Cara Mudah Mengembangkan Bisnis Baju Untuk Pemula

Bisnis baju bisa dibangun berdasarkan hobi dan peluang pemasarannya. Terutama jika sudah memiliki jaringan yang selalu membutuhkan produk-produk yang disediakan. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar asalkan mampu melakukan perhitungan cermat untuk berbagai pengeluaran demi menunjang kelancaran bisnis tersebut. Nah, kalau ingin mengawali usaha di bidang tersebut, cermati dan persiapkan semuanya sedetil mungkin. Kesalahan yang sering dilakukan para pemula dalam bisnis ini ialah terlalu gegabah dalam mengeluarkan modal tanpa perhitungan-perhitungan yang tepat. Pokok utama berbisnis adalah penyesuaian diri terhadap segala konteks, namun selalu berpedoman pada konsep yang telah dirancang di awal.

Menentukan Produk Unggulan
Jika bisnis ini dituangkan dalam bentuk susunan daftar, maka yang pertama dituliskan sebagai prioritas ialah jenis produk. Produk semacam apakah yang nantinya akan dijadikan andalan usaha Anda? Para pedagang baju yang sering Anda jumpai di beberapa tempat dan cukup sukses membina usahanya tidaklah bekerja secara sembarangan. Mereka punya acuan-acuan tertentu yang selalu dijadikan karakter usaha mereka. Contohnya pun bermacam-macam. Ada yang menjadikan baju anak-anak sebagai produk unggulan mereka, busana muslim, batik, baju olahraga, dan sebagainya. Perencanaannya pun tidak asal-asalan alias memperhitungkan seberapa besar peluang mereka selama memasarkan produk tersebut. Kalau Anda berencana mendirikan toko baju dengan berbagai segmen, setidaknya tentukanlah satu produk unggulan yang nantinya mewakili karakter penjualan.

Modal, Lokasi, dan Promosi
Persoalan modal seringkali menghambat kemauan seseorang untuk memulai sebuah usaha. Padahal dengan modal secukupnya, Anda sudah bisa mendirikan sebuah bisnis kecil-kecilan. Tidak akan jadi masalah apakah bisnis tersebut tergolong kecil atau minimalis. Setidaknya, Anda akan memiliki segmen dan target penjualan yang stabil. Tidak terlalu menonjol, namun konsisten. Bahkan hanya dalam beberapa bulan, Anda bisa balik modal. Sumber modal pun bisa diperoleh dari berbagai cara, misalnya dengan mengajukan pinjaman atau mengajak rekan yang sekiranya bisa menopang dasar pendirian bisnis tersebut. Langkah berikutnya adalah mencari lokasi ideal sebagai pusat usaha Anda. Tren yang sekarang ini berkembang adalah mendirikan bisnis online. Namun sebetulnya tidak ada perbedaan yang terlalu menonjol jika dibandingkan dengan metode offline. Bahkan masih banyak para pengusaha atau pedagang yang tetap mempertahankan konsep konvensional dalam memasarkan dan mempromosikan produk mereka. Pilihlah lokasi yang strategis dengan mempertimbangkan faktor seperti kepadatan area, karakter orang yang berada di sekitar lokasi tersebut, dan biaya penyewaan (jika tidak punya lahan sendiri). Nah, baru untuk praktik promosi Anda bisa mengandalkan jalur online sebagai salah satu media utama. Namun ingatlah bahwa tidak semua orang akrab atau merasa nyaman dengan internet. Banyak juga para pembeli dengan karakter idealis yang selalu berusaha mencari lokasi penjualan sehingga bisa mendapatkan kepuasan dari produk dan transaksi bisnis baju.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar