Tips Mudah Menjalankan Bisnis Online Jasa

image source : ideasonclick
Saat ini bisnis secara online banyak diminati oleh kalangan masyarakat karena sangat praktis dan ekonomis. Berbeda sekali dengan bisnis yang dilakukan secara offline. Bisnis offline bagi pemula akan sedikit rumit jika dibandingkan dengan bisnis online. Mengapa begitu?, karena bisnis offline memerlukan lahan yang akan dijadikan tokonya, selain itu dalam mendirikan usaha harus melengkapi beberapa syarat administrasi berupa SITU, SIUP dan lainnya. Jika tidak dilengkapi dengan syarat-syarat yang lengkap bisnis itu bisa menimbulkan masalah ke depannya, pasalnya bisnis offline yang tidak disertai dengan surat-surat yang lengkap bisa disebut dengan bisnis ilegal atau tidak resmi.

Ada suatu bisnis yang bergerak di dua model pemasaran sekaligus ( offline dan online ), bisnis ini awalnya adalah offline ( sudah memiliki toko nyata ) namun manajemennya juga memanfaatkan media online seperti sosial media dan menggunakan website yang berfungsi untuk mendukung penjualannya.  Bisnis online selama ini ada berupa barang dan jasa, jika bisnis online yang menjual barang, pada umumnya barang yang dijual adalah hasil produksi sendiri.  Bisnis online jasa merupakan bisnis yang bergerak di bidang jasa, bisnis ini juga marak di media internet. Jasa yang ditawarkan pun beragam, mulai dari jasa pemasangan intrenet, desain grafis, review produk dan jasa lainnya. 


Sebagai contoh dalam hal memanfaatkan momen menjelang lebaran, maka bisnis online yang menawarkan jasa pembantu akan lebih banyak dibutuhkan pada momen tersebut, karena pembantu utama banyak yang mudik atau libur, maka pemilik rumah akan bingung mencari pembantu pengganti sementara. Melalui website jasa Anda, penghuni rumah akan mudah dalam mencari dan memilih jasa pembantu yang sesuai dengan kriterianya.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan bisnis online jasa:
 

# Tetapkan jasa yang akan Anda jual, jasa yang Anda pilih harus sesuai dengan keahlian atau kemampuan yang anda miliki agar nantinya dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Misalnya Anda ahli dalam desain grafis, maka Anda sangat cocok untuk membuka jasa desainer.

# Buatlah webiste atau blog yang berbayar karena hal itu akan lebih terlihat profesional. Pilihlah alamat domain yang menarik dan mudah diingat bagi konsumen agar nantinya memudahkan konsumen untuk mengunjungi website Anda.


# Agar URL atau web Anda dapat dipromosikan ke berbagai media internet, gunakanlah media sosial seperti : facebook, twitter, google plus dan lainnya. Manfaatkan juga social bookmarking sebagai media promosi web anda secara gratis. 


Itulah beberapa langkah mudah dalam menjalankan bisnis online jasa yang perlu anda terapkan dan tentunya harus konsisten agar nantinya lebih cepat berkembang.
Artikel Terkait