5 Jus Buah Ini Encerkan Darah yang Membeku Dalam Tubuh

Pengenceran darah di tubuh memang sangat dibutuhkan ketika kondisinya mengalami pembekuan. Sebab, bagaimana pun peranan darah sendiri amatlah penting guna menjadi pengangkut zat-zat yang diperlukan tubuh untuk disalurkan ke seluruh organ. Setelah melalui berbagai proses penyaringan layaknya asupan nutrisi maupun oksigen dari tubuh, maka mampu diolah dengan baik berkat kelancaran aliran darah.

Sebaliknya, ketika sebagian organ tubuh terkena  pembekuan darah misalnya di bagian kepala, kaki, dan sebagainya, Maka asupan nutrisi tak mampu dialirkan ke tubuh secara sempurna. Bahkan persoalan ini cukup rentan memicu berbagai penyakit, hingga sampai memuncak pada permasalahan lebih parah. Maka dari situlah perlunya menerapkan langkah aman untuk mengencerkan kembali darah membeku tersebut.

Jus buah segar bisa menjadi solusi alami sebagai pengencer darah yang membeku. Oleh karena itu, sangat beruntung sekali jika anda gemar mengonsumsinya setiap hari. Selain mendapat tambahan gizi bagi tubuh, minum jus dari buah-buahan segar bisa berperan aktif dalam mengatasi kondisi sel-sel darah menggumpal, yang mana kerap menyebabkan sistem kerja metabolisme tubuh tidak lancar. 

Lantas apa saja jenis buah yang mampu diolah menjadi minuman segar pengencer darah tersebut…?

1. Jus Anggur Ungu / Merah
Berdasarkan hasil studi pada University of Wisconsin, menunjukkan bahwa kandungan Flavonoid dalam anggur ungu cukup kuat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Ketika dikonsumsi secara tepat, buah tersebut mampu memberikan efek positif sebagai pengencer darah alami. Mengonsumsi anggur ungu  / merah sebanyak 5 sampai 7 buah per hari, merupakan jumlah ideal untuk diterapkan.

Minum jus dari buah anggur memang cukup nikmat rasanya, jadi jangan ragu untuk membuat buah ini sebagai minuman sehat dalam menyeimbangkan kadar kekentalan darah dalam tubuh. Caranya :

a. Sediakan 7 buah Anggur Ungu / Merah
b. Blender sampai halus
c. Tambahkan sedikit air guna mengatur kadar kekentalannya
d. Tuangkan ke dalam gelas, lalu minumlah secara rutin

2. Buah Kiwi
Kiwi cukup berkhasiat dalam menunjang program diet dan membantu menyehatkan jantung. Menurut para peneliti di University of Oslo, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 2 – 3 buah kiwi per hari mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena risiko pembekuan darah dapat dikurangi. 

Artinya membuat jus dari buah ini sangat baik untuk melancarkan aliran darah, karena terjadinya risiko pembekuan darah dapat diminimalkan secara alami. Jika berkenan membuat jus buah kiwi, langkahnya sebagai berikut :

a. 1 buah kiwi
b. Kupas dan potong menjadi kecil-kecil
c. Haluskan / blender
d. Tambahkan air secukupnya
e. Tuangkan ke dalam gelas
f.  Minum jus kiwi 2 kali sehari

3. Buah Nanas
Mungkin anda sering mendengar bahwa nanas memiliki manfaat hebat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Namun tak hanya itu saja, kandungan Bromelain dalam nanas cukup membantu meminimalkan risiko pembekuan darah abnormal, maupun mengurangi pembentukan Plak di arteri. Sehingga mengonsumsi nanas setiap hari juga dianjurkan sebagai makanan pengencer darah dalam tubuh. 


Penerapannya :

a. Sediakan 1 buah nanas
b. Kupaslah, lalu potong-potong daging buahnya
c. Blender sampai halus
d. Tambahkan air sedikit saja
e. Tuangkan ke dalam gelas
f.  Minum rutin setiap hari untuk mencapai hasil maksimal

4. Buah Tomat
Tomat menjadi buah-buahan yang gampang sekali ditemukan. Mungkin buah tomat sering kali tampil di dapur rumah anda. Kandungan enzim Bromelain juga terdapat pada buah segar ini. Mengonsumsi 3 – 5 buah tomat sehari membuat tubuh mendapat tambahan asupan gizi, terlebih masalah pembekuan darah dapat dihindari.

Jika berkenan membuat jus tomat, langkahnya sebagai berikut :

a. Siapkan 3 buah tomat
b. Air secukupnya
c. Iris tomat menjadi beberapa potong
d. Haluskan / blender bersama air, dan tuangkan dalam gelas
e. Minumlah  2 kali sehari

5. Buah Mangga
Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam Thrombosis Research, menunjukkan bahwa Kandungan Vitamin E dalam mangga memiliki peranan baik sebagai Antikoagulan. Di mana kandungan tersebut mampu menghambat trombosit jika jumlahnya terlalu tinggi. Kondisi tingginya trombosit juga mampu membahayakan kesehatan tubuh. 

Jika berminat menjadikan mangga sebagai minuman segar untuk mencegah penggumpalan darah, maka perhatikan cara membuatnya :

a. Satu buah Mangga
b. Kupas kulitnya, lalu memotong menjadi kecil-kecil
c. Blender sampai halus, Tambahkan air untuk mengatur kekentalan
d. Tuangkan dalam gelas
e. Minum sehari sekali

Saat mengonsumsi minuman segar di atas, setidaknya tubuh juga mendapat cukup asupan air putih, melakukan olahraga ringan sebagai langkah peregangan, serta menghindari segala hal yang menjadi penyebab darah dalam tubuh menggumpal. Dengan begitu proses pengenceran darah dapat berjalan lancar dan menuai hasil maksimal.
Artikel Terkait