangkok. Dengan begitu kita bisa menikmati sejuknya pohon buah Cermai ini di halaman rumah. Selain untuk tanaman hias, ternyata buah kecil dan mempunyai rasa asam ini juga menyimpan sejuta kandungan penting, serta dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

# Kandungan Nutrisi Pada Buah Cermai :

Beberapa senyawa alami yang bermanfaat terdapat dalam buah Cermai. Sementara buah segar itu telah diuji Laboratorium di Amerika oleh beberapa ilmuwan biologi, dan dinyatakan oleh beberapa ilmuwan, Ternyata buah Cermai ini memiliki kandungan senyawa alami seperti Vitamin C, yang merupakan sumber utama Antioksidan. 

Vitamin C pada buah Cermai tak hanya sekedar bersifat Antioksidan seperti biasa, namun dengan adanya kandungan Flavonoid, menjadikan kandungan Antioksidan tersebut memiliki kekuatan yang lebih hebat dibandingkan dengan Antioksidan biasanya. Selain kandungan tersebut, buah ini juga mengandung banyak Kalori, Protein, Kalium, Kalsium, Mineral, Karbohidrat, Serat kasar, Zat besi, Tanin, serta Riboflavin. Karena hal tersebutlah menjadikan buah ini sangat banyak digemari oleh beberapa masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. 

 # Manfaat dan Khasiat Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh Manusia :
 
1. Mengobati sembelit
Kandungan vitamin C pada buah ini juga sangat banyak, Sudah populer di kalangan masyarakat bahwa manfaat dari vitamin C adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Namun selain itu ternyata vitamin C juga mempunyai manfaat lain, yaitu untuk membantu membersihkan sisa-sisa pencernaan makanan yang masih tertinggal di usus halus. Sehingga kita tak hanya bebas dari sembelit, melainkan juga bebas dari beberapa ancaman penyakit perut. Jadi bagi anda yang mengalami masalah seperti ini, buah Cermai adalah solusi yang tepat untuk dikonsumsi pada saat anda mengalami sembelit.

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita
Tak hanya vitamin C, kandungan gizi seperti zat besi, karbohidrat, kalium, dan kalsium juga terdapat di dalam buah Cermai. Banyak buah-buahan yang mengandung senyawa seperti ini, tetapi salah satu buah yang ekonomis adalah buah Cermai. Kandungan senyawa alami yang banyak dan memiliki kadar nutrisi amat tinggi, menjadikan buah tersebut sangat baik untuk dikonsumsi setiap orang.

Cara mengonsumsinya juga sangat mudah, kita tidak perlu melakukan berbagai teori untuk mengambil dagingnya. Melainkan kita bisa memakan buah tersebut dengan kulitnya seperti halnya memakan buah jambu air. Selain dikonsumsi secara langsung, kita juga bisa memanfaatkan buah ini sebagai manisan untuk dikonsumsi setiap saat.

3. Mengobati diabetes
Buah Cermai merupakan salah satu buah-buahan mengandung banyak senyawa Polifenol. Kandungan Polifenol yang tinggi di dalam buah ini sangat baik untuk kita manfaatkan sebagai obat-obatan menyembuhkan penyakit diabetes. Mengapa bisa begitu?, Karena sifat senyawa Polifenol yang terdapat dalam buah ini dapat mencegah resistensi urine, dan juga dapat melindungi tubuh dari Oksidatif gula darah.  Karena hal tersebut, buah Cermai mempunyai khasiat yang tidak bisa diragukan lagi.

4. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C yang melimpah di dalam buah Cermai juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita, ternyata manfaat dari vitamin C ini juga sangat penting untuk proses reproduksi sel tubuh manusia. Untuk itu kandungan vitamin C juga dapat menjaga kesehatan sel yang dapat rusak karena efek dari radikal bebas. Nah dengan begitu, jika kita mengonsumsi buah ini secara rutin, maka secara tidak langsung kesehatan kulit akan terjaga, serta menjadikan kulit lebih bersih dan terawat.
image: create-green.blogspot.com
5. Sebagai pelangsing alami
Kandungan asam yang tinggi dalam buah Cermai, ternyata sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Sehingga buang air besar terasa lebih lancar dan juga tidak akan terasa sakit. Namun manfaat dalam mengatasi hal tersebut tidak hanya terdapat di dalam buah Cermai saja. Perlu anda ketahui, pada dasarnya senyawa asam yang terdapat pada buah-buahan, ternyata memiliki sifat melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, mengonsumsi buah yang mengandung cukup asam juga sangat disarankan untuk seseorang yang menjalani program diet.

6. Menambah sistem kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin C yang lebih memang terdapat di dalam buah Cermai ini. Manfaat vitamin C sendiri salah satunya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena vitamin ini merupakan sumber Antioksidan bagi tubuh kita. Tak hanya itu, manfaat dari vitamin C yang terdapat di dalam buah ini juga sangat berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat lain dari vitamin ini adalah untuk membantu menjaga pertumbuhan sel tubuh kita.

Jadi kesimpulannya adalah, mengonsumsi buah Cermai setiap hari tidak akan membahayakan tubuh kita. Bahkan malah membuat tubuh menjadi lebih sehat, serta tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Cara mengonsumsinya juga sangat gampang, kita bisa memakan buah ini dari pohonnya langsung. Meskipun memiliki rasa asam, namun nantinya akan terasa segar di tenggorokan kita.

7. Menyehatkan tulang
Kandungan Kalsium juga banyak terdapat di dalam buah Cermai, kandungan senyawa kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat dari kalsium adalah untuk menjaga kesehatan tulang pada tubuh manusia. Untuk itu mengonsumsi buah Cermai setiap hari dengan rutin, maka akan mendapatkan efek untuk menjaga kesehatan tulang dengan cara internal.

8. Anti kanker
Salah satu manfaat buah Cermai yang jarang diketahui adalah untuk asupan anti kanker. Kandungan Bioflavonoid dan juga Karotenoid pada Cermai, merupakan beberapa senyawa yang amat penting. Karena senyawa Bioflavonoid dan Karotenoid memiliki sifat Antioksidan yang tinggi. Sehingga jika seseorang mengonsumsi buah ini dengan rutin, maka sel kanker jahat yang banyak berkeliaran dalam tubuh, akan sedikit demi sedikit diperangi oleh senyawa tersebut. Karena itulah nama buah Cermai ini semakin terkenal, dan juga mempunyai manfaat cukup menakjubkan.

9. Melindungi hati
Manfaat / Khasiat buah Cermai yang sangat populer adalah untuk menjaga fungsi hati. Fungsi hati di dalam tubuh kita bisa rusak karena terserang oleh kandungan kimiawi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan tertentu. Contohnya seperti alkohol dan juga makanan mengandung bahan kimia. Karena itu mengonsumsi buah Cermai sebagai camilan, sama dengan kita menjaga tubuh dari kerusakan hati yang disebabkan alkohol dan bahan kimia lainnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar