Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Begini Trik Mengatasinya

image: merchantcircle.com
Menikmati lezatnya lauk-pauk layaknya ikan, tentu menjadikan selera makan semakin menggugah. Entah itu menikmati ikan masakan balado, ikan goreng, ikan bakar, serta dalam bentuk masakan lainnya. Di samping kelezatan rasanya, ikan juga dipenuhi dengan kandungan nutrisi cukup tinggi terutama pada proteinnya, baik itu ikan air laut maupun tawar. Namun secara tak terduga, terkadang duri ikan juga ikut tertelan dan tersangkut di tenggorokan saat sedang asyik menikmati ikan. Sehingga hal tersebut cukup mengganggu di saat melahap lezatnya masakan, serta membuat Anda merasa panik.

Sebenarnya duri ikan yang nyangkut di tenggorokan ini akan bisa lunak dan hancur dengan sendirinya, karena terdapatnya suatu Enzim khusus di tenggorokan yang berfungsi meluruhkannya. Akan tetapi juga tergantung jenis duri ikan serta seberapa besar ukurannya. Oleh sebab itu segeralah melakukan tindakan jika terdapat duri ikan yang tersangkut, Sehingga tak menimbulkan dampak buruk pada tenggorokan. Karena jika duri ikan tidak segera terlepas dari tenggorokan, Maka tak menutup kemungkinan dapat menyebabkan luka maupun infeksi. 

Lalu bagaimana langkah penanggulangan jika tenggorokan Anda tersangkut duri ikan...? Simak tips berikut ini :

1. Memanfaatkan Air Hangat dan Garam Dapur
Siapkan saja garam dapur satu sendok makan, kemudian campurkan dengan segelas air hangat dan aduk hingga garam larut dalam air. Gunakanlah air garam tersebut untuk berkumur, iringi dengan mendekatkan air garam pada pangkal tenggorokan, atau seperti agak menelannya. Ulangilah dua sampai tiga kali hingga duri yang tersangkut di tenggorokan bisa lepas. 

2. Menelan Pisang
Cara ini cukup sederhana, yakni sediakan pisang jenis apa saja lalu potonglah menjadi beberapa bagian. Telanlah potongan pisang tersebut tanpa mengunyahnya, lakukan beberapa kali sampai duri terlepas dari tenggorokan. Hal yang harus diperhatikan, janganlah mencoba mengeluarkan duri dengan jari tangan Anda, karena bisa saja menimbulkan cidera di daerah kerongkongan.

3. Menarik Ujung Telinga
Jika Anda kesulitan mendapatkan bahan-bahan dalam mengatasi duri yang nyangkut di tenggorokan, maka langkah berikut ini bisa menjadi alternatifnya. Caranya : Cobalah tarik beberapa saat pada kedua ujung telinga Anda, iringilah dengan meminum atau menelan makanan apa saja, asalkan teksturnya lembut. Tips ini juga akan membantu agar duri yang menancap di tenggorokan bisa terlepas dengan mudah.

4. Gunakan Nasi
Sediakan nasi secukupnya, bentuklah nasi menjadi gumpalan bulat dengan ukuran yang sekiranya Anda dapat menelan nasi tersebut. Selanjutnya telanlah gumpalan nasi secara perlahan, maka duri akan tersangkut nasi sehingga bisa lepas dari tenggorokan. Setelah berhasil terlepas durinya, minumlah beberapa teguk air putih agar tenggorokan lebih lega.

Jika Anda sudah menerapkan beberapa teknik di atas, namun duri tetap sulit untuk terlepas, maka alangkah baiknya segera mengunjungi dokter spesialis THT. Sehingga bisa mendapatkan penanganan yang intensif, serta tidak menimbulkan kekhawatiran atau dampak buruk pada tenggorokan.
Artikel Terkait