Manfaat Dan Khasiat Jagung yang Tersembunyi

image: way2gohealthy.com
Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang memiliki popularitas tertinggi di dunia. Selain padi dan gandum, jagung ternyata juga banyak digemari oleh beberapa masyarakat berbagai wilayah. Tanaman jagung pertama kali berasal dari negara Amerika. Di kawasan Amerika tengah dan Amerika selatan, jagung merupakan salah satu tanaman yang digunakan sebagai makanan pokok pengganti padi ataupun gandum. Tanaman yang memiliki nama latin (Zea mays L. ssp. mays), kini sudah banyak diolah menjadi makanan untuk peternak ayam, dan juga diolah menjadi tepung maizena.

Tanaman jagung bisa dibilang menarik, karena tanaman ini memiliki postur bentuk sangat unik, dan juga memiliki model menarik menurut botani dan agronomi. Di negara Indonesia sendiri, budi daya jagung sudah semakin marak di berbagai wilayah, khususnya di daerah yang memiliki ketinggian tanah di atas 500 mdpl. Jagung sendiri merupakan tanaman yang dapat dikonsumsi dalam dua bentuk, yaitu Jagung muda dan Jagung tua.

Jagung tua kebanyakan di Indonesia dikelola dengan cara dijemur hingga kering, setelah itu diolah oleh pabrik, lalu dijadikan berbagai jenis olahan produk. Selain untuk produk, jagung juga dikelola sebagai bahan baku untuk benih. Berbeda dengan jagung muda, meskipun masih tergolong muda, namun jagung ini juga dapat diolah langsung menjadi makanan pokok, seperti jagung rebus, dan juga sebagai olahan untuk campuran sayur bening rumahan.

Sering kali kita mendengar tentang jenis tanaman menarik ini, jagung muda atau biasa disebut ‘’Janten’’ dalam bahasa Jawa, ternyata sudah menjadi makanan pokok di kawasan Jawa, bahkan juga di kawasan Asia. Kandungan karbohidrat dalam jagung memang sangat tinggi, dan itulah sebabnya jagung dikonsumsi oleh masyarakat sejak zaman dahulu, bahkan sebelum adanya Padi. Pengolahan jagung sebagai makanan pokok biasanya banyak kita temui di pasar, warung, serta di pasar khusus makanan khas daerah. Dan hingga kini jagung juga masih banyak dikonsumsi oleh banyak orang, mulai dari jagung tua untuk diolah sebagai pakan ternak, dan juga Ampok atau nasi jagung yang populer di daerah Jawa timur.

Selain itu, jagung muda sendiri juga tak kalah popularitasnya dengan jagung tua. Pengolahan jagung muda kebanyakan dengan cara dibikin sayur bening rumahan, jagung bakar, dan dadar jagung yang banyak kita temui di warung-warung. Selain untuk dikonsumsi, ternyata jagung juga memiliki beberapa kandungan yang berbau unsur ilmiah. Yang mana pastinya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, layaknya kandungan Lemak nabati, Sodium, Potassium, Karbohidrat, Sugars, Dietary fiber, Protein, Vitamin A, Vitamin C, Kalium, dan Zat besi.

Dengan adanya kandungan seperti di atas, kini jagung telah banyak dibincangkan oleh beberapa penduduk, Bahwa tanaman biji-bijian tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut Manfaat dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh :

1. Mencegah penyakit diabetes
Penyakit diabetes termasuk salah satu penyakit paling berbahaya, tentunya gejala penyakit ini sangat ditakuti oleh semua orang. Kandungan gula di dalam jagung muda ini tidaklah banyak. Selain itu, Di dalam jagung muda mengandung senyawa yaitu karbohidrat, serat, dan kandungan sodium sangat tinggi. Jagung ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, yakni untuk mencegah penyakit diabetes khususnya penyakit diabetes tipe 2. Penyakit diabetes yang dikenal sebagai penyakit berbahaya, ternyata juga bisa dicegah dengan cara mengonsumsi jagung muda. Baik itu dengan cara dimakan sebagai jagung rebus maupun sayur bening.

2. Sumber energi yang sehat
Beberapa ilmuwan biologi telah menguji Lab kandungan biji-bijian Jagung. Dan ternyata jagung mengandung protein cukup tinggi. Selain itu kandungan lemak jenuh di dalam Jagung muda juga sangatlah rendah. Nutrisi protein pada jagung sangat berguna untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh kita. Di sisi lain, kandungan lemak jenuh, zat besi, dan protein dalam jagung ternyata sangat berperan untuk menjaga sumber energi tubuh kita agar tetap utuh. Sehingga mengonsumsi jagung sangat disarankan bagi kita yang memiliki kondisi badan mudah lelah, atau pada saat merasa lemas.

3. Mencegah penyakit Alzheimer
Apa itu penyakit Alzheimer ?, Penyakit Alzheimer yaitu gangguan pada otak yang ditandai dengan melemahnya daya ingatan. Penyakit Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang menyerang sel syaraf otak, sehingga kinerja otak semakin menurun. Ada baiknya jika kita menjaga kesehatan tubuh dan juga fungsi otak dengan cara mengonsumsi jagung muda dalam bentuk direbus, maupun diolah menjadi sayuran. Jagung muda mengandung Folat yang tinggi, dan berguna untuk mencegah penyakit Alzheimer. Selain itu manfaat dari kandungan tersebut juga sangat berperan untuk menambah nutrisi pada otak.

4. Menambah sistem kekebalan tubuh pada anak-anak maupun orang dewasa
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh memang sangatlah penting, Hal ini dilakukan karena pengaruh sistem imun pada anak sangat penting sekali. Maka dari itu, saat anak kita masih kecil pastinya harus mengikuti program imunisasi. Selain melakukan program imunisasi, kita juga bisa menambah sistem kekebalan tubuh dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C. Di dalam jagung muda memiliki sumber makanan kaya akan Vitamin C. Meski dalam takaran rendah sekalipun, jagung muda memiliki kandungan 4% manfaat vitamin A dari total kebutuhan vitamin C, serta zat besi yang dapat bermanfaat menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh pada anak.
image: seriouseats.com
5. Memperlancar peredaran oksigen dalam pembuluh arteri
Kandungan Zat besi pada jagung muda tidaklah sedikit. Zat besi dan Provitamin di dalam jagung muda bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh arteri. Dengan begitu proses peredaran darah menjadi semakin lancar. Fungsi utama dari pembuluh arteri adalah untuk melancarkan peredaran darah yang mengandung oksigen dari jantung, kemudian diedarkan ke seluruh organ tubuh manusia.  Jika oksigen dalam pembuluh arteri tidak dapat berjalan lancar, maka dapat membahayakan tubuh, serta fungsi otak tak bisa berjalan dengan normal.

6. Membantu meningkatkan daya ingat
Meningkatkan daya ingat pada otak memang sangatlah penting untuk kita terapkan. Karena jika kita memiliki daya ingat yang kuat, pastinya hidup kita lebih bersemangat dan juga lebih produktif. Kandungan senyawa dalam jagung muda memiliki peranan aktif dan baik untuk menjaga kesehatan sel otak. Seperti dijelaskan poin nomor 3 di atas, bahwa pada jagung terdapat berbagai jenis kandungan alami, seperti Vitamin dan salah satunya adalah Folat. Manfaat Folat untuk tubuh sangat membantu menjaga kesehatan sel otak, juga membuat kinerja otak semakin meningkat.

7. Melancarkan proses pencernaan
Jagung, Padi, Gandum merupakan tanaman pakan yang sudah banyak ditanam masyarakat sejak zaman dahulu. Bahkan sebelum banyaknya padi dibudidayakan di Indonesia, Makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah Singkong dan Jagung. Kandungan serat Jagung memang tidak sedikit, dan adanya kandungan serat kasar Jagung, sangat berperan baik untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi jagung muda rebus maupun diolah menjadi sayur, sangat disarankan bagi anda yang enggan mengonsumsi nasi.

8. Mencegah infeksi
Infeksi merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, serta memiliki gerak hidup yang dapat melebar, dan juga menular ke bagian organ tubuh lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya kita disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C tinggi, seperti jagung muda. Kandungan Vitamin C jagung muda sangat bermanfaat untuk membunuh atau memerangi bakteri jahat pada tubuh. Contohnya seperti luka yang diakibatkan oleh infeksi.
Artikel Terkait