Manfaat Dan Khasiat Lengkuas yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

image: biofoundations.org
Lengkuas atau biasa dikenal dengan sebutan ‘’Laos’’ di berbagai wilayah, ternyata kini sudah menjadi salah satu jenis umbi-umbian sangat populer di Indonesia. Perlu anda ketahui, Lengkuas merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam famili Zingiberaceae, dan tergolong ke dalam Genus Alpinia. Sehingga tanaman ini tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran masakan penyedap rasa, melainkan juga memiliki manfaat lain. Seperti untuk bahan pengobatan tradisional. 

Keberadaan tanaman lengkuas di Indonesia kini sudah semakin marak, dan sudah banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh di dua dataran Indonesia, seperti dataran rendah dan dataran tinggi. Pohon lengkuas memiliki tinggi 50 hingga 100 Cm di atas permukaan tanah, serta menyimpan cadangan makanan di akarnya, yakni umbi Lengkuas. Tumbuhan ini tak hanya ditanam di ladang, kebun, atau halaman depan rumah, melainkan tanaman lengkuas juga dapat tumbuh subur ditanam dalam vas bunga, layaknya bunga-bunga biasanya. 

Nah, tentunya dengan kemudahan budi daya lengkuas tersebut, menjadikan setiap orang ingin memiliki tanaman bermanfaat ini. Selain memiliki aroma yang khas untuk penyedap masakan, ternyata tumbuhannya juga dapat ditanam dalam vas bunga, dan digunakan sebagai hiasan halaman rumah.

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering mendengar nama tanaman satu ini, yakni  banyak digunakan sebagai bahan baku untuk tumis, atau bahkan juga digunakan sebagai bahan dasar sayuran yang memiliki rasa pedas. Umbi lengkuas kini sudah semakin banyak ditemukan di berbagai pasar sayuran, atau bahkan pasar yang menyediakan bahan baku ramuan untuk pengobatan herbal. Selain digunakan untuk bahan baku penyedap rasa pada masakan, manfaat lain yang dapat kita ambil dari lengkuas adalah untuk pengobatan beberapa jenis penyakit ringan seperti batuk, atau bahkan penyakit berat. 

Di zaman dahulu sering kali seseorang yang mengalami gejala sakit ringan maupun berat, pasti lebih memilih mencari bahan herbal sejenis dedaunan dan umbi-umbian layaknya Lengkuas. Nah, karena hal tersebutlah Lengkuas sekarang sudah semakin dipercaya di kalangan masyarakat, bahwa tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat untuk pengobatan. Selain itu, para pakar biologi yang telah menguji coba umbi lengkuas juga mengatakan, Bahwa di dalam lengkuas memiliki kandungan alami seperti Vitamin A, Vitamin C, Beta Sitosterol, Quercetin, Emodin, Galangin, Zat besi, serta Sodium. Di mana setiap senyawa tersebut pasti memiliki manfaat berbeda beda. 

Di bawah ini Adalah Manfaat dan Khasiat Umbi Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh :

1. Membersihkan jerawat
Salah satu pemicu timbulnya jerawat yang banyak adalah ketika kita lalai saat menjaga kebersihan wajah, Seperti jarang mencuci muka saat mau tidur. Bagi anda yang mungkin memiliki jerawat dalam jumlah banyak, bisa jadi karena anda saat mau tidur jarang mencuci muka terutama saat tidur siang.

Cara paling praktis untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan umbi lengkuas ini, caranya juga sangat sederhana. Ambil satu ruas umbi lengkuas, Potong menjadi beberapa bagian, dan oleskan permukaan lengkuas yang dipotong tadi ke permukaan kulit kita yang terdapat jerawat.

2. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut
Selain untuk pengobatan jerawat, ternyata lengkuas  juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama pada rambut. Sangat banyak ekstrak dari lengkuas dijual di pasaran, dan banyak digunakan sebagai minyak rambut.

Hal ini dikarenakan kandungan dalam umbi lengkuas sangat berperan untuk menjaga akar rambut supaya tetap sehat. Selain diekstrak dan digunakan sebagai minyak rambut, kita juga dapat menggunakan ramuan yang terbuat dari lengkuas untuk diusapkan ke kulit kepala.  Dengan begitu, sirkulasi darah di kulit kepala akan menjadi lancar serta rambut kita juga selalu tetap terjaga.

3. Mengurangi rambut bau
Mungkin sudah banyak cara untuk mengatasi rambut berbau tidak sedap, yakni memakai sampo, minyak rambut, atau Kondisioner yang merupakan beberapa alternatif untuk diterapkan pada rambut yang tidak sedap. Namun kali ini bau rambut juga dapat dihilangkan dengan memanfaatkan dari kandungan umbi Lengkuas.

