Waspada! Jangan Konsumsi 5 Minuman Ini Saat Musim Panas

foto : express
Saat musim panas tiba, anda pasti akan merasa haus, pegal dan merasa bahwa udara sedang dalam keadaan sangat gerah. Pastikan dalam kondisi seperti ini anda memilih mengonsumsi air yang benar. Kebanyakan saat musim panas tiba, seseorang lebih memilih melepas dahaga mereka dengan mengonsumsi minuman yang dianggap menyegarkan. Namun tahukah anda, bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman-minuman seperti berikut saat musim panas, ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh anda. Simak ulasannya :

1. Es Krim
Es Krim merupakan salah satu minuman terpopuler di kalangan masyarakat. Minuman ini biasanya banyak dijual dan laris di pasaran saat musim panas telah tiba. Selain nikmat dan segar untuk dikonsumsi, Es Krim juga bisa melawan suhu panas yang melanda diri kita. Namun dampak buruk yang terjadi jika kamu mengonsumsi Es Krim dalam jumlah yang sangat tinggi, maka bisa menyebabkan Obesitas dalam waktu yang tak lama. 

2. Minuman Alkohol
Terkadang orang menikmati minuman anggur beralkohol yang dicampur dengan kristal es batu untuk diminum saat musim panas. Namun studi mengatakan, kebiasaan seperti ini cenderung membuat kondisi kesehatan semakin menurun drastis, hingga keluhan penyakit akan bermunculan.

3. Soda
Minuman berikutnya yang wajib kamu hindari saat musim panas, yaitu minuman bersoda. Sebagian besar orang lebih memilih mengonsumsi minuman jenis ini karena soda memiliki gula yang sangat tinggi, sehingga sangat nikmat untuk dinikmati pada cuaca panas. Meski begitu, studi dari American Physiological Society mengatakan, kebiasaan mengonsumsi soda saat suhu tubuh tinggi, bisa memicu kerusakan pada organ jantung, penyakit diabetes dan kerusakan gigi.

4. Produk susu olahan
Minuman yang biasa kita konsumsi sebagai minuman ringan ini, ternyata juga termasuk ke dalam jenis minuman yang wajib kita hindari saat musim panas. Mengonsumsi minuman instan yang terbuat dari susu olahan, bisa menyebabkan tubuh kita menjadi obesitas, karena tak dapat diserap tubuh secara optimal. Lebih baiknya tetaplah minum susu, namun yang masih organik / tanpa campuran bahan lain.

5. Jus mangga
Jus mangga ternyata kurang baik jika dikonsumsi sebagai minuman pelepas dahaga saat musim panas. Faktanya, buah mangga yang diolah menjadi jus dan dikonsumsi saat musim panas, bisa menyebabkan suhu tubuh menjadi naik yang kemudian memicu gangguan tubuh seperti diare / sakit perut.
Sumber referensi : boldsky, liputan6

Artikel Lainnya :