Bahaya! Jangan Teguk 6 Minuman Ini Setelah Minum Obat

washington.edu
Mengonsumsi obat medis memang tidak boleh kita lakukan sembarangan. Ada aturan perintah dan larangan khusus jika kita masih dalam pengaruh obat dokter. Hal ini ditujukan pada kita, guna meminimalisir suatu hal yang akan timbul dari efek mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Namun kebanyakan orang menganggap hal ini remeh, sehingga sebagian besar dari mereka lebih memilih mengonsumsi obat-obatan dengan cara yang salah. Nah, Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang tidak boleh kamu konsumsi setelah kamu minum obat medis.

1. Jus buah

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mengonsumsi jus buah itu sangat tidak disarankan bagi orang yang masih dalam pengaruh obat. Berbagai jenis macam buah yang ada, hanya boleh dikonsumsi setelah beberapa jam dari waktu kamu mengonsumsi obat. Hal ini dikhawatirkan karena jus buah bisa mempengaruhi penyerapan sari obat, hingga obat tidak bisa berpengaruh sepenuhnya dalam tubuh.

2. Minuman isotonik

Mengonsumsi minuman yang tinggi kalium juga sangat tidak disarankan bagi kamu yang masih dalam pengaruh obat. Selain dapat menimbulkan efek bahaya, mengonsumsi minuman ini setelah konsumsi obat dapat mengganggu penyerapan senyawa obat dalam tubuh.

3. Minuman bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda juga bisa membahayakan pasien yang masih dalam perawatan obat. Salah satu efek dari mengonsumsi minuman bersoda jika masih dalam pengaruh obat, dapat menyebabkan lambung menjadi iritasi.

4. Susu

Susu sebenarnya memiliki dampak bagus jika kita konsumsi setiap hari. Namun minuman yang tinggi kalsium ini, bisa berakibat fatal jika kamu meneguknya setelah minum obat. Hal yang paling umum terjadi adalah penyerapan obat tidak bisa maksimal.

5. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi hitam sangat tidak disarankan bagi kamu yang masih dalam masa pengawasan dokter. Kafein dalam kopi jika bertemu dengan senyawa obat bisa menyebabkan tremor, halusinasi, hingga memicu jantung untuk bekerja tak stabil.

6. Alkohol

Yang terakhir adalah alkohol, alkohol dapat menimbulkan efek GMO (Gangguan Mental Organik) yang bisa mengakibatkan kamu seperti mabuk parah. Bahaya yang paling umum jika kebiasaan ini berlanjut, yaitu dapat menyebabkan penderita mengalami gangguan saraf. (luv / sht)

Artikel Lainnya :