Tips Agar Tidak Pegal Berkendara Saat Mudik

Sungguh indah dan merupakan momen yang tak bisa dilewatkan bagi semua orang untuk berkumpul bersama keluarga yang ada di kampung halaman, di saat lebaran tiba. Mengemasi barang-barang kemudian berangkat mudik untuk meluapkan rasa kangen terhadap kampung halaman memanglah suatu hal yang lazim.

Tak peduli tentang jarak yang jauh hingga ratusan kilometer sekalipun, Tentunya kebanyakan orang akan tetap betekad untuk mudik, Meskipun mereka tidak mendapatkan tiket kendaraan umum. Sehingga dengan  menggunakan kendaran pribadi pun tetap dilakoni, Karena hanya pada setiap tahun disaat menjelang lebaran itulah mereka bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Akan tetapi, Pada saat menyetir kendaraan pribadi untuk mudik, Kebanyakan orang masih kerap mengalami masalah. Yakni tubuh kerap sekali kaku dan tegang  yang dikarenakan oleh posisi duduk yang sulit berubah ketika di dalam kendaraan. Bahkan menyetir kandaraan selama berjam-jam ‘’nonstop’’ juga bisa menghabiskan tenaga dan membuat otot-otot pada tubuh menjadi pegal.

Apalagi bila mengalami macet dalam perjalanan, Maka bisa lebih memperkeruh suasana disaat mudik. Oleh karena itu, Seorang dokter spesialis fisik dan rehabilitasi medik, Yakni Arif Soemarjono memberikan beberapa tips untuk mencegah nyeri otot, Bahkan cidera bagi anda yang sedang menyetir kendaraan di saat mudik. Tips ini dilakukan agar bisa menjalani perjalanan mudik dengan aman dan nyaman hingga sampai tujuan.

Berikut Ulasannya:

1. Bagi pengendara mobil
Untuk pengendara mobil, Hendaknya bisa menaruh bantal di pinggang dan tidak usah terlalu bergaya untuk menyetir mobil dengan posisi jauh dari setir. Hal demikian sesuai apa yang telah disarankan oleh Dokter Arif. Sehingga anda bisa selalu mendekatkan badan dengan setir pada saat mengendalikan mobil tersebut. 

Kemudian hendaknya anda tidak usah menempatkan penyangga kepala hanya sampai tengkuk, Sehingga posisikan headres hingga ke atas kepala agar anda tidak sampai mendongak dalam menyetir mobil tersebut. Hal demikian oleh Dokter Arif dianggap cara yang cukup efektif untuk mengatasi rasa tegang pada leher pada saat menyetir. Selain itu, Usahakan untuk tidak memakai sepatu pada saat menyetir, Sehingga anda bisa menggunakan sandal agar tidak mengalami pegal, Dan peredaran darah pun bisa menjadi lancar pada saat mengendarai mobil.

2. Bagi pengendara motor
Agar bisa lebih aman dan nyaman pada saat mengendarai motor, Maka hendaknya anda bisa menggunakan korset, Yang mana fungsi dari korset itu sendiri bisa membuat posisi tubuh menjadi tetap tegak disaat mengendarai motor. Kemudian anda bisa beristirahat setiap menempuh jarak 40 kilometer sekali. Hal demikian sesuai dengan saran Dokter arif, Agar kondisi tubuh  tetap selalu terjaga dengan baik pada saat mengendarai motor.

Selain itu, Hendaknya anda juga melakukan peregangan otot, Dan bisa anda terapkan dengan cara melakukan gerakan pemanasan, Yang semuanya itu bertujuan agar otot tidak menjadi tegang pada saat mengendari motor.

Sumber: cnnindonesia
Artikel Terkait