Mengenal Motherboard dan Fungsi - Fungsinya

 Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang Fungsi Motherboard atau mainboard dan cara kerjanya .Motherboard adalah salah satu hardware/perangkat keras komputer yang paling utama. Kenapa bisa dikatakan hal demikian? Karena motherboard sebagai penghubung antara hardware satu dengan hardware lainya pada sebuah komputer. Seperti halnya hardisk internal/external pada komputer tidak akan berfungsi  tanpa menggunakan motherboard. Contohnya ketika kita mengambil data ,kita harus menggunakan socket atau konektor yang ada pada moterboard dan data tersebut kita bisa lihat di layar monitor atau lcd pada komputer.
 

Motherboard bisa dikatakan inti dari perangkat keras (hardware) komputer karena motherboard terbentuk dari beberapa komponen yang sangat penting bagi kinerja sebuah komputer.seperti halnya bios komputer yang melekat pada motherboard, tanpa adanya bios kita tidak bisa melakukan instalasi pada komputer dengan baik dan benar dan bahkan kita juga tidak bisa mengetahu bahwa semua hardware pada komputer sudah terkoneksi dengan baik atau belum.
 

Banyak orang yang tidak tahu fungsi  motherboard dan meremehkan bila ada kerusakan disalah satu komponennya, dan menurut pemikiran mereka “yang penting komputer masih bisa hidup”. Hal seperti ini bila dibiarkan akan menimbulkan ketidak maksimalan kinerja sebuah motherboard bahkan suatu saat akan terjadi konsleting yang mengakibatkan motherboard akan rusak total / fatal. Jadi agan harus teliti jika ada ketidak fungsian pada salah satu atau beberapa komponen motherboard.
 

Perlu kita ketahui hardware Sebuah komputer seperti memory/ram, hardisk,processor.layar monitor atu lcd , semuanya itu akan ditujukan pada motherboard sebagai penghantar hardware – hardware tersebut agar berfungsi dengan baik dengan menggunakan socketnya masing masing , tentunya yang ada yang ada dalam motherboard.
Maka bisa dikatakan betapa pentingnya peran sebuah motherboard pada sebuah komputer yang menjadi benteng  pertahanan  sekaligus penghubung dari sekian banyak perangkat komputer.
 

Demikian artikel singkat cara kerja motherboard dan fungsinya yang kami paparkan kepada anda semua, semoga bisa bermanfaat dan menjadi masukan bagi anda yang ingin mempelajari tentang motherboard pada sebuah komputer. 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar