Ngeri.. Siput ini Berjalan di Atas Silet Tajam, Apa yang Terjadi ?

image: Steve Downer/Youtube
Siput terkenal sebagai hewan super lelet. Ke mana pun ia berjalan pasti membawa lendir-lendir yang menyertainya. Di Nusantara sendiri siput sering dikenal dengan istilah “ Keong ” karena merupakan nama lazim dari anggota hewan sekelas Moluska Gastropoda. Untuk spesies siput darat disebut sebagai Helix Pomatia, sedangkan siput laut memiliki nama Littorina sp dan sebagainya. 

Biasanya siput darat berjalan lambat menelusuri batang-batang pohon, tempat-tempat berair dan cuaca segar. Oleh karenanya saat musim hujan tiba, hewan ini mampu menampakkan dirinya dengan jumlah banyak. Sebaliknya siput sukar sekali ditemui di tanah kering dan panas. 

Tapi jangan diremehkan tingkah laku hewan berlendir ini. Meskipun siput berjalan lambat, ternyata mereka memiliki gerak-gerik di luar dugaan jika dibandingkan dengan jenis hewan lain. Melalui akun YouTube Steve Downer, “ Wonder of Slime - Slugs & Snails on a Razor's Edge ”  Memperlihatkan siput sedang berjalan di atas silet cukur tajam, gergaji dan pisau. Lalu bagaimanakah reaksi siput itu sendiri….?, Apakah siput itu mampu melewati benda-benda tajam itu, atau malah sebaliknya….?

Dilihat dari struktur bentuk tubuhnya, siput  diketahui berjalan menggunakan otot tunggal sebagai pengganti kaki. Dengan otot tunggal itulah mereka mencoba menaiki benda-benda tajam itu. Pada umumnya otot tunggal sebenarnya sangatlah rentan untuk terluka, apalagi ketika terkena benda tajam.

Nyatanya siput dengan gampangnya mampu melewati benda-benda tajam tersebut. Setelah siput diuji coba berjalan di atas tajamnya gergaji, siput malah terlihat santai melewatinya. Saat berjalan di atas pisau, malah mereka  mampu melewati setiap ujung pisau tersebut. Bahkan ketika berjalan di atas silet cukur tajam, siput tidak ada kendala dalam meneruskan misinya tanpa goresan luka sedikit pun.

Jika masih penasaran, Lihat video di bawah ini :


Lantas mengapa bisa demikian….?

Ternyata alasan siput jadi kebal dari benda tajam, bukan karena kekuatan otot tunggal yang dimilikinya. Namun keberadaan lendir-lendir siput, ternyata sangat berguna demi kelangsungan hidupnya. Lendir lengket itu selalu melindungi siput saat mereka berjalan menghadapi benda tajam seperti pisau, silet cukur dan gergaji tajam. Oleh karenanya mereka tidak sampai terluka maupun tergores.

Kegunaan lendir lengket pada siput tidak berhenti di situ saja, dimana lendir siput sangat membantu mereka saat menanjak ke atas ranting, pohon, dan tembok meski dengan gerakan lambat. Nyatanya mereka bisa sampai dengan selamat serta tidak sampai terjatuh / terpeleset.

Jadi, jika kita ingin mengetahui sesuatu dibalik leletnya siput saat berjalan, Ternyata banyak kelebihan yang dimiliki hewan berlendir ini. Karena mereka juga diberi kemampuan mengagumkan bila dibandingkan dengan jenis hewan lain di sekitar kita. Bayangkan saja,  kalau adegan mengerikan itu dilakukan oleh hewan selain siput, bisa jadi hewan itu akan terkena goresan, bahkan terluka akibat benda tajam bukan..?
Artikel Terkait