Manfaat Makan Dengan Alas Daun Pisang

image : merdeka.com
Pastinya anda sering melihat tentang santapan tradisional yang dihidangkan dengan alas daun pisang  di tanah air kita tercinta. Melihat kesannya yang alami dan nyaman, makan dengan menggunakan alas daun pisang juga tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan menggunakan alas piring kaca, plastik, dan sejenisnya. Di beberapa negara Asia termasuk indonesia, makan dengan menggunakan daun pisang sebagai piringnya memang sudah menjadi salah satu tradisi. Dari berbagai pendapat juga mengatakan bahwa dengan beralaskan daun pisang ketika makan bisa memberikan kesan tersendiri pada makanan tersebut, sehinggal hal demikian masih terus dibudayakan oleh kebanyakan orang, apalagi pada momen penting saat berkumpul bersama sahabat lama atau rekan kerja  agar bisa memberikan kesan yang lebih sakral pada momen tersebut. Berikut beberapa manfaat makan dengan alas daun pisang.

-Tubuh anda menjadi lebih sehat
Pada daun pisang terdapat polifenol, yaitu merupakan antioksidan yang mempunyai khasiat untuk melawan radikal bebas dan dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Dengan cara membungkus makanan dengan menggunakan daun pisang, maka makanan akan menyerap polifenol yang ada pada daun pisang tanpa harus memakan daun pisang tersebut secara langsung. Selain itu daun pisang juga mengandung anti bakteri yang bisa mengurangi resiko akan terkena penyakit dengan syarat daun pisang tersebut telah dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan dan berasal dari lingkungan yang bersih pula.


-Membuat makanan terasa nikmat
Perlu diketahui bahwa ketika anda menaruh makanan di atas daun pisang, makanan tersebut memiliki aroma khas yang akan membuat selera makan terasa lebih nikmat. Hal tersebut dikarenakan pada daun pisang memiliki lapisan seperti lilin dan ketika makanan panas anda tempatkan di atasnya, maka lapisan tersebut akan meleleh untuk mengeluarkan aroma yang harum dan sedap.


-Lebih aman dan terbebas dari bahan kimia
Mencuci piring dengan menggunakan sabun memang mengandung bahan kimia, sehingga anda harus teliti dan mencucinya hingga benar-benar bersih dari bekas sabun. Akan tetapi  dengan menggunakan alas daun pisang, anda bisa lebih aman dari bahan kimia. Dengan cukup membilasnya dengar air dan tak perlu menggunakan sabun untuk mencucinya, itu sudah aman dipakai sebagai alas untuk menghidangkan makanan anda.


Tahukah anda tentang piring mengandung milamin yang bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh anda.? Dengan menggunakan daun pisang sebagai alas atau piring makanan, anda tidak perlu khawatir tentang keamanan dalam memakai dan mengggunakannya. Karena hal demikian memang sudah teruji baik dan perlu diterapkan dalam kehidupan anda.

-Daun pisang lebih ramah lingkungan
Mengemas makanan dengan daun pisang bisa lebih ramah lingkungan, karena ketika daun pisang dijadikan bungkus makanan semisal seperti lontong, dan apabila sudah tidak terpakai kemudian dibuang, daun pisang bisa terurai oleh tanah dengan baik. Sehingga keasrian lingkungan tetap bisa terjaga dengan baik. Berbeda ketika anda menggunakan bungkus plastik yang sulit terurai oleh tanah sehingga bisa menjadi limbah dan pencemaran  bagi lingkungan sekitar.

  
 -Memberikan nuansa yang natural dan lebih praktis 
Dengan menggunakan alas daun pisang sebagai piring makanan, bisa memberikan anda sebuah nuansa yang natural, dimana anda mungkin  sudah sedikit melupakan akan gaya hidup natural karena mungkin disibukkan oleh berbagai kegiatan atau pekerjaan, hal itu akan dapat mengingatkan anda kembali kepada gaya hidup natural yang disertai dengan kesederhanaan.

Dengan hanya menggunakan daun pisang dan lidi, sudah cukup untuk membungkus makanan anda terlihat praktis dan sederhana. Tidak perlu untuk membeli atau mengeluarkan biaya banyak hanya sekedar untuk membungkus makanan.

Semoga Bermanfaat..!
Artikel Terkait