Bakar Daun Salam di Ruangan, Hasilnya Menakjubkan

image: Youtube (PowerHealthYT)
Mengingat banyaknya manfaat daun salam yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa masakan, membuatnya terus dibudidayakan oleh kalangan masyarakat Nusantara. Daun salam benar-benar menjadikan masakan di rumah cukup bernilai aromanya. Demikian pula kegunaannya juga tak kalah hebat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Memang telah dibuktikan dalam berbagai penelitian ilmiah bahwa daun salam mampu menepis berbagai gangguan tubuh. Jika daun dari tanaman Salam ini dibuat ramuan atau obat tradisional, kemudian dikonsumsi sesuai prosedur maka bisa berfungsi menurunkan Kolesterol, membantu penurunan Asam urat, dan mengobati permasalahan Mata.

Bagaimana jika daun salam dibakar, apakah masih bisa berguna bagi tubuh…?, Perlu diketahui bahwa membakar daun salam ternyata menyimpan rahasia sehat bagi tubuh anda. Berbeda dengan jenis dedaunan lainnya, Daun salam ini mampu menghasilkan aroma terapi , sehingga dapat dijadikan jalan alternatif lain untuk menanggulangi ragam permasalahan tubuh.
 

Manfaat daun salam bisa berbeda ketika dibuat seduhan. Namun ketika membakarnya guna meraih manfaat dari aroma asapnya, Maka ada 3 manfaat menakjubkan yang akan diperoleh sebagai berikut :

1. Mengatasi Kecemasan
Daun salam mengandung senyawa alami yang dikenal dengan sebutan Linalool. Lantas apa kegunaan Linalool bagi tubuh…?. Berdasarkan sebuah studi pada American Association Of Nurse Anesthetist, menunjukkan bahwa Linalool merupakan senyawa alami yang memiliki peranan penting dalam menurunkan kecemasan pada seseorang. 

Sehingga kebutuhan tubuh manusia akan kandungan tersebut amat dibutuhkan, terlebih bagi setiap pasien yang menderita gangguan kecemasan. Di mana jenis gangguan mental satu ini kerap mengakibatkan orang seringkali merasa cukup panik, entah dikarenakan oleh perasaan takut atau khawatir dalam menghadapi suatu persoalan. Bukankah hal demikian cukup mengganggu kesehatan mental dan rutinitas sehari-hari…?. Nah, menghirup aroma daun salam bisa menjadi cara mudah untuk mengatasinya. Dikarenakan Linalool akan berusaha menanggulangi kecemasan setelah 10 menit ketika kandungan tersebut terhirup melalui alat pernapasan tubuh. 

2. Mengurangi Rasa Lelah
Apakah benar, membakar daun salam mampu mengurangi kelelahan yang dialami tubuh…?, Perlu anda tahu bahwa ketika daun salam mengalami proses pembakaran, kombinasi beberapa senyawa alaminya akan memberikan efek ketenangan bagi anda yang merasa capek / lelah dikarenakan oleh kesibukan sehari-hari. Kandungan penting yang mendasari daun salam itu tak lain adalah : Sianol, Elemicin, dan Pinene.

Ketiga kandungan daun salam tersebut dapat dipadukan dengan cara dibakar, kemudian anda bisa menghirup uap yang dihasilkan setelah proses pembakaran daun salam selesai. Selain itu, efek ketenangan bagi tubuh bisa segera dirasakan ketika anda berhasil menerapkannya dengan prosedur yang benar. 

3. Melindungi Sistem Pernapasan Pada Tubuh
Lho, bagaimana mungkin itu bisa terjadi….?, Kandungan daun salam juga diliputi oleh Myrcene dan Eugenol yang berguna sekali dalam merangsang saluran pernapasan agar tetap sehat dan bugar. Bahkan  kandungan tersebut memiliki sifat Anti-inflamasi, yakni berperan penting untuk mengeluarkan dahak atau lendir yang menggumpal di paru-paru. 

Membakar daun salam untuk diambil bau serta uap yang dihasilkan, setelah itu dihirup tubuh, maka tak bisa dipungkiri bahwa kandungan di dalamnya juga mampu terserap guna memberikan efek baik bagi tubuh anda. Selain itu perlindungan sistem pernapasan semacam ini merupakan terapi alami yang mudah diterapkan.
image: pappabuzz.com
Lantas, Bagaimana Prosedur yang Tepat Membakar Daun Salam, Agar Bisa Bermanfaat Bagi Tubuh…?

1. Sediakan beberapa helai daun salam / secukupnya

2. Letakkan daun salam ke dalam asbak atau tempat tahan api lainnya

3. Nyalakan korek api, kemudian membakarnya

4. Usahakan api sudah menyala sampai daun salam mengeluarkan asap

5. Lakukan di dalam ruangan agar semua asap daun salam tak sampai keluar

6. Diamkan selama 10 menit, Lalu hiruplah aroma udara di dalam ruangan tersebut  ( ingat.., Jangan langsung menghirup asap daun salam secara langsung )

7.  Aroma daun salam setelah proses pembakaran akan memberikan efek bagus bagi tubuh.

Perlu diingat, ketika daun salam masih terlalu basah, tentu proses pembakarannya akan terhambat. Boleh-boleh saja anda mengeringkannya sebentar sekiranya daun salam tidak terlalu basah, sehingga memungkinkan lebih mudah membakarnya. Usahakan ruangan tertutup ketika proses pembakaran berlangsung. Jangan lupa untuk memilih bagian ruangan yang aman, Sehingga pembakaran daun salam tak sampai menimbulkan bahaya bagi perabotan rumah Anda. Selamat mencoba…! 

Sumber : PowerHealthYT
Artikel Terkait