Ternyata, Daun Jambu Biji Tumbuhkan Rambut Dengan Cepat

image from : wellordie.com
Daun jambu biji sebenarnya memberikan manfaat berlimpah untuk rambut. Menariknya, komposisi dari dedaunan hijau ini mengandung cukup banyak senyawa alami, hingga terkadang sering diabaikan manfaat yang terkandung di dalamnya. Terlepas dari daunnya, mungkin mengambil buahnya sebagai jus penyehat badan sudah sering diterapkan. Tapi kenapa sepucuk daunnya itu banyak orang yang kurang memanfaatkannya..?

Padahal keberadaan daun jambu biji tak hanya terbukti dalam ranah ilmiah sebagai obat. Mungkin saat mencoba mengunyah daun herbal ini, Rasanya agak sedikit pahit bukan..?. Tapi dibalik kepahitannya itu menyimpan manfaat untuk menunjang kesehatan rambut. Salah satunya sebagai penumbuh rambut alami. Menumbuhkan rambut seusai mengalami kerontokan, terkadang bukan menjadi hal yang mudah.

Menumbuhkan rambut rontok pun terdapat berbagai macam pilihan. Baik dengan menggunakan obat penumbuh rambut, atau berminat memetik daun jambu biji kemudian diolah menjadi ramuan penumbuh rambut.

Rambut yang mudah sekali rontok, penyebab umumnya biasa dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan rambut, pola makan salah, seringnya rambut terpapar sinar matahari, kesalahan penggunaan ikat rambut, teroksidasi bahan kimia tertentu, serta keadaan tubuh terkena penyakit. Namun Vitamin B kompleks pada daun jambu biji menawarkan nutrisi penting, guna memulihkan kembali kesehatan rambut dari persolan tersebut.

Vitamin B kompleks  yang ditawarkan daun dari jambu biji sebagai penumbuh rambut yaitu Niasin, Tiamin, Riboflavin, Asam Folat, Asam Pantotenat serta Piridoksin. Berdasarkan penjelasan pada Progressive Health, menunjukkan bahwa Vitamin tersebut memberikan dampak cukup signifikan untuk menanggulangi permasalahan rambut rontok.  Di mana semua jenis makanan yang diperkaya Vitamin B, mampu mengurangi kerusakan rambut dengan cara meningkatkan pertumbuhannya.

Vitamin B merupakan jenis senyawa larut yang dibutuhkan tubuh. Lalu bagaimana jika kekurangan Vitamin B dalam tubuh….?, Bukan hanya permasalahan rambut rontok saja yang muncul. Misalnya saat tubuh kekurangan Vitamin B2 ( Riboflavin ), dampaknya mengakibatkan kulit mudah kering dan peradangan selaput mukosa. Sementara kurangnya asupan Vitamin B1 dalam tubuh menyebabkan penyakit beri-beri, kemudian minimnya asupan Vitamin B3 mengakibatkan penyakit Pellagra, Dermatitis, kebingungan mental dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara membuat resep ramuan daun jambu biji untuk menumbuhkan rambut…? Berikut Tipsnya :
image: thescienceofeating.com
1. Sediakan satu genggam daun jambu biji

2. Satu liter air

3. Rebuslah daun tersebut selama 20 menit, selanjutnya diamkan sampai dingin

4. Menyaring air rebusan, kemudian ambil daunnya

5. Gunakan daun jambu biji untuk memijat rambut kepala

6. Usahakan ramuan tadi sudah terbalur secara merata

7. Diamkan selama 2 jam, barulah membilasnya dengan air. Terapkan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Sebaiknya sisa air rebusan daun jambu biji jangan dibuang, karena juga bermanfaat bagi tubuh. Berdasarkan hasil penelitian dalam Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research menjelaskan, bahwa hasil ekstrak dari daun jambu biji terbukti efektif melunturkan lemak di tubuh, melawan kolesterol jahat ( LDL ) serta meningkatkan jumlah kolesterol baik.

Jadi, peranan daun jambu biji tidak berhenti untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Tetapi juga menjadi ramuan alami pendukung program diet sehat serta menurunkan kolesterol jahat.  Dengan begitu kondisi tubuh mampu terhindar dari penyakit berbahaya.
Artikel Terkait