Caranya kita siapkan beberapa umbi lengkuas segar, tumbuk umbi tersebut hingga menjadi halus dan gunakan sebagai sampo di saat kita mandi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita dapat menggunakan cara ini setiap hari dengan rutin.

4. Menurunkan demam pada anak
Sering kali gejala seperti demam menyerang anak-anak serta menjadikan suhu badan menjadi naik secara tiba tiba. Tentunya kita sebagai orang tua pasti akan mengalami panik. Nah, kali ini ada solusi alami jika anak sedang mengalami gejala tersebut. Selain penanganan secara medis, kita juga dapat menggunakan ramuan dari lengkuas untuk meredakan gejala panas yang menyerang kesehatan anak.

Kandungan Antipiretik dan Analgesik yang terdapat di dalam umbi lengkuas tersebut sangat bermanfaat untuk memerangi virus di dalam tubuh kita. Selain itu kandungan senyawa alami tersebut juga dapat membantu meringankan suhu badan yang tinggi pada anak-anak. Caranya juga sangat sederhana, lengkuas yang sudah ditumbuk halus dapat langsung dioleskan ke kening anak tersebut.
image : cookingwithcorey.info
5. Untuk menyembuhkan gejala rematik ringan
Rematik merupakan salah satu gangguan kesehatan, yakni terjadi pada sendi kaki. Rasa nyeri yang sering dirasakan oleh penderita penyakit tersebut menjadikan salah satu keluhan bagi penderita penyakit rematik. Salah satu cara alami untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan ramuan berbahan lengkuas.

Caranya : Siapkan 2 ruas jari lengkuas yang masih segar dan sudah dibersihkan serta 1 telur ayam kampung. Haluskan umbi lengkuas dengan cara diparut hingga rata, lalu tambahkan kuning telur ayam Kampung/Jawa pada parutan lengkuas tadi. Tambahkan sedikit air supaya bisa menjadi rata, setelah itu minum air ramuan tersebut setiap hari secara rutin.

6. Menambah nafsu makan
Manfaat lain dari lengkuas ini adalah untuk suplemen penambah nafsu makan. Karena memiliki manfaat tersebut, maka lengkuas sangatlah cocok digunakan untuk seseorang yang nafsu makannya menurun.

Caranya :  Haluskan 1 rimpang lengkuas berukuran sebesar ibu jari, tambahkan satu rimpang temu lawak berukuran sama, serta juga beri satu batang meniran. Rebus ketiga bahan tersebut menjadi satu wadah yang berisi air tiga gelas. Lalu biarkan hingga mendidih dan cukup matang. Setelah matang ramuan tersebut dapat didinginkan dahulu, selanjutnya saring dan langsung diminum setiap hari sekali.

7. Untuk mengobati panu
Umbi lengkuas juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit, salah satunya untuk mengobati panu. Di dalam umbi lengkuas terdapat vitamin A, sementara manfaat vitamin A seringkali diartikan sebagai nutrisi yang dapat menjaga reproduksi sel kulit pada manusia. Sehingga kesehatan kulit kita akan tetap terjaga.

Berikut cara untuk menggunakan umbi lengkuas sebagai obat menyembuhkan panu :

Sebelum kita membuat ramuan tersebut, siapkan bahan bahannya dulu. Sediakan 1 rimpang lengkuas berukuran ibu jari, dan kapur sirih secukupnya. Tumbuk lengkuas beserta kapur sirih menjadi satu hingga halus serta tercampur dengan rata. Tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan ramuan tersebut ke permukaan kulit yang terkena panu.

8. Menyembuhkan gejala batuk
Pada dasarnya, Batuk merupakan reaksi alami yang disebabkan oleh produksi lendir berlebihan di tenggorokan. Selain itu batuk juga terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah batuk bronkitis. Upaya alami untuk menyembuhkan gejala batuk secara herbal adalah dengan memanfaatkan kandungan yang ada di dalam lengkuas.

Caranya juga sangat gampang :

Siapkan satu rimpang lengkuas dan satu rimpang temu lawak berukuran sedang, lalu sediakan daun Pecut Kuda dan segenggam Daun iler.

Pastinya sebelum membuat ramuan tersebut, kita harus memastikan bahwa semua bahan dalam kondisi bersih setelah dicuci. Campurkan semua bahan menjadi satu dan tumbuk hingga halus. Setelah itu rebus semua bahan dengan menggunakan air bersih sebanyak tiga gelas.

Pada saat air mendidih, tambahkan kayu manis secukupnya, kemudian biarkan beberapa lama hingga air berkurang menjadi satu gelas. Setelah itu diamkan air hingga menjadi dingin, dan saring ramuan tersebut lalu minum. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini selama sehari dua kali, yakni pagi dan sore hari.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar