Nutrisi Penting Ini Hilang, Karena Kesalahan Mengupas Jahe

image: wonderhowto.com
Sudah tak diragukan lagi bahwa manfaat dan khasiat Jahe ( Zingiber officinale ) telah banyak digunakan di berbagai wilayah dunia. Yang mana rempah-rempah tersebut telah terbukti membantu mencegah maupun mengobati ragam penyakit yang menyerang tubuh. Hal tersebut karena Jahe kaya akan berbagai Nutrisi alami yang terkandung di dalamnya, yakni Zat besi, Kalsium, Forfor, Vitamin ( A, B1, C ), kandungan Protein yang tinggi dan nutrisi lainnya.

Namun kenyataannya banyak yang kurang mengetahui tentang bagaimana cara memanfaatkan Jahe, agar Nutrisi penting di dalamnya tak hilang begitu saja. Pada umumnya seseorang mengupas Jahe menggunakan pisau, tetapi hal ini merupakan cara yang kurang tepat. 

Dikarenakan jika mengupas jahe menggunakan pisau, maka lapisan tipis yang berada di bawah kulit jahe akan ikut terkelupas dan terbuang sia-sia. Padahal lapisan tipis tersebut mengandung nutrisi Protein yang cukup tinggi. Mengupas Jahe dengan pisau juga membutuhkan waktu yang cukup lama dan kurang praktis. 

Lantas, Bagaimana tips mengupas Jahe yang tepat agar kandungan Protein di dalamnya tak hilang...?

Ada cara sangat praktis dan cepat dalam mengupas Jahe, yakni hanya menggunakan sendok. Anda cukup mengerik bagian kulit Jahe menggunakan sendok, Caranya peganglah Jahe dengan posisi miring dan keriklah pakai sendok dengan gerakan dari atas ke bawah. 

Untuk lebih jelasnya, simak video berikut :

 Video by : GourmetMagazine (Youtube channel)
Setelah kulit Jahe terkelupas semuanya barulah dibilas dengan air sampai bersih, lalu bisa anda manfaatkan sesuai kebutuhan, layaknya dibuat seduhan minuman jahe atau campuran makanan. Dengan cara tersebut akan mencegah terbuangnya kandungan Protein tinggi pada lapisan di bawah kulit Jahe. 

Sementara Protein sendiri secara umum bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh, menyeimbangkan pH, membentuk antibodi, mempercepat reaksi biologis, membantu proses regenerasi sel kulit ( terutama saat terjadi luka ) dan lainnya. Nah, tentunya sangat disayangkan jika Protein tinggi dalam Jahe itu hilang karena tidak tepat saat mengupasnya.

Dengan menerapkan tips mengupas Jahe di atas, maka Anda bisa meraih ragam Nutrisi pada Jahe secara maksimal.
Artikel Terkait