Bikin Jeans Awet dan Tahan Lama, Terapkan Cara Ini

(Gambar : Pinterest)
Baju maupun celana Jeans mungkin bukan hal baru lagi. Sejak awal dibuat pada era 1650 an, Jeans telah menjadi opsi busana tren dan style nya pun tidak gampang tertelan oleh kemajuan mode. Alasan Jeans masih eksis hingga saat ini, karena mungkin serba multi fungsi, awet, serta mudah dipadukan dengan kostum lain. 

Namun, tanpa disadari bisa saja kondisi Jeans tiba – tiba cepat usang, atau mudah sekali melar karena adanya faktor tertentu. Entah itu karena kurang menjaga kebersihan Jeans hingga berdampak pada penumpukan bakteri / kuman, salah dalam merawatnya, menaruh Jeans sembarangan dan sebagainya.

Tapi sebenarnya Jeans atau pakaian berbahan Denims bisa menjadi lebih awet dan tahan lama kalau dirawat dengan cara yang benar. Bagi kebanyakan orang mungkin menemukan kesulitan jika mendapati Jeans mereka mengalami pemudaran warna. Padahal seharusnya demikian itu bisa dihindari dengan menerapkan berbagai macam cara.  Sehingga kondisinya bisa terlihat selalu baru dalam kurun waktu lebih lama.

Berikut cara mudah mengenai perawatan baju maupun celana Jeans agar tahan lama, tampak seperti baru serta nyaman digunakan :

1. Perhatikan Cara Mencucinya
Jika dirasa Jeans  sudah waktunya dicuci atau dibersihkan, maka teknik mencuci manual atau tanpa mesin merupakan cara terbaik untuk membersihkannya.

Agar Jeans dapat dipastikan sudah tercuci bersih, bisa saja mencucinya dengan menggunakan bak / ember berisi air. Lalu masukan 2-3 sendok deterjen kemudian rendam Jeans selama kurang lebih 10 menit. Kucek Jeans menggunakan tangan, kemudian barulah membilasnya dan keringkan. Kini Jeans mampu bertahan lebih lama.

2. Masukkan Jeans ke Dalam Tempat Sejuk / Dingin
Gambar: beautytips4her
Untuk menghilangkan bakteri, kuman dan bau tak sedap, simpan Jeans di tempat sejuk / dingin. Selain menjaga tampilan, tentu saja kenyamanan dalam menggunakan Jeans juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, hindarilah Jeans kesayangan anda dari bakteri maupun bau tak sedap, karena itu semua mampu membuat Jeans cepat rusak / usang. Begini caranya : 

- Lipat Jeans, lalu masukkan ke dalam kantong plastik 
- Tutup rapat kantong plastik 
- Kemudian  tempatkan Jeans dalam lemari pendingin 
- Diamkan selama beberapa saat
- Lihat hasilnya

Teknik ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau atau aroma tidak sedap dari Jeans, tanpa harus mencuci. Karena bila terlalu sering dicuci juga bisa membuat tampilan warnanya menjadi cepat memudar.

3. Hindarkan Jeans Terpapar Langsung dengan Sinar Matahari
Seringnya kontak langsung Jeans dengan paparan sinar matahari, akan menjadikannya tidak mampu bertahan lama, bahkan memicu warna Jeans cepat memudar. Ketika kondisinya masih basah, sebaiknya sebisa mungkin tidak mengeringkannya di bawah sinar matahari secara langsung. Kalau Jeans terpapar secara terus menerus dengan terik matahari, tentu akan memengaruhi tingkat keawetan Jeans itu sendiri bukan…?

4. Perhatikan Label / Tag yang Menyertai
Gambar: vintageworkwear
Agar Jeans bisa tahan lama, sebaiknya anda memahami informasi pada label / tag yang menyertai setiap Jeans tersebut, terlebih saat membelinya. Di mana bahan serta kondisi Jeans dapat terlihat secara gamblang melalui label yang menempel. Seperti contoh ketika tertulis Pre-washed / Pre-distressed, berarti Jeans tersebut sudah pernah dicuci sekali. Jika mendapati kondisi demikian, rendamlah Jeans  tersebut menggunakan air dingin agar tidak semakin menyusut.

Namun kalau label memberikan info Sanforized, ini berarti Jeans telah didesain khusus untuk tidak mudah menyusut. Berbeda jika label Jeans memberikan keterangan Unsanforized / Shrink-to-fit, maka rendamlah Jeans berjenis Unsanforized ke dalam air hangat agar  Jeans bisa menyusut sesuai dengan ukuran yang tertera.

5. Gunakan Jasa Dry Clean 
Menggunakan jasa dry clean mungkin masih asing bagi sebagian orang. Tapi nyatanya teknik dry clean bisa menjadi opsi bagi pecinta Jeans agar tetap  bersih dan nyaman dipakai. Sayangnya perawatan menggunakan jasa dry clean tergolong perawatan eksklusif, sehingga membutuhkan biaya tidak sedikit. Namun cobalah sesekali mungkin menggunakan jasa dry clean ini.

Setidaknya semua teknik di atas dapat dijadikan panduan mudah bagi anda, guna membuat Jeans tahan lebih lama. Jangan menaruhnya di sembarang tempat setelah digunakan. Pastikan semua pakaian tetap tersimpan rapi meski kondisinya masih kotor. Jadi agar Jeans awet serta bisa tahan lama, tidak hanya tepat dalam mencucinya saja, melainkan tempat penyimpanannya harus diperhatikan.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  /  Herry. W
Referensi : Boldsky.com
Artikel Terkait