10 Manfaat dan Khasiat Rebung yang Menakjubkan

image: onlyfoods.net
Rebung telah dikenal banyak masyarakat, karena tanaman ini mudah ditemui di daerah pedesaan. Selain memiliki harga murah, rebung jika diolah dengan cara yang benar dan tepat, akan menghasilkan rasa yang enak, dan menjadi ciri khas tersendiri makanan rebung. Selain digunakan untuk sayuran, di negara Indonesia sendiri rebung juga banyak digunakan dan diolah sebagai bahan masakan layaknya tepung rebung.

Sudah sering terdengar di telinga kita tentang tunas pohon bambu atau rebung, selain digunakan sebagai bahan menu masakan, rebung ternyata juga banyak dikonsumsi orang sejak zaman dahulu. Karena dalam rebung ini terkandung berbagai jenis senyawa alami yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.


Rebung termasuk salah satu makanan yang cocok dikonsumsi dalam menjaga asupan nutrisi harian kita. Beberapa ilmuwan dari India telah membuktikan, bahwa di dalam rebung mengandung berbagai jenis asupan nutrisi, serta mampu mencegah dan mengobati ragam penyakit dalam tubuh. Kandungan nutrisi rebung di antaranya Energi 27 kkal, Protein 2,60 g, total Fat 0,3 g, Dietary fiber 2,2 g, Folat 7 g, Niacin 0,600 mg, Pyridoxine 0,240 mg, Selenium 0,8 g, Zinc 1,10 mg, dan Beta-karoten yang merupakan sumber Antioksidan untuk menjaga sistem kekebalan pada tubuh.

Lebih detailnya, Berikut Manfaat dan Khasiat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh Kita :

1. Membantu menurunkan berat badan
Dalam berbagai hal yang mungkin sudah menjadi kebiasaan kita setiap hari, tanpa sadar terkadang ada hal yang membuat kita menjadi obesitas. Beberapa efek buruk akan terjadi saat kita mengalami obesitas, seperti penampilan menjadi tidak percaya diri, dan bahkan sangat rentan terhadap melemahnya kesehatan tubuh. Upaya alami untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya kita mengonsumsi rebung dalam bentuk sayuran, maupun dengan cara digoreng/tumis. Kandungan yang terdapat di dalam rebung sangat efektif untuk mengurangi berat badan berlebihan, sehingga berat badan akan terkontrol dengan normal.

2. Menjaga kesehatan Jantung
Kandungan pada rebung yang masih alami ini pernah diambil sebuah sampel, dan kemudian diuji secara Lab oleh beberapa bidang studi di Indonesia. Yakni mengungkapkan bahwa kandungan Fitosterol dan Fitonutrien yang terdapat dalam rebung sama sekali tidak akan mengancam kesehatan bagi pengonsumsi, melainkan kandungan senyawa alami tersebut sangat berperan baik dalam menghancurkan kolesterol jahat pada tubuh. Dengan begitu, risiko penyumbatan pembuluh arteri yang disebabkan kolesterol akan terkurangi, serta jantung bisa memompa darah dengan stabil.

3. Membantu mengontrol kadar Kolesterol
Seperti dijelaskan poin nomor dua, Bahwa kandungan Fitosterol alami di dalam rebung cukup baik dikonsumsi seseorang dengan gejala kolesterol tinggi. Beberapa ancaman bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sudah menjadi masalah besar pada risiko penyakit jantung. Untuk itu mengonsumsi sayur rebung atau kerupuk rebung dengan rutin, maka kadar kolesterol dalam tubuh dengan bertahap akan tertanggulangi.

4. Mengurangi gejala risiko Kanker
Selain baik untuk penderita penyakit jantung, ternyata berbagai kandungan alami seperti Antioksidan pada rebung juga sangat ampuh untuk menjaga sel kanker jahat yang mengancam kesehatan organ tubuh. Untuk itu bagi yang memiliki gejala penyakit kanker, baik itu dari riwayat maupun penyakit tumbuh secara alamiah, sebaiknya mengonsumsi rebung setiap hari secara rutin.

5. Menyehatkan sistem pencernaan
Rebung juga mengandung berbagai unsur senyawa alami yang baik untuk tubuh. Seperti Vitamin, Zat besi, Kalsium, Kalium, dan Nutrisi lainnya. Kandungan serat tinggi dalam rebung juga berpengaruh terhadap kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Maka mengonsumsi rebung dalam jumlah cukup tidak akan mengeluarkan efek samping, melainkan kandungan seratnya akan menjaga kesehatan sistem pencernaan. 
image: wikimedia.org
6. Mengobati Bisul
ilmuwan dari India telah membuktikan bahwa kandungan senyawa alami Rebung sangat berpengaruh positif untuk anti-inflamasi. Kandungan anti-inflamasi alami dalam rebung yang masih segar, dapat digunakan sebagai obat-obatan alami serta bermanfaat untuk memerangi rasa sakit / nyeri ringan. Selain itu, kandungan tersebut juga berperan baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan dan bisul.

7. Dapat digunakan untuk membersihkan luka
Rebung ternyata juga memiliki kandungan Antiseptik, tak lain lagi fungsinya adalah menjaga luka luar kulit, layaknya kulit lecet, kulit tergores benda tajam, dan lainnya. Oleh sebab itu, manfaat dari Antiseptik tersebut juga dipercaya dapat menjaga kebersihan luka luar, serta dapat digunakan sebagai pembersih luka dengan cara dioleskan.

8. Menurunkan tekanan darah
Senyawa Kalium dalam rebung dapat berperan menjadi senyawa elektrolit, manfaatnya adalah untuk menjaga tekanan darah pada titik normal. Selain itu, elektrolit yang terdapat dalam rebung juga berpengaruh untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan adanya kandungan tersebut, Maka seseorang dengan gejala tekanan darah tinggi sangat disarankan mengonsumsi rebung. Cara mengonsumsinya yaitu dibersihkan/rendam dulu dengan air lalu direbus, atau bisa diolah menjadi sayuran.

9. Mengatasi gangguan pernafasan
Ragam nutrisi rebung telah diakui beberapa ilmuwan kesehatan di berbagai negara. Kandungan alami yang terdapat di dalamnya sangat efektif dan berpengaruh besar dalam menjaga sistem saluran pernafasan. Sehingga dengan adanya senyawa tersebut, rebung yang masih segar sangat baik dikonsumsi sebagai ramuan untuk mengatasi penyakit asma, atau gangguan pada pernafasan.

Caranya cukup mudah : Potong-potong rebung lalu rendam dengan air beberapa saat. Kemudian buang air rendaman, lalu rebuslah tunas rebung dengan air bersih selama 10 menit. Setelah itu tambahkan madu ke dalam rebusan tersebut secukupnya, Lalu diamkan air rebusan rebung tadi. Setelah dingin, air tersebut bisa langsung dikonsumsi setiap sehari dua kali, yaitu pagi dan malam hari.

10. Sumber Vitamin dan Mineral untuk tubuh
Kandungan senyawa / nutrisi alami setiap 100 gram rebung tidaklah sedikit. Kandungan alami seperti Mineral dan Vitamin dalam rebung, ternyata juga sangat efektif membantu menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi rebung sebagai lauk-pauk juga cukup baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.
Artikel Terkait