7 Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

image : balidaily.wordpress.com
''Salam'' merupakan nama daun yang biasanya digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur oleh para ibu rumah tangga. Dengan baunya  yang harum, Daun salam memiliki manfaat yang tak terduga bagi kesehatan tubuh. Daun salam memiliki nama ilmiah yakni Syzygium polyanthum, Merupakan tanaman yang bisa tumbuh di dataran rendah hingga di daerah pegunungan. Mungkin karena manfaat daun salam yang kompleks, Membuat tanaman  salam tersebut dibudidayakan oleh kebanyakan orang. 

Sehingga tak heran jika daun salam bisa anda jumpai di perkampungan, perkebunan, halaman rumah dan tempat lainnya. Ada banyak hal yang perlu anda ketahui tentang manfaat daun salam terutama bagi dunia kesehatan. Agar nantinya anda bisa mengambil memanfaat atau khasiat dari daun salam tersebut. Sehingga ketika anda mendapatkan masalah mengenai kesehatan tubuh, Daun salam bisa menjadi bahan alami sebagai ramuan untuk mengatasi berbagi jenis penyakit. Dan inilah  7 manfaat daun salam untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Berikut ulasannya :

1. Sebagai obat hipertensi
Salah satu manfaat dari daun salam ialah, Bisa menurunkan hipertensi. Hal demikian disebabkan bahwa kandungan mineral yang terdapat pada daun salam bisa menjadikan peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Dengan cara menyediakan 7 sampai 10 lembar daun salam, Setelah itu anda cuci hingga bersih, Kemudian daun salam tersebut direbus dengan menggunakan 3 gelas air. Dan tunggu proses perebusan hingga air menjadi setengahnya. Setelah itu rebusan daun salam bisa anda minum selama satu hari 2 kali. Sehingga daun salam bisa membantu anda untuk mengobati hipertensi / tekanan darah tinggi.

2. Sebagai obat radang lambung
Untuk penderita radang lambung, Hal ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi daun salam dan sambiloto kering. Dan untuk takaran hendaknya sediakan 30 gram daun salam dan 30 gram daun sambiloto, Kemudia rebus daun-daun tersebut dengan 600 cc air hingga sampai setengahnya. Setelah itu anda saring rebusan air tersebut dan tambahkan gula-batu. Minumlah ramuan tersebut setiap pagi dan sore secara rutin.

3.  Untuk mengatasi sakit maag
Dengan menyediakan 15 hingga 20 lembar daun salam, Kemudian tuangkan air setengah liter dan tambahkan gula merah secukupnya, kemudian minum ramuan tersebut. Sehingga sakit maag akan segera teratasi dengan baik dan efektif.

4. Untuk gatal-gatal pada kulit
Untuk mengatasi gata-gatal dengan menggunakan daun salam sebagai ramuanya, Cukup haluskan daun salam tersebut sampai lembut ( untuk dijadikan olesan ). Kemuadian balurkan olesan yang sudah jadi terebut ke bagian tubuh yang gatal-gatal hingga rata. Dengan demikian daun salam bisa membantu anda mengatasi gatal-gatal.

5. Sebagai obat diabetes
Daun salam juga dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit diabetes tipe 2. Karena daun salam bisa menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Antioksidan yang terkandung dalam daun salam memiliki kemampuan untuk memproses insulin, Yang cukup efektif dan baik untuk penderita diabetes. Dengan cara merebus daun salam atau mengkonsumsinya dalam bentuk bubuk daun salam selama 30 hari, Memang suatu cara yang dianjurkan dalam mengobati penyakit diabetes tersebut.

6. Mengobati Kencing manis
Jika daun salam digunakan untuk mengatasi kencing manis, Maka bisa anda konsumsi dengan cara menyediakan 7 lembar daun salam yang sudah dibersihkan, Kemudian direbus dengan 3 gelas air minum hingga tersisa sampai setengah dari air tersebut. Kemudian minumlah ramuan daun salam tersebut secara rutin 2 kali sehari.

7. Sebagai obat gangguan ginjal
Dengan cukup mendidihkan 5 gram daun salam dengan 200 ml air, hingga kira-kira air menjadi separuhnya, Dan minum ramuan tersebut selama 2 kali sehari. Kandungan yang terdapat pada daun salam bisa mengobati infeksi ginjal dan juga mengobati batu ginjal dalam tubuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar