Inilah 5 Khasiat Luar Biasa Dari ‘’Kolang Kaling’’

image : thejakartapost
Cukup kenyal dan enak rasanya, Bila kolang kaling dijadikan sebagai makanan pencuci mulut sehabis berbuka puasa. Kolang kaling atau juga dikenal dengan sebutan buah atap ini, Merupakan camilan kenyal yang mempunyai bentuk lonjong dan berwarna putih transparan, Serta rasanya yang cukup menyegarkan. Olahan kolang kaling sendiri biasanya disajikan dalam bentuk kolak, manisan, minuman dingin dan lainnya. Sehingga buah atap ini kerap dijadikan pilihan oleh kebanyakan orang sebagai makanan penutup sehabis berbuka puasa. 

Jumlah kolang kaling yang dijual di pasaran terus meningkat seiring menjelang bulan suci Ramadhan, Karena kolang kaling juga dikenal sebagai makanan kuliner edisi ramadhan. Dan dibalik kekenyalan buah atap ini, Ternyata kandungan yang ada di dalamnya memiliki manfaat yang juga tidak kalah dengan jenis makanan lainnya. Sehingga kolang kaling memang cukup baik jika anda konsumsi sebagai selingan makanan, Karena memiliki berbagai manfaat yang bisa menyehatkan tubuh. Dan inilah 5 khasiat kolang kaling yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut keterangannya :

1. Untuk obat radang sendi
Perlu anda ketahui bahwa salah satu khasiat kolang kaling ialah untuk dijadikan obat penyakit radang sendi. Hal demikian karena pada kolang kaling memiliki kandungan zat galaktomanan, Yang berguna untuk meredakan penyakit radang sendi pada organ tubuh anda. Sehingga dengan mengkonsumi kolang kaling sebanyak 100 gram per hari, Maka hal demikian merupakan cara yang dianjurkan bagi anda yang terkena penyakit radang sendi tersebut. Dan ada baiknya jika kolang kaling anda konsumsi setiap hari secara rutin dalam proses penyembuhan penyakit radang sendi.

2. Untuk memperkuat tulang anda
Tentunya dengan mengkonsumsi kolang kaling ini, Kesehatan tulang anda bisa terjaga dengan baik. Dimana khasiat dari kolang kaling sendiri adalah untuk melindungi tulang dari osteoporosis atau kerapuhan pada tulang. Karena kandungan kalsium pada kolang kaling bisa memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Dan kandungan kalsium kolang kaling  pada setiap 100 gram adalah 91 mg. Sehingga kolang kaling sudah dapat membantu pertumbuhan tulang anda dan bisa dijadikan sebagai pengganti susu. Sehingga secara tidak langsung, Kolang kaling juga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sudah lanjut usia, Agar tulang mereka bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.

3. Melancarkan pencernaan
Pada kolang kaling terdapat kandungan serat yang bisa melancarkan pencernaan dalam tubuh. Sehingga kolang kaling dapat membantu metabolisme dalam tubuh anda. Dan takaran serat yang terkandung pada kolang kaling hingga mencapai 39 %. Ini artinya bahwa kolang kaling sangat baik untuk anda konsumsi, Sehingga membuat proses pencernaan dalam tubuh menjadi lancar.

4. Sebagai obat gatal-gatal
Pada kolang kaling juga terdapat getah di dalamnya, Yang dikenal untuk mengobati gatal-gatal disebabkan bakteri atau kuman. Dengan cara membalurkan getah yang terdapat pada kolang kaling (sebelum dibakar yang nantinya menjadi kolang kaling untuk  dikonsumsi) , Memang cara ini cukup ampuh untuk mengatasi gatal-gatal yang ada pada tubuh anda.

5. Membantu program diet anda
Dengan mengkonsumsi kolang kaling , Ternyata juga bisa membantu program diet anda. Hal tersebut dikarenakan bahwa kandungan gelatin yang terdapat pada kolang kaling memiliki efek kenyang. Sehingga ketika anda memiliki nafsu makan yang berlebihan, Maka hal demikian dapat diseimbangkan dengan cara mengkonsumsi kolang kaling. Dan nafsu makan yang terlalu berlebihan tersebut akan hilang.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar