Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah merawat hardisk komputer

Sebelum kita mengetahui cara merawat hardisk komputer,
Perlu agan ketahiu bahwa hardisk adalah perangkat keras komputer ( hardware ) yang berfungsi untuk menyimpan data, baik data program OS (operational system) maupun data file pribadi kita.
Banyak  orang yang mengalami kesulitan ketika data yang ada di dalam komputer mereka rusak atau hilang baik disebabkan oleh ketidak maksimalan kinerja hardisk (yang disebabkan karena ada virus misalnya) atau sudah tuanya usia hardisk mereka.
Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara merawat hardisk dengan mudah , sebelum itu saya akan memaparkan kepada anda tentang sebab – sebab hardisk menjadi rusak. Salah satu penyebab hardisk menjadi rusak  yaitu seringnya listrik mati  yang mengakibatkan hardisk sering mati tiba – tiba. Seain itu juga karena adanya virus di dalam hardisk tersebut yang mengakibatkan muatan kapasitas hardisk penuh dan bisa saja merusak partisi dalam hardisk tersebut. Oleh karena itu agan harus extra teliti ketika ada ketidak beresan pada hardisk agan semua.
Lankah – lankah yang harus kita lakukan ketika kita merawat  hardisk agar bisa tahan lama dan berfungsi dengan baik yaitu :
1. lepaskan hardisk dari casing komputer agar kita lebih leluasa dalam proses perbaikan pada hardisk   tersebut.
2. kemudian letakan hardisk pada tempat yang aman dan bersih karena hardisk sangat sensisitif sekali atau mudah rusak.
3. setelah itu bersihkan hardisk dari debu dengan cara membersihkannya dengan kuas yang halus mulai dari pcb hardisk sampai bagian luar hardisk.
4. bersihkan socket power dan socket data yang ada pada pcb hardisk dengan cara menggunakan penghapus pensil.
5. kemudian coba agan pasang lagi hardisk tersebut ke komputer bila perlu partisi kembali hardisk tersebut
6. kemudian melakukan instalasi kembali dan coba rasakan bedanya.
Demikian artikel singkat mengenai cara mudah merawat hardisk  , semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.