6 Bahan Alami yang Efektif Menghilangkan Varises

image: davinci-clinic.com
Varises merupakan pembengkakan terhadap pembuluh darah Vena, yang pastinya cukup mengkhawatirkan bagi setiap orang saat mengalaminya. Tanpa sadar kondisi kaki atau betis tampak urat-urat menonjol, sehingga banyak kalangan yang merasa resah ketika berpenampilan. Kemunculannya bisa jadi disebabkan oleh katup pembuluh darah vena bermasalah, atau mungkin saja keadaan vena sudah tak lagi memiliki tingkat elastisitas yang normal. Keduanya mampu menghambat kinerja vena dalam pengembalian darah ke jantung. Akhirnya aliran darah di pembuluh vena terhambat dan mengendap membentuk garis-garis urat menonjol, baik di bagian tangan, kaki, betis, bahkan pada bagian bibir daerah kewanitaan bagi ibu hamil. 

Banyak orang memandang varises ini hanya sebatas kelainan ringan saja, namun nyatanya varises kerap membuat Ibu hamil susah sekali menjalani proses persalinan secara normal, dikhawatirkan akan terjadi pendarahan yang membahayakan kondisi keselamatan Ibu dan janin. Begitu pula keberadaannya juga mampu menimbulkan penyumbatan aliran darah, sehingga perlu diterapkan cara menghilangkan varises ini sedini mungkin.

Bahan-bahan alami bisa anda gunakan untuk menghilangkan varises jika kurang berkenan menggunakan cara medis atau treatment lainnya. Jika anda ingin menanggulangi varises secara tradisional tanpa operasi / suntik, maka terlebih dahulu cobalah  beberapa bahan alami berikut.

Apa sajakah jenis bahan alami itu….?

1. Cuka Sari Apel
Menerapkan cuka sari apel sebagai penghilang varises yang menimpa tubuh juga bisa anda coba. Bagaimana tidak, timbulnya deposit kalsium pembuluh darah memang menjadi penyebab arteri mengeras, sehingga lambat laun hal demikian memicu pengapuran pembuluh darah. Risiko semacam ini mampu menghambat proses aliran darah di arteri tubuh.

Kemampuan cuka sari apel bisa berguna menghilangkan deposit kalsium itu ketika masuk pada dinding pembuluh darah. Jadi, saat tubuh terkena varises anda bisa menggunakan bahan alami ini. 

a. Sediakan cuka sari apel secukupnya
b. Gosokkan ke bagian tubuh yang terkena varises
c. Padukan dengan gerakan melingkar dan perlahan
d. Lakukan secara rutin dan teratur. Dalam waktu dua Minggu kemudian, efeknya bisa anda rasakan.

2. Cabe Rawit
Kandungan Capsaicin dalam cabe tidak hanya berperan dalam pembentuk warna tekstur cabe itu sendiri. Tak lain bisa menjadi bahan aktif yang melancarkan sirkulasi darah dengan cepat, pereda nyeri, terlebih menghilangkan varises di kaki dan betis.

Caranya : Konsumsilah cabai ini untuk menyelingi kebutuhan asupan tubuh sehari-hari. Boleh mencampurkannya ke dalam makanan atau menu olahan lainnya. Jika anda berkenan untuk mendapatkan hasil maksimal, maka cara mengolahnya :

a. Sediakan beberapa butir cabe rawit
b. Lidah buaya
c. Olah kedua bahan menjadi jus
d. Oleskan ke bagian varises
e. Terapkan satu kali sehari. Metode ini akan memberikan efek positif setelah penerapan 1-2 bulan.

3. Daun Peterseli
Kandungan vitamin C dalam peterseli memiliki peranan menghilangkan  varises secara bertahap dan alami. Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa mengonsumsi peterseli bisa meningkatkan perbaikan sel dalam tubuh. Kemudian memperkuat kapiler sebagai struktur penting yang berguna mengangkut darah ke pembuluh darah. Oleh karena itulah gejala-gejala varises dapat ditanggulangi secara alami. Caranya :

a. Siapkan satu genggam Peterseli
b. Rebuslah dengan secangkir air selama 5 menit
c. Diamkan sejenak dan tambahkan beberapa tetes air mawar
d. Oleskan ke bagian tubuh yang terdapat varises dengan kapas
e. Lakukan setiap hari dalam beberapa bulan untuk mencapai hasil sempurna

4. Kombinasi Minyak Zaitun & Vitamin E
Minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Ketika varises  menyerang tubuh, anda bisa memadukan minyak esensial ini dengan minyak vitamin E dalam satu wadah kecil. Kemudian buatlah ramuan tadi untuk memijat lembut bagian-bagian tangan, kaki dan betis yang terkena varises. Terapkanlah metode tersebut dua kali seminggu.

5. Daun Anggur Merah

image: granadanativegarden.org
Jenis dedaunan dari pohon anggur merah ini tak kalah manfaatnya dengan berbagai bahan alami lainnya. Berdasarkan hasil uji klinis di Amerika menunjukkan, bahwa ekstrak daun anggur merah memiliki kemampuan memperbaiki pembuluh darah di kaki, menghentikan pembentukan varises, mencegah Insufisiensi vena kronis, mengurangi rasa gatal / terbakar serta kondisi yang menyakitkan di kaki. Daun tersebut juga membantu  meningkatkan kinerja pembuluh darah kecil di seluruh tubuh. 

Untuk cara mengolah daun anggur merah sebagai berikut :

a. Sediakan daun anggur merah 2 genggam
b. Rebuslah dengan menggunakan segelas air
c. Tunggu sampai air tersisa sedikit kira-kira seperempatnya
d. Diamkan sampai ramuan menjadi dingin
e. Oleskan ramuan ke bagian kaki, betis, atau tangan yang terdapat varises
f.  Selingi dengan pijatan lembut
g. Terapkan secara rutin dan teratur sampai varises benar-benar hilang secara maksimal. Anda juga bisa membuat daun anggur merah ini menjadi minuman segar lagi menyehatkan.


6. Bawang Putih
Obesitas tentu kerap menjadi sebab umum varises diderita sebagian besar orang. Bawang putih cukup menjadi bahan efektif untuk mengatur sel-sel lemak yang seharusnya dibutuhkan tubuh. serentak bawang putih memberikan efek positif guna melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Sehingga kelancaran pembuluh darah vena tak lagi mengalami hambatan serta menghindarkan terjadinya pembengkakan.

Menghilangkan varises dengan bawang putih merupakan langkah mudah untuk diterapkan. Cara mengolahnya :

a.    Sediakan beberapa siung bawang putih
b.    Cincang menjadi ukuran kecil-kecil
c.    Haluskan sampai menjadi krim bawang putih
d.    Oleskan 4 kali seminggu ke bagian varises itu muncul

Selain menerapkan semua cara di atas, anda juga perlu menghindari beberapa perkara yang menyebabkan varises ini muncul kembali. Sehingga dalam menerapkan langkah penanggulangannya bisa terselesaikan secara maksimal, serta mampu melakukan langkah pencegahan sejak dini.  - 5 Penyebab Utama Munculnya Varises   


Artikel Terkait