Tips-Tips Mencegah Penularan Virus Ebola

image source : rgbstock
Isu penyebaran virus ebola akhir-akhir ini cukup hangat diperbincangkan sehingga menimbulkan keresahan bagi seluruh warga di dunia. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat penyakit ebola yang memiliki gejala flu, demam tinggi, sakit kepala, hilang nafsu makan, rasa lelah, serta nyeri sendi dan otot ini sangat kronis dan bahkan dapat menimbulkan dampak fatal bagi manusia. Virus yang diduga berasal dari desa-desa terpencil di Afrika Tengah ini ditularkan oleh hewan liar ke manusia dan disebarkan  melalui kontak antara manusia dengan manusia. Penularannya pun saat ini sudah mencapai negara-negara di Asia, Eropa dan Amerika Serikat. Bagi Anda yang cemas akan fenomena ini, berikut beberapa tips untuk mencegah penularan virus ebola yang dapat Anda praktikan.
-       Hindari Daerah Asal Virus Ebola
Secara khusus virus ebola berasal dari negara-negara Afrika Tengah seperti Liberia dan Sierra Leone. Namun untuk lebih amannya, jangan lakukan perjalanan ke negara-negara di Afrika. Selain itu jangan pula berhubungan terlebih dahulu dengan orang-orang yang baru saja melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut. Hal ini merupakan langkah awal yang baik untuk mencegah penularan virus ebola secara lebih luas.
-       Hindari Kontak dengan Penderita
Selain menghindari negaranya, hal yang paling esensial ialah menghindari kontak langsung dengan cairan dan jaringan tubuh penderitanya, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Hal ini karena penyakit ebola dapat menular melalui darah, air liur, air mani, dan cairan vagina. Dalam hal ini penularan akan lebih cepat ketika penderita sedang dalam kondisi parah dan juga meninggal. Kenakan baju serba tertutup, masker dan sarung tangan apabila Anda terpaksa harus melakukan kontak dengan korban. Selain itu dalam hal penanganan mayat korban ebola pun semestinya ditangani oleh tim ahli khusus karena perlu peralatan yang tepat dan dilakukan dengan prosedur yang serba hati-hati.
-       Rajin Mencuci Tangan
Mengingat virus ini dapat ditularkan melalui cairan tubuh, maka ada baiknya apabila Anda meminimalisir sentuhan dengan barang-barang publik. Selain itu ada baiknya juga apabila Anda membiasakan menggunakan sarung tangan dan masker. Cara berikutnya untuk mencegah penularan virus ebola, Anda perlu rajin dan sesering mungkin mencuci tangan sebagaimana Anda berusaha mencegah penularan penyakit menular oleh virus lainnya. Gunakan sabun dan air atau antiseptik dengan minimal kandungan 60% alkohol untuk cuci tangan.
-       Hindari Daging Merah
Virus ebola dapat menular dengan lebih cepat melalui daging merah, terutama yang berkualitas buruk atau yang berasal dari peternakan di Afrika. Dengan demikian Anda punya dua pilihan, hindari makan daging merah atau paling tidak konsumsi terbatas daging yang terjamin baik kualitasnya.
Sejauh ini virus ebola hanya memberi harapan hidup yang tipis bagi korbannya dimana kebanyakan dari kasus ebola berakhir dengan kematian. Dalam hal ini perlu adanya kerja sama yang kuat dan luas dari seluruh warga dunia untuk menghentikan penyebaran penyakit epidemik ini. Mempromosikan penerapan tips tersebut setidaknya cukup berkontribusi untuk mencegah penularan virus ebola.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar