Cara Jitu Menghilangkan Bau Bawang di Tangan dan Mulut

image: seriouseats.com
Rempah sehat semacam Bawang Merah dan Bawang Putih selalu menjadi idola bagi setiap ibu rumah tangga di Nusantara. Kemungkinan besar banyak orang menggunakan bumbu bawang ini sebagai campuran ke dalam masakan mereka, guna menambah cita rasanya agar lebih nikmat. Tapi cukup disayangkan bila bau bawang terus saja melekat. Padahal seusai mengiris bawang sudah mencuci tangan berkali-kali.

Bau bawang yang tak kunjung menghilang, kerap kali orang menjadi resah karena aroma bekas bawang sangat menyengat. Apalagi ketika bawang dikonsumsi, maka bau yang ditimbulkan seakan-akan bertahan mengendap di mulut, membuat bau nafas yang cukup memilukan bukan…?

Sebenarnya banyak sekali bahan pilihan sebagai cara alami dalam menghilangkan bau bawang yang menempel di tangan, maupun menjadi penyebab bau mulut. Sehingga anda tak usah ragu untuk mengolah  bawang merah maupun putih sebagai penyedap rasa masakan. Bahkan boleh-boleh saja mengonsumsinya secara langsung guna menjadi obat tradisional misalnya. Namun ketika aromanya menimbulkan bau tak sedap di mulut, sekarang sudah dapat dihilangkan dengan cepat dan mudah. 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau bawang yang kerap menempel di tangan dan mulut semacam ini…?

Untuk Mengatasi Bau Bawang Menempel di Tangan Sebagai Berikut :

1. Gunakan Bubuk Kopi
Kegunaan bubuk kopi memang tak hanya berperan sebagai minuman penghilang penat. Bisa juga anda menggunakan bubuk kopi, kemudian ditempelkan ke tangan sebagai penghilang bau seusai mengupas bawang di dapur. 

Caranya :

a.    Sediakan bubuk kopi / ampasnya sebanyak satu sendok teh
b.    Taburkan ke bagian tangan yang berbau bawang secara merata
c.    Diamkan sejenak kira-kira 30 detik
d.    Bilas dengan air sampai bersih

2. Memakai Cuka
Sebagai langkah menghilangkan bau bawang, cuka juga dapat dipergunakan. Tapi ingat, jangan menggunakan cuka secara berlebihan, karena bisa jadi kondisi tangan malah berubah berbau cuka yang juga memiliki efek menyengat seperti bawang putih / bawang merah.

Perhatikan penggunaannya  : 

a.    Ambil beberapa tetes cuka
b.    Balurkan ke tangan
c.    Tunggu selang waktu 30 detik
d.    Bersihkan tangan dengan air

3. Lemon
Bau bawang terbentuk dari senyawa Volatil. Di mana jenis kandungan ini cepat menyebar serta menempel ke bagian-bagian tubuh anda. Sementara bau yang ditimbulkan cukup menyengat ketika mengenai tangan. Nah, Lemon memiliki kandungan asam serta berperan mengusir bau bawang tersebut. 

Cara menerapkan lemon :

a.    Tuangkan sedikit tetesan air lemon ke tangan
b.    Kemudian gosok-gosoklah tangan sampai merata
c.    Lalu mencuci tangan sampai bersih

4. Pasta Gigi
Kandungan dalam pasta gigi tidak serta-merta berguna untuk menjaga kebersihan gigi. Namun keadaan bau di tangan juga mampu dijaga dengan mengoleskan pasta gigi tersebut. Cukup mudah sekali dalam menerapkannya : Oleskan saja pasta gigi ke bagian tangan yang berbau bawang, lalu menggosoknya hingga merata, barulah mencuci tangan.

5. Stainless Steel & Mouthwash
Bak pencuci piring yang terbuat dari Stainless Steel berdasarkan Gerard Craft, yaitu seorang Chef restoran Niche And Taste, St Louis, Amerika memaparkan, Ternyata Stainless mampu difungsikan dalam menghilangkan bau bawang ketika menempel di tangan. Caranya : Gosokkan tangan ke Stainless Steel selama setengah menit, lalu mencuci tangan dan lihat hasilnya.

Mouthwash tak hanya untuk penghilang bau mulut, namun ketika dituangkan ke tangan selama beberapa menit, maka hasilnya bau bawang yang menempel bisa dihilangkan secara maksimal.

Lantas bagaimana jika bau bawang terdapat di mulut, berikut tips menghilangkannya.?

image : positiveandhealthymindsd.com
1. Minum Susu
Selain menyehatkan bagi tubuh, minum susu setelah makan bawang mampu berguna menghilangkan sisa-sisa bau bawang tersebut dengan lebih mudah. Karena minuman berlemak juga cukup berkhasiat dalam menghilangkan Volatil pada bawang yang menyebabkan bau di mulut. Namun produk susu yang disarankan yaitu jenis susu diperkaya Probiotik serta terkandung bakteri pencegah bau mulut, layaknya Yoghurt atau sejenisnya.

2. Minum Jus Buah-buahan Segar
Seperti jus nanas, apel, pir dan sebagainya, memiliki peranan penting guna menghilangkan bau tak sedap sehabis makan bawang. Mengonsumsi buah-buahan tentunya cukup menyegarkan bagi tubuh bukan…?. Bahkan buah-buahan segar sangat baik demi menyempurnakan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh.

3. Menyeduh Teh Hijau
Polifenol tentu membuat teh hijau sangat bermanfaat bagi tubuh. Senyawa alami ini ternyata mampu menyingkirkan bau bawang yang menyebar di mulut. Senyawa penyebab bau mulut pada bawang akan ternetralisir dengan menyeduh segelas teh hijau sambil menemani waktu senggang Anda.

Oleh sebab itu, jangan khawatir akan bau menyengat yang disebabkan bawang. Karena penting sekali rempah-rempah seperti bawang ini bagi tubuh. Jadi ketika bawang menimbulkan bau tak sedap, baik di tangan maupun mengganggu kesegaran napas, maka anda bisa mengambil langkah-langkah tadi untuk menyingkirkannya.
Artikel Terkait