Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Hilangkan Kutu Dan Bau Apek Pada Beras

image: zmescience.com
Memang tak bisa dipungkiri, bahwa kemunculan kutu serta bau apek pada beras bisa saja terjadi secara tak terduga. Meski dalam penyimpanannya di tempat yang kedap udara sekalipun, ulah Si kutu memang tetap saja mampu menyusup dan merusak kondisi beras yang dijadikan pasokan di rumah. Hal demikian bisa terjadi karena memang Si kutu ini  bisa beranak dan berkembang biak di dalamnya. Ditambah lagi ketika beras disimpan dengan kurun waktu yang cukup lama, maka kondisinya pun juga tidak bisa dihindari dari yang namanya bau apek bukan..?

Ini memang tak bisa dibiarkan begitu saja. Namun untuk menghilangkan kutu beserta bau tak sedap  pada beras, maka anda juga perlu menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Jika tidak, maka saat beras hendak dimasak, tentu hal yang paling ribet yakni harus mencucinya dengan air secara berulang-ulang. Hingga keberadaan kutu dan bau apek pada beras dapat dihilangkan. 

Oleh sebab itu, ada beberapa cara ampuh yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan terdapatnya kutu beserta bau apek pada beras ini. Bahkan bahan-bahan yang dipergunakan pun juga tidak terlalu sulit untuk di dapatkan. Sehingga anda bisa dengan mudah menjaga kondisi beras agar tetap sehat dan enak saat dikonsumsi, meski disimpan dalam kurun waktu lama. Yang nantinya bisa menghasilkan cita rasa nasi yang sedap dan wangi.

Dan inilah cara menghilangkan kutu beserta bau apek pada beras dengan mudah dan alami :

1. Manfaatkan Daun Belimbing
Untuk menghilangkan Si kutu beras ini, siapkan saja beberapa lembar daun belimbing, Kemudian bersihkan dan keringkan. Setelah itu, anda dapat memasukkannya ke dalam plastik dan jangan lupa untuk memberinya lubang kecil. Lalu taruhlah ke dalam tempat penyimpanan beras tersebut. Dengan begitu bau apek beserta kutu beras dapat disingkirkan secara alami.

2. Gunakan Parutan Daun Jeruk Purut
Jika anda menggunakan parutan daun jeruk purut untuk menghilangkan kutu beras, maka hal ini merupakan cara yang juga cukup manjur. Yang mana selain si kutu beras dapat dihilangkan dengan mudah, kondisi beras pun akan bisa terhindar dari bau apek. Anda dapat memasukkan 50 gram daun jeruk purut ke dalam 10 kilo gram beras. 

3. Manfaatkan Daun Asam Jawa
Sediakan daun asam jawa secukupnya, dan jangan lupa untuk membersihkannya. Kemudian keringkan dan simpanlah di tempat penyimpanan beras yang berada di rumah. Dan ingat, jangan lupa sesekali mungkin anda membuka penutup penyimpanan beras, agar udara yang terdapat di dalamnya tidak sampai terperangkap. Dengan begitu, bau apek pada beras dapat hilang dan si kutu pun dapat disingkirkan.

4. Kombinasi Daun Salam Dan Garam
Perlu anda tahu, bahwa kombinasi kedua bahan ini memang dapat digunakan untuk menghilangkan bau apek pada beras serta kutunya secara alami. Cukup anda siapkan beberapa lembar daun salam kering dan sedikit garam, kemudian masukkan ke dalam plastik yang sudah diberi lubang. Lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras.

5. Menggunakan Daun atau Batang Lada
Baik daun maupun batang lada, memang dikenal ampuh dalam mengusir kutu beras bersama bau apek di dalamnya. Nah.., jika anda ingin menerapkannya, siapkan saja beberapa daun atau batang lada, dan masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Maka kutu beras tidak berani mendekati tempat penyimpanan beras di rumah anda.