10 Manfaat Menakjubkan Buah Kedondong Bagi Kesehatan

image: wahyu-wawa.com
Buah kedondong termasuk salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh kaum wanita. Karena idaman utama yang jarang ditinggalkan wanita hamil adalah buah kedondong. Banyak sekali cara untuk mengonsumsi buah kedondong, tanpa harus dimakan secara langsung. Layaknya dibikin manisan, diolah menjadi rujak buah, serta dibikin jus kedondong. 

Buah kedondong sendiri memiliki tekstur daging yang keras dan renyah bila dimakan. Rasa asam berlebih pada buah kedondong merupakan ciri bahwa buah tersebut mengandung vitamin C cukup banyak. Vitamin C sendiri merupakan sumber asupan yang tidak boleh ditinggalkan. Sebab sistem imun tubuh terbentuk karena Antioksidan yang merupakan kandungan dari vitamin C. 

Meskipun kedondong memiliki rasa identik dengan asam, tetapi buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut terjadi dikarenakan buah kedondong memiliki banyak senyawa alami, serta bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Seperti Energi 40 kkal, Protein 1 mg, Lemak 0,1 gr, Karbohidrat 10,3 mg, Kalsium 15 mg, Fosfor 22 mg, Zat besi 3 mg, Vitamin A 233 UI, Vitamin B2 0,8 mg, serta Vitamin C 34 mg. 

Berikut manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh :

1. Untuk Obat batuk Alami
Manfaat buah kedondong yang jarang orang ketahui adalah menyembuhkan gejala batuk. Kebanyakan orang Jawa saat batuk, buah kedondong salah satu buah yang dihindari setelah buah Nanas. Ternyata pemahaman tersebut kurang tepat. Faktanya, Buah kedondong memiliki senyawa alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit batuk. Jadi buah kedondong sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami gejala batuk.

Yang perlu kita perhatikan adalah cara mengonsumsinya cukup beda dengan biasanya. Yakni buah kedondong yang sudah dikupas dan dicuci dengan bersih, lalu bisa diparut atau diblender, Setelah itu pisahkan sari buah kedondong dari ampasnya dengan diperas, kemudian minum airnya sampai gejala batuk mereda.

2. Untuk sakit Perut atau Diare
Buah kedondong mengandung asam tinggi, sehingga dapat digunakan untuk membantu pembentukan asam lambung alami. Dengan begitu seseorang yang mengalami masalah pada pencernaan, diare, atau bab tidak lancar, Maka buah kedondong menjadi salah satu solusi dalam mengatasi hal tersebut. Hanya saja kita cukup mengonsumsi buah kedondong saat siang hari setelah makan, dan malam hari sebelum tidur. 

Hindari memakan buah kedondong bagi penderita asam lambung. Karena buah kedondong bersifat membantu memperbanyak produksi asam lambung. Sehingga seseorang yang memiliki penyakit asam lambung sangat berbahaya jika mengonsumsi buah kedondong.

3. Mengobati luka Kulit
Kandungan Vitamin C buah kedondong berkisar 34 mg per 100 gram. Vitamin C sendiri merupakan sumber Antioksidan yang utama untuk kesehatan tubuh. Karena manfaat Antioksidan untuk tubuh adalah menjaga sistem kekebalan, sehingga tubuh akan kebal terhadap infeksi yang diakibatkan penyakit. Selain itu manfaat dari Vitamin C berperan sebagai nutrisi yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel. Karena hal itulah membuat luka di kulit cepat tertutup dengan pertumbuhan sel yang baru dan cepat. Cara penerapannya sangat sederhana, kita hanya memanfaatkan getah buah kedondong untuk dioleskan ke seluruh bagian luka luar (kulit).

4. Mengatasi Anemia
Dampak penyakit anemia tentu sangat meresahkan bagi penderitanya. Rasa mual, pusing, dan nafas pendek sangat mengkhawatirkan keadaan saat terserang penyakit tersebut. Nutrisi utama yang dibutuhkan penderita Anemia adalah Zat besi. Asupan zat besi seimbang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh, karena zat besi difungsikan untuk membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh kita. Salah satu cara alami mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi buah kedondong.

Buah kedondong memiliki kandungan zat besi yang setara dengan vitamin C. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang mengalami anemia. Dengan begitu buah ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Bagi penderita penyakit anemia sangat disarankan mengonsumsi buah tersebut dalam bentuk jus. Karena selain mudah untuk dikonsumsi, seseorang tak perlu susah untuk mengunyah buah kedondong yang bertekstur keras ini.
image: lovebodyhealth.blogspot.com
5. Menjaga kesehatan Mata
Selain mengandung banyak vitamin C, Buah kedondong ternyata juga mengandung banyak vitamin A. Yang mana mempunyai manfaat seperti wortel, yaitu untuk mencegah penyakit mata atau juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Tips menjaga kesehatan mata dengan memanfaatkan buah kedondong, kita bisa mengonsumsi buah kedondong setiap hari. Baik itu dikonsumsi secara langsung, maupun dalam bentuk rujak, manisan, atau jus buah kedondong.

6. Mencegah penyakit Jantung
Buah kedondong mempunyai khasiat yang tak kalah penting dengan buah-buahan lainnya. Dondong memiliki kandungan kalium alami dalam jumlah cukup besar. Kandungan kalium buah kedondong secara tak langsung dapat mencegah datangnya penyakit jantung bila kita mengonsumsinya secara rutin. Asupan kalium dalam tubuh kita harus diperhatikan, karena kalium sangat penting untuk kebutuhan harian tubuh. Sehingga jika asupan kalium terjaga, maka kita akan terbebas dari penyakit jantung serta tubuh akan tetap bugar.

7. Menambah Stamina
Salah satu khasiat buah kedondong yang tersembunyi adalah untuk menambah stamina tubuh. Kandungan alami dalam buah ini memiliki energi sekitar 230 kkal per 100 gram. Tentunya sudah terbayang jika seseorang mengonsumsi buah kedondong dalam bentuk jus maupun dimakan secara langsung, Maka 30 % kebutuhan stamina tubuh yang hilang akan terpenuhi. Oleh sebab itu, Buah ini sangat disarankan dalam bentuk jus sebagai minuman penambah stamina, khususnya pada laki laki yang mempunyai pekerjaan fisik.

8. Menambah sistem kekebalan Tubuh
Kandungan Vitamin C pada buah kedondong merupakan sumber Antioksidan alami. Buah ini cocok digunakan untuk camilan bagi orang yang sering begadang, dan juga untuk seseorang yang mengalami gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin C, Seperti sariawan dan bibir pecah pecah. Rasa asam tinggi buah kedondong memberi ciri khas buah yang cukup segar, serta juga mengandung banyak vitamin C.

9. Melancarkan Pencernaan
Buah kedondong memiliki kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Kandungan serat seringkali dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena kandungan ini memiliki fungsi amat penting, Yakni untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga melancarkan sistem pencernaan makanan. Mengonsumsi buah kedondong dengan rutin, sama halnya memenuhi kebutuhan serat harian untuk menjaga sistem pencernaan, dan membuat BAB menjadi lancar.

10. Baik untuk kesehatan Tulang
Di kawasan Asia tenggara, buah kedondong sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh penduduk setempat. Karena telah terbukti bahwa buah kedondong dapat menjaga kesehatan tulang, sehingga membuat tulang menjadi kuat dan tidak mudah rapuh. Para ilmuwan mengatakan, kandungan kalsium dalam buah kedondong sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk itu mengonsumsi Jus dari buah kedondong sangatlah penting, karena dapat menjaga kesehatan tulang serta meningkatkan daya tahan tulang.
Artikel Terkait