Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal lebih dekat Hardisk dan fungsinya

Hardisk adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, baik data program maupun data pribadi. Oleh karena itu kita harus paham fungsi hardisk  pada sebuah komputer. Kita bisa membuat suatu gambaran, ketika ada sebuah personal komputer yang tidak mempunyai hardisk, maka komputer tersebut tidak bisa memperlihatkan data, bahkan sebuah OS (operational system) tidak akan ada dikarenakan seluruh data os tersebut ada pada hardisk komputer tersebut. Bisa dikatakan komputer tersebut tidak akan memberikan manfaat, walaupun komputer tersebut bisa hidup.
 
Disini saya juga akan menjelaskan bagian-bagian hardisk yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu yang pertama adalah PCB hardisk yang berfungsi untuk mengatur jalanya hardisk itu sendiri dan sekaligus menghubungkan hardisk ke motherboard melewati kabel data komputer yang dikenal dengan nama kabel IDE dan SATA.
Didalam hardisk juga mempunyai komponen yang dinamakan trek nol hardisk yang di tugaskan untuk membaca sebuah data pada komputer baik data program maupun data pribadi kita yang ada dalam hardisk tersebut. Jika ada kerusakan pada trek nol hardisk maka semua data tidak akan terbaca, kebanyakan terjadi kerusakan optik yang ada dalam trek nol hardisk tersebut. Maka saran saya jika ada problem seperti ini sebaiknya anda harus mengganti  optik hardisk tersebut agar data yang ada dalam hardisk bisa terbaca lagi dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.
 
Didalam sebuah hardisk selain ada trek nol hardisk di situ juga ada lempengan yang berbentuk bundar yang di sebut lempengan hardisk . komponen ini berfungsi sebagai penyimpanan data anda. besar kecilnya data yang ada pada hardisk anda itu  tergantung pada kapasitas dari lempengan sebuah hardisk tersebut. Lempengan pada hardisk ini tidak mudah rusak karena lempengan tersebut ditutup oleh penutup hardisk yang kuat. Tetapi perlu anda ingat bahwa di dunia ini tidak ada perkara yang tidak mungkin. Ketika bertambahnya usia sebuah hardisk maka bertambah melemah pula kinerja sebuah hardisk, yang kita kenal istilahnya pada saat ini yakni Bad Sector pada hardisk. Dimana pada sebuah lempengan hardisk terbagi menjadi beberapa ribu bahkan ratusan juta sector. Bila ada beberapa sector saja yang rusak alias bad sector maka bagian tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk menyimpan data lagi atau tidak bisa di akses.  Mungkin ada yang bisa mengatasi hal tersebut dengan cara menggunakan software atau dengan cara menghilangkan bagian-bagian yang bad sector kemudian menggabungkan sector – sector hardisk yang baik atau good sector. Tetapi cara ini juga mengakibatkan semakin kecil kapasitas penyimpanan data dari hardisk tersebut.
 
Maka bisa dikatakan betapa pentingnya peran sebuah hardisk, selain sebagai penyimpanan pembagi data program dan data pribadi, hardisk juga berfungsi sebagai penyimpanan database sebuah OS ( operational system) . oleh sebab itu kita harus merawat dan menjaga hardisk tersebut agar tidak rusak dan bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
 

Demikian atrtikel dari saya tentang fungsi hardisk dan bagian bagian hardisk, semoga dapat memberikan manfaat dan bisa menjadi bahan referensi bagi anda semua. Amien..!!!