Makanan Dan Minuman Penyebab Bau Mulut Yang Jarang Diketahui

image: michaelsdental.com
Masalah bau mulut yang tak sedap biasanya terjadi karena kurangnya menjaga diri akan kebersihan pada mulut secara teratur. Namun tak hanya itu saja, Bahwa penyebab seseorang memiliki bau mulut yang tak sedap juga bisa dikarenakan oleh kurangnya asupan air, kadar asam lambung yang tinggi, dan makanan/minuman yang bisa menyebabkan bau mulut itu timbul. Makanan/minuman penyebab bau mulut layaknya bawang merah, bawang putih dan kopi, yang semuanya itu mungkin sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Sehingga bau mulut yang tak sedap akan mengakibatkan kurangnya tingkat kepercayaan diri ketika sedang berbicara kepada orang lain. Bahkan juga bisa menimbulkan suasana yang kurang menyenangkan di antara hubungan persahabatan. 

Namun di lain hal, Mungkin anda masih kebingungan dengan bau mulut yang tak sedap masih menghampiri anda, Padahal beberapa penyebab bau mulut pun sudah anda hindari. Lantas apa penyebab lain yang kerap menjadikan bau mulut tak sedap itu timbul..? Ya, karena secara tak sengaja ada beberapa makanan/minuman yang mungkin jarang diketahui, Ternyata menjadi penyebab bau mulut tak sedap. 

Sehingga perlunya anda menghindari makanan/minuman tersebut agar tidak menjadikan bau mulut tak sedap. Dan inilah beberapa jenis makanan dan minuman penyebab bau mulut tak sedap yang mungkin jarang diketahui.

1. Daging merah
Memang kandungan protein yang terdapat pada daging merah ini sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Namu perlu anda ketahui, Bahwa daging merah juga tak disadari bisa menyebabkan bau mulut yang tak sedap. Bahkan bau yang tak sedap akan semakin parah bila daging merah yang anda konsumsi masih ada yang menempel pada gigi anda yang berlubang.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir untuk mengatasi bau mulut tersebut. Yakni cukup dengan cara mengunyah permen karet, Hal ini sudah bisa mengatasi bau mulut tak sedap yang disebabkan mengkonsumsi daging merah tersebut. Hal demikian karena ketika anda mengunyah permen karet, Maka dari situ bisa menghilangkan partikel makanan dari mulut dan gigi anda. Dan hendaknya anda bisa memilih permen karet mengandung Xylitol, Yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut tak sedap.

2. Alkohol dan minuman berenergi
Dalam hal ini, Minuman berenergi dan alkohol memang bisa membuat bau mulut dan nafas tak sedap. Yang mana jenis minuman tersebut memiliki kandungan yang bisa membuat tubuh anda cepat dehidrasi. Sehingga hal demikian bisa menyebabkan mulut menjadi cepat kering dan produksi air liur pun bisa berkurang. Dan pada akhirnya akan memicu bau mulut yang tak sedap. Apabila anda mengalami bau mulut yang disebabkan oleh minuman tersebut, Maka langkah yang terbaik ialah minum air putih yang cukup.

3. Permen
Kandungan gula pada permen inilah yang biasa menyebabkan bau tak sedap di mulut. Selain itu, Permen juga bisa merusak gigi. Yang mana ketika mulut berinteraksi dengan gula, Maka bakteri yang ada dalam mulut akan mengeluarkan zat berbau seperti sulfur, Yang bisa menjadikan bau tak sedap di mulut. 


Bahkan permen biasa lengket dan bekasnya pun susah hilang, Sehingga akan semakin terus berinteraksi dengan bakteri yang menimbulkan bau tak sedap. Untuk mengatasinya, Setelah mengkonsumsi permen, Hendaknya Anda bisa langsung membersihkan lidah dan gigi dengan cara menggosok gigi. Selain itu anda bisa menggunakan dental floss, Untuk menghilangkan makanan bergula yang masih menempel pada sela-sela gigi anda.

4. Produk susu
Bau produk susu yang kerap sekali masih menempel pada mulut, ini salah satu yang mengakibatkan bau mulut tak sedap. Dan cara mengatasinya  juga cukup aneh, Yakni dengan meminum produk susu juga. Namun dalam hal ini ialah produk susu yang diperkaya  dengan probiotik dan bakteri hidup untuk mencegah bau mulut itu timbul. Produk susu tersebut layaknya yogurt dan sejenisnya.
Artikel Terkait