Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Cepat Keluarkan Semua Lendir Akibat Hidung Tersumbat

theheartysoul
Hidung tersumbat terjadi karena adanya pembengkakan pada rongga hidung yang mengarah ke penumpukan lendir hidung. Akibatnya penderita yang mengalaminya akan kesulitan untuk bernafas. Hal ini biasanya terkait dengan flu, pilek dan reaksi alergi.

Hidung tersumbat sebaiknya segera diatasi karena jika tidak, kemungkinan penderita akan mengalami masalah gangguan kesehatan lain seperti infeksi, dan gangguan saat tidur.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa bahan-bahan alami yang dapat dipergunakan untuk mengatasi tumpukan lendir karena hidung tersumbat :

1. Bawang
Bawang putih merupakan tanaman obat rumahan yang paling mudah untuk didapatkan, dan bisa berfungsi untuk tuntaskan hidung tersumbat. Kandungan antivirus dan anti jamur yang ada di dalam bawang putih ini, mampu melawan infeksi pernafasan yang mengakibatkan hidung tersumbat.

Caranya : Cukup merebus 2-3 siung bawang putih dengan satu cangkir air atau dapat menambahkannya dengan satu sendok teh air kunyit, lalu diminum saat masih hangat. Atau bila kamu suka, bisa langsung memakan bawang putih yang masih segar / belum diolah.

2. Irigasi Nasal dengan larutan air garam
Irigasi nasal adalah usaha yang dilakukan untuk membasuh hidung bagian dalam. Usaha ini dimungkinkan untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat dan menyebabkan iritasi dari saluran hidung.

Caranya : Campurkan satu sendok teh garam dalam dua cangkir air hangat yang disuling  (yang telah direbus). Atau bisa menggantinya dengan air infus dengan cara disemprot ke hidung dengan menggunakan perangkat irigasi. Jika belum terbiasa, Konsultasikan ke dokter dahulu sebelum anda melakukan ini, karena kesalahan yang terjadi bisa berakibat fatal.

3. Air hangat
Mandi dengan air hangat dipercaya bisa melegakan hidung tersumbat. Karena pada saat mandi dengan air hangat, Uap airnya akan mampu menembus hidung dan mengencerkan lendir yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

4. Minuman Jeruk Lemon Hangat
Salah satu cara untuk melegakan hidung tersumbat adalah dengan meminum teh jeruk lemon hangat. Vitamin C dalam minuman ini dapat meningkatkan imunitas, yang akan melindungi kita dari berbagai penyakit termasuk gejala flu berupa hidung tersumbat.