Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Manfaatkan Celana Jeans Bekas menjadi Barang Antik

Gambar: benetton
Celana berbahan denim, lebih populernya dikenal dengan Jeans, telah mencapai popularitasnya sejak puluhan tahun silam. Terlihat elegan, trendi, dan fleksibel ketika dikenakan dalam sebuah acara, mungkin itu menjadi alasannya. Celana berbahan denim juga sangat bisa dipadukan, sehingga mampu terlihat menarik untuk berbagai momen resmi, atau pun sekadar Hang Out bersama teman. Kenyamanan ketika mengenakannya pun menjadi alasan mengapa begitu banyak orang suka, bahkan jatuh cinta. 

Sayangnya harga mahal yang dibayarkan untuk membelinya, terkadang harus usai saat celana Jeans “dianggap” begitu usang, dan tak layak dipakai lagi. Kalau sudah jadi celana Jeans bekas, lantas ke mana lagi mereka mengakhiri perjalanannya? Pembuangan / sampah, dihadiahkan kepada yang lebih membutuhkan, atau hanya sekadar disimpan di lemari, sampai menunggu masanya dibuang. Karena sudah tidak lagi memiliki manfaat apapun. Mulai sekarang jangan dibuang, karena celana Jeans bekas ternyata masih bisa kembali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, selain hanya menjadi kain pel. 

Penasaran?, silakan temukan tips dan trik manfaatkan celana Jeans bekas sebagai berikut :

1. Tas Kecil

Gambar: michlinla
Tentunya celana Jeans memiliki beberapa kantong / saku bukan..? Mulai dari dua saku di belakang, dua saku depan, ditambah satu saku kecil terdapat di sebelah kanan bagian depan celana. Nah, sekarang manfaatkan itu semua guna membuat tas kecil. Anda bisa menggunakan bagian saku kecil bagian depan / saku belakang celana Jeans bekas tersebut. Ingat, jangan pernah menggunakan celana Jeans yang masih keadaan baik dan layak pakai. Untuk membuat tas dari kain Jeans ini, sediakanlah
 
a. Celana Jeans bekas
b. Gunting
c. Tali untuk menggantung tas ( sesuai selera / kesukaan )
d. Kawat pengait ( bisa didapatkan di toko-toko aksesoris )

Begini cara membuat tas mininya :
a. Pertama potong bagian kantong mana yang disukai
b. Pastikan bagian pinggang celana Jeans tetap ikut terpotong ( lihat gambar ) 
Gambar: michlinla

c. Lalu buat dua buah lobang kecil menggunakan gunting maupun benda tajam lain guna memasukan tali. 

d. Masukkan kedua ujung tali di tiap lubang kecil tadi, lalu ikat tiap ujungnya hingga membentuk simpul agar tali tidak lepas

e. Usahakan bagian lipat pinggang dilipat lebih ke depan, agar berfungsi sebagai tutup tas
Mungkin sejauh ini, kreasi tas kecil dari celana Jeans bekas sudah cukup menarik untuk dibawa pergi sebagai tempat Hp, ataupun benda – benda lain. Namun bagi wanita, Anda bisa menghiasi dengan ornamen  kesukaan Anda. 

2. Gelang Tangan
Gambar: michlinla
Berikutnya kita akan memanfaatkan celana Jeans bekas dijadikan gelang cantik. Membuat gelang dari celana Jeans juga tidak begitu sulit. Bahan yang diperlukan pun tidaklah banyak, dan masih cukup mudah ditemukan, yaitu :

a. Celana Jeans bekas
b. Gesper / pengait sesuai selera
c. Tang
d. Ring besi berukuran kecil
e. Ribbon crimp ( pengait / penjepit pita )
f. Pena pewarna khusus kain

Cara membuatnya :
Gambar: michlinla

a. Potonglah celana Jeans pada bagian jahitan ( sambungan berada di samping celana )
b. Ukuran panjang bagian celana yang dipotong bergantung pada lingkar lengan
c. Lalu kaitkan kedua ujung kain tadi dengan penjepit pita
d. Tambahkan ring, lalu akhiri dengan gesper
e. Lihat hasilnya

Kini Anda telah selesai membuat gelang menawan dari celana Jeans usang. Jika ingin tampilannya lebih menarik lagi, boleh ditambahkan corak menggunakan pena khusus kain, atau menambahkan liontin.

3. Menghiasi wadah Pensil
Gambar: craftsbyamanda

Selanjutnya gunakan celana Jeans untuk menghiasi wadah pensil di rumah. Caranya, sediakan beberapa celana Jeans dengan warna berbeda. Jika tidak, Anda bisa mewarnai sendiri dengan pewarna kain yang  sekiranya mudah didapatkan di toko-toko. Setelah itu siapkan kain bercorak, gunting, lem atau perekat kain lainnya.

Cara membuatnya:

a. Gambarlah bentuk apapun kain denim ( dapat sekadar menulis nama, membuat bentuk hati / love ) pada kain bercorak  

b. Gunting kain, lalu rekatkan pada kain Jeans yang telah diwarnai berbeda. Gunting dengan ukuran lebih besar dari kain bercorak 

c. Jika sudah,  rekatkan keduanya  ( kain bercorak & kain yang diwarnai ) menggunakan lem 

d. Sekarang potong bagian lengan kaki dari celana Jeans seukuran lingkar wadah pensil

e. Lalu balutkan pada lingkar kain tersebut

f. Rekatkan ujungnya dengan lem agar tidak terlepas

g. Tahap akhir, rekatkan tulisan ataupun gambar yang dibuat sebelumnya pada bagian wadah pensil  ketika sudah dibalut dengan kain Jeans tadi

h. Lihat hasilnya

4. Membuat Penanda Buku
Gambar: pinimg
Tidak perlu panjang lebar, memanfaatkan celana Jeans bekas menjadi penanda buku, yakni cukup menggambar pola pada bagian kain Jeans bekas. Gambarlah 2 bentuk apapun yang sama, lalu potonglah, kemudian rekatkan salah satu sisinya dengan lem / menjahitnya dengan benang. Jadikanlah itu sebagai penanda buku bacaan agar lebih mudah ketika ingin membaca buku tersebut. Yakni dengan cara menjapit bagian halaman yang dibaca dengan dua kain Jeans tersebut. Sangat mudah bukan...?

Kini celana Jeans bekas akan jauh lebih bermanfaat, meskipun sudah tak layak lagi untuk digunakan. Selamat mencoba!
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Herry. W
Referensi : michlinla.com, craftsbyamanda.com