Layar monitor atau lcd komputer

Layar monitor atau lcd adalah salah satu  perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk menampilkan segala aktifitas kinerja komputer. Perlu anda ketahui bahwa dunia komputer bukan dunia nyata yang langsung bisa anda lihat dengan kasat mata, tetapi butuh perantara sebuah hardware ( perangkat keras) agar anda bisa melihatnya.

Jadi, tanpa menggunakan sebuah layar monitor atau lcd kita tidak bisa melihat data – data yang kita miliki baik data program maupun data file pribadi. Ketika kita melihat di layar monitor atau lcd kita bisa tahu jenis OS (operational system) yang digunakan, apakah kita menggunakan OS jenis windows,debian,linux,macintos dan lain sebagainya. Disitu kita juga disuguhkan oleh beberapa macam menu, seperti menu start,sutdown,my computer dan masih banyak lagi menu-menu lainya.
Ketika anda sudah mengetahui tentang kegunaan sebuah layar monitor atau lacd pada komputer, anda akan merasa betapa pentingnya layar monitor atau lcd itu. Bahkan anda akan merasa tidak berkutik tanpa adanya layar monitor atau lcd dalam mengoperasikan sebuah komputer.

Layar monitor atau lcd juga merupakan gambaran atau perwujudan dari kinerja sebuah komputer itu sendiri. Karena di layar monitor atau lcd kita bisa melihat gambaran dan perwujudan di beberapa dimensi, seperti gambaran bentuk 2D (dua dimensi) bahkan gambaran bentuk 3D (tiga dimensi). Dari berbagai dimensi tersebut kita bisa melihat bentuk segi tiga , segi empat, gambar balok, rumah, garis lurus, gambar tabung, kerucut, dan masih banyak lagi contohnya yang tidak saya jelaskan secara satu persatu.

Kenapa semua itu bisa terjadi ? dan bagaimana cara sebuah layar monitor atau lcd itu bisa terhubung ke cpu kompunter?. Karena para penemu dan peneliti  membuat sebuah layar monitor atau lcd yang di sinkronkan dengan berbagai indra manusia, oleh karena itu bisa menjadi nyaman ketika dipakai oleh manusia itu sendiri. Sebuah layar monitor atau lcd itu bisa terhubung dengan cara menancapkan socket data lcd ke socket input lcd yang sudah ada dalam motherboard dengan cara menggunakan kabel data lcd. Dan perlu diketahui oleh anda semua bahwa di dalam sebuah layar monitor atau lcd ada dua colokan yaitu colokan untuk cpu komputer yang berguna untuk menambilkan sebuah data atau jenis OS (operational komputer) dan colokan untuk power layar monitor atau lcd itu sendiri yang di di hubungkan dengan listrik 220 V.

Pada sebuah layar monitor atau Lcd juga di sediakan dengan berbagai macam menu seperti menu untuk mengatur tataletak, kecondongan tampilan,contras,pengaturan warna tampilan dan lain sebagainya. Hal ini bisa kita setting sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Maka disini kita bisa punya garis besar bahwa betapa pentingnya sebuah layar monitor atau lcd pada sebuah komputer yang kita miliki, agar kita bisa melihat tampilan dan gambaran tentang bagaimana kinerja sebuah komputer itu.
Demikian artikel singkat tentang layar monitor atau Lcd pada komputer, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda semua.
Artikel Terkait