Cara Ampuh Menghilangkan Noda Karat Pada Baju

image by : asianetindia.com
Noda karat menempel di baju biasanya menjadi jenis bercak noda yang cukup sulit dihilangkan. Bukannya baju itu tidak terawat dengan baik, tetapi baju terkena hasil oksidasi besi berkarat pada kawat jemuran maupun tiang besi untuk menjemur baju. Perubahan iklim yang silih berganti bisa jadi penyebab kawat jemuran itu mulai tak layak digunakan dalam mengeringkan baju, celana, kaos dan sejenisnya.

Jika kawat berkarat terus dipaksakan menjemur baju, akibatnya karat besi bisa saja terkontaminasi  ke baju serta memberikan bercak noda. Dampaknya bisa semakin parah ketika noda karat di baju dibiarkan dalam jangka waktu lama. Sebab noda itu mampu merasuk ke bagian lebih dalam pada komponen kain baju tersebut. Lantas, ketika baju sudah terlanjur memiliki noda berkarat semacam ini, apakah masih bisa dibersihkan….?

Menghilangkan noda baju bisa diterapkan dengan berbagai cara sesuai selera, baik memakai cara alami atau mencoba produk pembersih noda baju yang banyak beredar di pasaran. Kalau kondisi baju terkena noda karat belum mencapai tahapan lebih parah, mungkin mudah sekali dihilangkan. Tetapi jika baju sudah terhimpit noda karat membandel, maka perlu penanganan ekstra untuk menghilangkannya.

Tapi anda juga tak perlu risau akan permasalahan tersebut, aneka bahan alami bisa anda siapkan untuk menghilangkan tingkat kesulitan saat membersihkannya. Mungkin keberadaan noda karat pada baju putih lebih tampak dipandang mata bila dibandingkan baju dengan warna lainnya.

Inilah cara menghilangkan noda karat di baju dengan menggunakan  bahan-bahan alami :

1. Memadukan Lemon & Garam
Guna menghilangkan noda karat pada baju sebaiknya dibutuhkan bahan-bahan dengan kandungan asam cukup tinggi. Tak harus menggunakan produk kemasan, perpaduan lemon dan garam mampu menyingkirkan noda berkarat secara efektif. Sedangkan lemon sendiri memiliki fungsi penting dalam memutihkan baju putih yang berubah menguning. Karena segi positif lemon dapat bekerja dengan baik saat kotoran baju mulai memengaruhi warna baju tersebut.

Cara menerapkannya sebagai berikut :

a. Air lemon secukupnya
b. Garam satu sendok teh
c. Tambahkan sedikit air
d. Campurkan keduanya ke dalam wadah
e. Oleskan ke bagian baju yang terkena noda berkarat
f.  Diamkan sampai kering / dikeringkan di bawah terik matahari
g. Kemudian bilas baju ( mencucinya seperti sediakala )

2. Jeruk Nipis
Jika merasa kesulitan mendapatkan lemon, maka jeruk nipis pun bisa jadi penggantinya. Tak jauh beda dengan lemon, kandungan asam jeruk nipis juga cukup mempan dalam menghilangkan noda pada baju. Terlebih noda karat baju akibat tiang besi / kawat jemuran berkarat saat mengeringkan pakaian. 

Caranya : Belah dan gosokkan jeruk nipis ke bagian baju yang terkena noda karat. Lalu tunggulah sampai kering, barulah mencucinya sampai bersih. Namun ketika anda berkeinginan mencapai hasil maksimal, maka gunakan perasan air jeruk nipis untuk dipadukan dengan garam.


Langkah-langkahnya :

a. Sediakan perasan air jeruk nipis
b. Satu sendok teh garam dapur
c. Campurkan keduanya sampai merata, bila perlu tambahkan sedikit air
d. Oleskan ke baju yang bernoda membandel, lalu keringkan baju
e. Terakhir cucilah baju tadi seperti biasa

3. Gunakan Cuka & Garam
Peranan cuka sebagai pemutih baju memang sudah tak diragukan lagi. Kegunaannya pun juga bisa menghilangkan noda karat baju, baik pada tingkat noda ringan maupun noda karat membandel. Tapi alangkah baiknya anda memadukannya dengan garam dapur agar proses pembersihan noda karat dapat disingkirkan lebih cepat. 

Cara Menggunakannya  :

a. Cuka Putih
b. Garam Dapur
c. Sedikit Air
d. Campurkan semua bahan ke dalam wadah
e. Balurkan ke kain / baju bernoda sampai merata
f.  Mengeringkannya di bawah terik matahari
g. Setelah kering cucilah hingga bersih

Tambahan : Sebaiknya pakaian bernoda tersebut dicuci secara manual ( tanpa menggunakan mesin cuci) jika dirasa noda karat tak kunjung menghilang. Lagi pula teknik mencuci manual ini akan membuat Anda lebih leluasa, di mana bagian-bagian baju yang memiliki noda karat akan tampak jelas. Sehingga lebih memudahkan Anda untuk membersihkannya secara menyeluruh.
Artikel Terkait