Cara mempercepat koneksi internet dan optimasi koneksi internet

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tetang cara mempercepat koneksi internet, pada dasarnya koneksi internet sangatlah ditentukan oleh provider masing –masing/ISP, tetapi kita perlu mengetahui seluk beluk tentang koneksi internet yang telah disediakan oleh provider internet. Mari kita bahas cara setting internet atau optimasi pada operator GSM ( Telkomsel, indosat, XL, Three, dll ) dan CDMA (smartfren, Flexi, Ceria, dll )
 
1.    Cara mempercepat koneksi internet modem GSM
Pada jaringan GSM ini sangat banyak macan jenis signal yang sangat mempengaruhi kecepatan internet. Diantaranya adalah
Signal GPRS, EDGE, HSDPA, WCDMA, UMTS, 3G, HSUPA.
Apabila signal internet kita masuk dalam kategori GPRS/EDGE maka sangatlah standart koneksi kita, dan sangat berat untuk akses data video/upload karena kecepatan maksimal hanyalah 256Kbps. Dan pada koneksi HSDPA, WCDMA, UMTS, 3G, HSUPA.
Kita akan mendapatkan kecepatan internet maximal sekitar lebih dari 1 Mbps dan sangatlah jauh lebih cepat dari pada koneksi GPRS atau EDGE. Untuk mengetahui ada dan tidaknya signal 3G di lokasi kita caranya pilih menu setting/option pada aplikasi modem gsm anda, lalu pilih network-dan pilih WCDMA/UMTS/3G only atau WCDMA/UMTS/3G preferred setelah itu kita save dan tunggu beberapa saat apabila muncul signalnya berarti lokasi anda berada atau tercover dengan jaringan 3G. apabila tidak muncul signalnya maka maka kita kembalikan lagi ke setingan awal dan kita hanya bisa berkoneksi di jaringan GPRS/EDGE saja.
 
2.    Cara mempercepat koneksi internet modem CDMA
Pada modem CDMA ini jenis jaringannya beda namanya dengan GSM. Untuk CDMA terbagi 2 macam koneksi internet, yaitu 1X dan EVDO. Pada jaringan 1X setara dengan GPRS/EDGE dan pada EVDO setara dengan 3G/WCDMA/HSDPA. Dan cara optimasinya sama dengan modem GSM, hanya saja kita tingal pilih 1X atau EVDO, uniknya untuk modem CDMA ini ada pilihan only 1X, only EVDO dan bisa Hybrid (1X+EVDO)


Demikian artikel dari saya tentang Cara mempercepat koneksi internet dan optimasi koneksi internet semoga dapat menambah wawasan tentang jaringan internet.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar