Terapkan 4 Ucapan Agar Anak Percaya Diri

Peran orang tua memang sangat penting pada sebuah keluarga. Terlebih lagi ketika mendidik anak-anak mereka agar menjadi anak yang bisa dibanggakan dan mempunyai rasa percaya diri sehingga dapat tumbuh dewasa dan berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh setiap orang tua. Terkadang banyak anak yang proses perkembangan mereka tidak stabil dan mempunyai mental yang lemah. Hal seperti itu mengakibatkan perkembangan mereka menjadi lambat dan bahkan menjadikan anak mudah pesimis dengan apa yang sedang mereka lakukan. Oleh karena itu, sebagai orang tua hendaknya tahu hal–hal apa saja yang harus mereka lakukan untuk mengantisipasi terhadap sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada anak mereka dan sampai terlanjur parah.

Sebagai orang tua hendaklah mengajarkan hal–hal yang positif dan menjadi suri tauladan bagi anak–anak mereka. Untuk itu, sebagai orang tua harus mengetahui apa saja perkataan yang harus mereka hindari dan memberikan ucapan yang positif ketika berkomunikasi dengan anak–anak mereka. Sehingga hal itu dapat menumbuhkan rasa percaya diri didalam proses pengajaran ketika waktu kecil sampai tumbuh dewasa.

Dari semua paparan di atas ditemukan empat ucapan yang patut ditumbuhkan atau dibentuk oleh orang tua ketika anak–anak mereka berinteraksi secara langsung. Hal itu tidak lain sebagai berikut :

1. Nak, Kamu memang Si pintar..!
Memberikan julukan atau label yang positif pada anak memang perlu diucapkan oleh orang tua. Karena hal tersebut dapat menimbulkan rasa percaya diri pada anak–anak mereka. Perlu anda ketahui bahwa ketika seorang anak diberi pujian dengan sebuah julukan atau label yang positif, maka secara tidak langsung anak tersebut akan merasa  seperti apa yang dikatakan oleh orang tuanya, bahwa dia merasa benar–benar anak yang pintar.

2. Adik hari ini pakai baju yang mana..?
Disini anak akan diberikan kebebasan untuk memilih sesuatu yang disukainya. Artinya tidak ada tekanan pada diri anak tersebut ( Bebas untuk memilih dalam hal yang positif ). Dari hal tersebut nantinya akan membentuk jiwa anak yang punya rasa percaya diri karena mereka akan merasa bisa memecahkan suatu masalah dengan berbagai macam solusi tanpa ada tekanan terhadap diri anak tersebut.

3. Kamu pasti sudah usaha keras ya...? , ulangan kemarin dapat nilai 6 dan sekarang dapat nilai 7..!
Dukungan dari orang tua memang sangat dibutuhkan ketika anak mereka sedang berusaha untuk mendapatkan nilai ujian yang baik di kelasnya. Meskipun nilai anak tesebut hanya meningkat sedikit, akan tetapi sebagai orang tua harus terus mendukung anak mereka agar selalu bersemangat untuk belajar dan menjadi yang terbaik.

4. Adik jangan takut, di sini ada Mama kok..!
Rasa takut memang sangat mempengaruhi terhadap mental seorang anak. Oleh karena itu sebagai orang tua harus terus meyakinkan anak mereka agar terhindar dari rasa ketakutan. Sehingga dapat berkembang dan tumbuh dewasa sesuai dengan apa yang diharapakan, yaitu menjadi anak yang mempunyai rasa percaya diri dalam setiap kehidupan sosial mereka.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar