Rendam Kaki Dengan Air Dingin Selama 15 Detik, Khasiatnya Luar Biasa

gambar: healthylifevision.com
Air dingin pastinya cenderung dihindari oleh sebagian orang, terlebih ketika menghadapi musim dingin atau hujan tiba. Sebaliknya air dingin sangat digemari jika datang musim panas, karena itu dapat menyegarkan tenggorokan. Namun kegunaannya bukan sebatas sebagai minuman pelega dahaga saja. Cobalah menggunakan air dingin / es untuk diterapkan pada kaki anda. 

Merendam kaki dengan air dingin, ternyata dapat menstimulasi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karenanya saat cuaca tak menentu, dimana tubuh kerap kali dihadapkan oleh daya tahan tubuh mulai melemah.  Maka gunakanlah air dingin / air es ini sebagai cara untuk mengatasinya.

Mengapa demikian….?, Dilansir pada laman Healthylifevision, telah dikabarkan ada seorang Profesor berasal dari Rusia, bernama Sergei Bubnovskiy, menjelaskan bahwa merendamkan kaki ke dalam air dingin selama 10 sampai 15 detik, akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Lantas, Apa manfaat yang didapatkan dari merendam kaki  dengan air es / dingin tersebut..?

1. Meningkatkan Daya Imunitas Tubuh
Air dingin merupakan bahan sederhana untuk mengembalikan daya tahan tubuh menurun. Hal demikian memang sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Prof. Sergei ketika menggunakan bantuan air es guna meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh. Jadi,  keberadaan cuaca kurang menentu tak harus mengabaikan air es bukan…?, Karena bisa jadi itu sangat bermanfaat, asalkan bisa menggunakannya secara tepat.

2. Meningkatkan Kinerja Daya Ingat dan Efek Ketenangan
Ini merupakan cara untuk merelaksasi tubuh secara sederhana. Selain itu, merendam kaki dengan air dingin juga membantu meningkatkan kinerja memori. Hasil studi di University of Virginia, menunjukkan kegunaan air dingin akan menunjang terbentuknya Norepinefrin di tubuh. Norepinefrin sendiri berfungsi memaksimalkan kinerja memori pada saraf pusat, serta menjaga tubuh agar selalu waspada. 

Jadi,  terapi kaki dengan air dingin dapat membuat kondisi tubuh lebih terasa tenang, nyaman, dan pikiran menjadi lebih rileks.

3. Mencegah Pilek & Flu
Terapi Air dingin Tidak hanya sebagai peningkat daya imun tubuh. Bahkan dengan satu baskom air dingin diletakkan di kaki dapat membantu tubuh memerangi penyakit flu dan pilek. Karena terapi semacam ini akan merangsang semua organ tubuh bekerja lebih baik. Berdasarkan penelitian di Jerman juga mengungkapkan, bahwasanya menyiram tubuh dengan air dingin selama 2 detik, berkemungkinan besar membuat tubuh terhindar dari pilek. Sementara pilek memang kerap menimpa semua orang dan tak mengenal usia.

4. Penanggulangan Depresi
Stres tinggi bisa menjadi penyebab awal berbagai penyakit bermunculan. Air dingin mampu menstimulasi tubuh dari tingginya tingkat stres sebagai pemicu utama depresi. Dengan mencoba merendam kaki ke dalam air es, maka depresi secara perlahan dapat dikurangi.

Berikut cara yang direkomendasikan ketika merendam kaki dengan air dingin / es :

1. Tuangkan air es ke dalam baskom
2. Gunakan untuk merendam kaki selama 10 sampai 15 detik saja
3. Terapkan setiap 4 jam sekali dan rasakan khasiatnya

Perlu diketahui, manfaat air dingin sebenarnya tidak sebatas itu saja. Jika anda mau menerapkan air dingin di rambut kepala, akan berguna menyehatkan rambut.  Kemudian nyeri otot pun bisa diredakan dengan meletakkan air dingin ke bagian otot yang terasa sakit.
Artikel Terkait