Atasi Suara Serak Dalam Waktu Singkat! 4 Bahan Ini Solusinya

foto : sodikinbro
Suara serak merupakan kondisi dimana suara terdengar parau yang diakibatkan karena pita suara mengalami iritasi. Suara serak bisa terjadi pada siapa pun dan ada berbagai macam penyebabnya. Antara lain bernyanyi terlalu lama dan kebiasaan berteriak setiap hari.

Selain itu kondisi kesehatan yang buruk seperti sakit flu, radang tenggorokan, infeksi pada saluran pernafasan, batuk kering dan infeksi bakteri pada kelenjar tenggorokan, juga menjadi penyebab lain atas timbulnya suara serak.

Memiliki kondisi suara seperti itu merupakan sebuah hal mengganggu rutinitas. Pasalnya dengan masalah suara serak, kita tidak bisa melakukan sebuah aktivitas yang berhubungan dengan suara dengan rasa percaya diri. Untuk itu, pada artikel kali ini akan membagikan beberapa tips mengatasi suara serak, dengan mengonsumsi bahan-bahan alami seperti berikut :

1. Jahe
Sudah dari jaman dahulu jahe selain dipergunakan untuk pelengkap bumbu masakan, telah dikenal bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh. Demikian karena mengandung senyawa Keton yang memberikan rasa pedas dominan, serta berguna dalam mengatasi suara serak. Cara penerapannya juga sangat mudah :

- Ambil beberapa ruas jahe / secukupnya

- Tumbuk halus jahe hingga hancur

- Rebus jahe dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas

- Setelah itu, angkat ramuan dan biarkan mendingin

- Selanjutnya kamu bisa menyaring ramuan ini saat masih hangat dan diminum setiap hari.

2. Madu
Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam madu, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Antioksidan yang terkandung dalam madu mampu untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada tenggorokan, yang mengakibatkan suara serak. Minumlah satu sendok makan madu setiap hari 3 kali, dan kemudian minum air hangat sampai suara serak berangsur membaik. Setelah membaik, kamu hanya perlu mengonsumsinya sehari sekali untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari madu.

3. Air jeruk nipis
Meminum satu sendok makan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu dan air hangat, ampuh untuk mengatasi suara yang serak. Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada jeruk nipis, mampu untuk meningkatkan imunitas tubuh, bahkan sudah banyak diolah menjadi obat-obatan tradisional.

4. Larutan air garam
Berkumur dengan larutan air garam juga mampu untuk mengatasi terjadinya suara serak yang mengganggu. Cukup campur satu sendok teh garam dapur dan segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur setiap saat di waktu luangmu. (bctrs)

Artikel Lainnya :