Ingin Bisa Tidur Dengan Cepat dan Nyenyak.? Tekan Dua Titik Ini

image: allbeautynhealth.com
Suasana gundah gelisah karena stres atau cemas sering kali menjadikan kita sulit tidur. Sebenarnya dalam hati ingin segera cepat tidur pulas pada malam hari, agar keesokan harinya dapat menjalankan rutinitas dengan lancar dan penuh semangat. Yang lebih parah lagi, jika kondisi tubuh ditimpa oleh insomnia, tentu persoalan ini akan tambah menyulitkan untuk tidur tepat waktu. Di mana saat insomnia menyerang bisa membuat mata terus terbelalak sepanjang malam, sehingga cukup membahayakan kesehatan tubuh jika terus berulang-ulang tanpa adanya langkah penanggulangan. Apakah tidak ada jalan alternatif pilihan untuk mengatasinya….?

Minum suplemen tidur, olahraga teratur, dan mengurangi asupan kafein untuk mengatasi insomnia sudah menjadi perkara lazim dilakukan bukan…?. Namun di sini ada titik tekan tubuh tertentu yang ternyata mampu mengatasi insomnia tersebut. Bahkan kecemasan yang sering mengganggu kehidupan kita dapat diredakan dengan begitu cepat.

Sebab itulah perlunya menengok lagi pada teknik kuno, yaitu Akupuntur yang hingga saat ini kerap dijadikan jalan alternatif dalam langkah pengobatan efektif ketika tubuh diterpa berbagai penyakit. Kemudian diikuti dengan teknik Akupresur dengan tujuan menentukan poin-poin penting di tubuh, sehingga berguna mengembalikan kesehatan mental secara menyeluruh.

Keduanya ( Akupuntur dan Akupresur ), memang terbukti melahirkan dua titik tekan pada organ tubuh yang berperan mengobati kecemasan dan insomnia secara lebih mudah, simpel dan aman diterapkan. Tentunya manfaatnya sangat besar sekali, karena dengan menekan kedua titik tersebut, secara tidak langsung akan membuat kita bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Pada akhirnya tubuh tak mudah dipengaruhi oleh perasaan cemas, apalagi insomnia yang merupakan gangguan tidur secara umum.

Lantas, Di manakah kedua titik tekan pada tubuh itu…..?

1. Shenmen ( HT 7 )
image: modernreflexology.com
Titik tekan pada tubuh ini juga bisa disebut Spirit Gate, yakni merupakan titik penting tubuh berada di ujung Tulang Hasta  pada pergelangan tangan / sisi Ulnar lipat pergelangan tangan. Shenmen sendiri sebenarnya merupakan titik poin Akupuntur yang berfungsi menanggulangi masalah penyakit mental, seperti kecemasan dan insomnia. 

Tak berhenti di situ saja, karena Shenmen juga berkaitan erat untuk mengindikasi gangguan tubuh tertentu seperti : Amnesia, sakit jantung, nyeri pada bagian dada, mudah sekali marah, serta Epilepsi. Namun di sini hanya dicukupkan untuk permasalahan kecemasan dan insomnia, sebagai langkah penanggulangan gangguan tidur yang cukup mengganggu produktivitas tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan keterangan para ahli, menunjukkan bahwa dengan menekan titik ini maka mampu menstimulasi tubuh untuk mendapat pasokan energi sepanjang meridian.  Sehingga dari situ dapat memungkinkan kinerja organ internal tubuh  dapat ditingkatkan secara maksimal ketika terbangun dari tidur.
image: hk.apple.nextmedia.com
Cara Menerapkannya : Cobalah menggunakan ibu jari tangan untuk menekan lembut ke bagian Shenmen / HT 7 ( seperti gambar di atas ) selama satu menit sebelum beranjak tidur. Hal demikian bertujuan agar tubuh secara perlahan bisa mengurangi gangguan tidur insomnia maupun tingkat kecemasan, sehingga kualitas tidur bisa lebih baik. Lakukan secara berkala, terlebih di saat Anda merasa kesulitan untuk tidur lebih cepat.

2. Neiguan ( Perikardium 6 )
image: allbeautynhealth.com
Neiguan atau kerap disingkat dengan P6 sering menjadi titik tekan teknik Akupresur yang biasa diterapkan dalam meredakan sakit kepala, mual,  Carpal Tunnel Syndrome, dan sakit perut. Berdasarkan penjelasan The Journal of Neuroscience Otonom, menunjukkan bahwa kombinasi titik tekan P6 dan Zu San Li ( ST36 ) memiliki efek sinergis pada masalah Motilitas Gastrointestinal.  

Lantas, apakah menekan titik ini mampu menjadikan tubuh bisa tidur lebih cepat dan nyaman….?. Kecemasan maupun insomnia ketika menimpa tubuh, pastinya akan membuat Anda kesulitan tidur di malam hari bukan…?. Nah, kedua gangguan itu mampu diredakan dengan menekan titik P6 / PC6.

Dalam Akupuntur sendiri fungsi P6  juga berkaitan untuk memulihkan ketenangan  dan menjaga kesehatan mental seseorang. Sehingga para ahli Akupuntur kerap menerapkan tekanan pada titik ini sebagai penanggulangan insomnia agar memiliki pola tidur lebih baik, mengatasi perasaan gelisah atau mudah tersinggung. 

Titik P6 terletak pada lengan  bagian dalam , lebih tepatnya terletak 3 jari di bawah pergelangan tangan ( lihat pada gambar )
image: exploreim.ucla.edu
Cara Penerapan : Berikan tekanan lembut pada titik tersebut dengan menggunakan ibu jari tangan atau beberapa jari tangan lainnya selama satu menit.  Lakukan hal itu secara berkala di malam hari, maka akan membantu mengatur pola tidur yang lebih baik.
Artikel Terkait