Manfaat Dan Khasiat Tak Terduga Buah Kelengkeng

image: vegetafruit.com
Apakah buah kelengkeng kesukaan Anda ?, Ya.. Buah kelengkeng sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Buah ini memiliki dua nama di berbagai wilayah, ada yang menyebutnya dengan sebutan Mata Kucing atau Badaro. Meski di berbagai wilayah buah ini memiliki nama yang berbeda beda, tapi jenisnya juga sama saja. Buah tersebut berbentuk bulat seperti kelereng tapi ukurannya juga sedikit lebih besar dan warnanya cokelat muda. Setiap orang yang mengonsumsi buah ini pasti akan ketagihan dengan rasa yang dihasilkan oleh buah kelengkeng, Rasanya sangat manis dan segar. Buah kelengkeng bisa disajikan dengan bentuk minuman atau juga bisa dikonsumsi secara langsung sebagai makanan saat kita sedang santai.

Banyak orang yang bilang jikalau buah kelengkeng mengandung banyak senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Karena itu seseorang yang suka mengonsumsi buah kelengkeng pasti akan memiliki kesehatan tubuh maksimal. Karena pada buah tersebut terdapat banyak kandungan Vitamin, bahkan buah ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian kita. Sehingga banyak orang yang menyebut bahwa buah ini kaya akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis kelengkeng yang mungkin belum semua orang tahu. Tanaman buah ini sudah banyak dibudidayakan di negara Indonesia. Selain itu beberapa jenis / varian buah kelengkeng di beberapa wilayah Indonesia sangat mempengaruhi harga pasarannya.

1. Kelengkeng Ping Pong
Kelengkeng ping pong adalah paling istimewa atau spektakuler, Karena buah kelengkeng jenis ini memiliki banyak daging pada buahnya, rasanya pun sangat manis dan ukuran buahnya sebesar bola pingpong, karena itulah jenis ini dinamakan kelengkeng pingpong.

2. Kelengkeng Aroma Durian
Buah kelengkeng yang satu ini memiliki aroma yang beda dari yang lain. Ada keunikan tersendiri pada buah tersebut. Buah jenis ini memiliki aroma yang khas, Aromanya seperti buah durian yang setengah matang. Buah kelengkeng aroma durian dapat tumbuh lebat dibandingkan dengan buah sejenis lainnya. Besar buahnya juga berbeda dari yang lain, Buah ini terlihat lebih kecil dari buah Kelengkeng jenis pingpong.

3. Buah Kelengkeng Satu Jari
Dilihat dari jenis namanya saja pasti anda sudah bingung dengan maksud kata ‘’satu jari’’. Buah kelengkeleng satu jari memiliki ciri khusus, Cirinya terdapat pada kulit buah yang bergaris lurus melingkari buahnya. Rasa buah ini juga tak kalah enak dengan jenis Lengkeng lain.

Selain itu buah enak ini juga mempunyai manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Di bawah ini adalah manfaat dan khasiat tak terduga buah kelengkeng, serta banyak dikagumi di kalangan masyarakat.

1. Bagus untuk Diet secara alami
Banyak orang menginginkan tubuh ideal atau tubuh langsing, Seseorang yang ingin melakukan program diet, Umumnya pasti menggunakan obat-obatan diet, bahkan juga obat-obatan tersebut ada yang tergolong berbahaya. Buah kelengkeng adalah salah satu buah yang baik dan cocok untuk digunakan saat diet. Karena buah segar ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah, sehingga tidak akan membuat tubuh kita menjadi gemuk.

2. Untuk penyembuhan luka
Kandungan Polifenol pada buah kelengkeng tidaklah sedikit. Buah ini sangat dipercaya akan khasiatnya yang bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Manfaat kandungan Polifenol pada buah ini dapat membantu mencegah kerusakan sel sel dalam tubuh. Sehingga jika kita mengonsumsi buah mengandung senyawa Polifenol yang juga terdapat pada buah kelengkeng, akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kulit kronis, termasuk penyakit kanker kulit.

3. Untuk menambah energi
Buah kelengkeng tergolong buah yang bermanfaat untuk menambah energi, karena pada buah ini terdapat senyawa karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dalam tubuh dapat membantu memperbanyak pasokan energi pada tubuh kita.

4. Untuk merelaksasikan Syaraf
Selain untuk porsi minuman, buah kelengkeng juga banyak dimakan saat sedang santai atau pada waktu liburan bersama keluarga. Sangat beruntung jika kita rutin mengonsumsi buah ini, karena selain mempunyai rasa lezat, buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem syaraf kita. Sehingga dapat menimbulkan efek relaksasi pada syaraf otak. Karena itu buah ini sangat dianjurkan untuk obat alami anti Depresan ( seperti dijelaskan pada poin 5 ).

5. Anti Depresan
Buah kelengkeng sangat terkenal karena memiliki kandungan senyawa alami, yakni bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Bagi seseorang yang susah tidur di malam hari dan menderita insomnia, Buah kelengkeng adalah solusi yang tepat. Karena buah tersebut memiliki efek menenangkan dan membantu meningkatkan kinerja syaraf.

6. Untuk meningkatkan Imunitas
Buah kelengkeng sangat terkenal akan kandungan vitamin C. Vitamin C berperan sebagai Antioksidan di dalam tubuh. Sehingga seseorang yang banyak mengonsumsi buah kelengkeng, maka kesehatan tubuhnya akan selalu terjaga dan kebal terhadap segala jenis penyakit. Selain itu buah ini juga sangat diminati / digemari oleh anak anak.

7. Mencegah risiko penyakit Jantung
Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya, 80% orang di Indonesia nyawanya melayang karena terserang penyakit berbahaya satu ini. Sementara kandungan pada buah kelengkeng dapat membantu merangsang fungsi hati, limpa, dan juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Sehingga akan dapat membantu mengurangi gejala stroke dan serangan jantung.
image: receptyonline.cz
8. Melancarkan sirkulasi darah
Buah kelengkeng memiliki zat besi yang sangat tinggi. Sehingga siapa pun yang mengonsumsi buah ini, maka sirkulasi darah akan menjadi lancar, serta juga akan membantu mencegah terjadinya anemia.

9. Mencegah Osteoporosis
Penyakit osteoporosis sangat sering terjadi, terutama pada orang berumur lebih dari 40 tahun. Osteoporosis atau pengeroposan tulang sangat rentan terhadap benturan ringan, karena tulang akan mudah patah jika terkena benturan. Selain itu daya tahan tulang juga semakin berkurang. Nah, kandungan kalsium pada buah kelengkeng juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

10. Menetralkan racun
Selain enak dikonsumsi, ternyata buah kelengkeng tak kalah khasiatnya dengan buah kelapa muda. Buah lezat tersebut dapat membantu menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh manusia. Sehingga orang yang mengonsumsi buah kelengkeng akan terbebas dari penyakit ginjal.

11. Memiliki Vitamin C cukup banyak
Vitamin C dalam tubuh memiliki banyak manfaat, bahkan penting dibutuhkan untuk dicerna dalam tubuh. Selain untuk Antioksidan, Kandungan vitamin C juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, menambah mood, memperbaiki kulit, dan juga melawan kanker.

12. Memperpanjang umur kita
Pada buah kelengkeng terdapat kandungan Polifenol yang bisa mencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh manusia. Selain itu kandungan ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker, sehingga dapat membantu memperpanjang umur kita.

13. Melancarkan buang air kecil
Selain untuk menetralisir racun di dalam tubuh, buah ini juga mampu menjaga kesehatan ginjal. Dengan kondisi ginjal yang sehat, maka proses pembuangan air kecil juga semakin lancar bukan...?

14. Menjaga kesehatan kulit
Dalam rangka menjaga kesehatan kulit, alangkah lebih baiknya kita mencoba dengan cara alami untuk tetap membuat kulit menjadi segar. Buah kelengkeng adalah salah satu solusi tepat untuk menerapkan kesehatan kulit. Karena di dalam buah kelengkeng terdapat kandungan Anti-aging. Kandungan Anti-aging sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, karena kandungan ini merupakan satu satunya senyawa alami untuk mengendalikan kesehatan kulit.

15. Mencegah Demam dan Flu
Terutama pada saat musim pancaroba atau perubahan musim, Penyakit demam dan flu sangat mudah menyerang kesehatan anak kecil. Karena di sisi lain anak kecil juga suka bermain di luar rumah, tanpa pengawasan orang tua. Akibatnya anak akan menghirup udara yang terdapat banyak penyakit, atau partikel kecil ikut terhirup oleh anak tersebut. Akibatnya kesehatannya akan menurun, dan serangan pertama yang terjadi adalah meriang atau demam anak. 

16. Menormalkan kinerja Jantung dan Limpa
Terkait dengan efek buah kelengkeng untuk menenangkan kondisi jiwa, di sisi lain buah ini juga dapat menormalkan detak jantung dan kinerja limpa. Sehingga sangat disarankan bagi orang setelah beraktivitas dan saat capek untuk mengonsumsi buah ini. Karena buah kelengkeng dapat membantu memulihkan energi yang hilang, serta bermanfaat untuk menormalkan detak jantung yang kurang stabil.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar