Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari 6 Kesalahan Dalam Memasak Sayuran

image: chefsequipmentemporium.com
Jenis menu makanan saat ini memang memiliki variasi yang cukup kompleks. Yang mana salah satu bahkan lebih dari jenis sayuran bisa dimasak menjadi berbagai macam menu makanan, sesuai dengan selera masing-masing. Namun untuk bisa mendapatkan vitamin dan gizi yang terdapat pada sayuran tersebut agar tetap utuh,  memang tidak semudah anda membalikkan telapak tangan. Bahkan  terkadang masih ada sebagian orang yang melakukan kesalahan dalam memasak sayuran, sehingga dari situ tak sengaja membuat nilai gizi dan vitamin yang terdapat pada sayuran tersebut pudar atau rusak. 

Dengan demikian, perlunya anda untuk selalu teliti dan tepat dalam memasak sayuran ini sangatlah penting. Hal itu agar disaat sayuran tersebut dimasak menjadi menu makanan, kandungan gizi dan vitaminnya yang ada di dalamnya bisa tetap utuh. Sehingga hal demikian akan berguna untuk memenuhi asupan bagi tubuh anda ketika dikonsumsi. Dan inilah 6 kesalahan yang harus anda hindari ketika memasak sayuran.

1. Suhu terlalu panas
Dalam memasak sayuran yang digoreng dengan menggunakan minyak zaitun misalnya, Hendaknya suhu kompor janganlah terlalu panas. Hal demikian karena bila suhu kompor yang terlalu panas pada saat memasak sayuran, maka akan menciptakan rasa gosong pada makanan. Bahkan kandungan antioksidan yang teradapat pada sayuran akan menjadi pudar dan rusak. Sehingga bila anda memasak sayuran layaknya tumisan, hendaknya gunakanlah suhu kompor yang sedang saja.

2. Menggunakan segala jenis minyak
Memasak sayuran dengan cara menumis, memang bisa mempertahankan kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran tersebut. Namun perlu anda ketahui tentang minyak yang akan anda gunakan untuk menumis sayuran. Bahwasannya bila anda menumis dengan menggunakan minyak sembarangan yang memiliki lemak tak jenuh, layaknya minyak biji bunga matahari dan canola, maka akan bisa teroksidasi dalam pemanasan tinggi. Sehingga masakan sayuran tersebut bisa berubah menjadi racun. Dengan demikian pilihlah minyak yang tepat dan sehat dalam memasak sayuran, selain minyak yang tersebut di atas.

3. Telalu lama dalam memasak
Hal demikian memang salah satu kesalahan yang cukup umum dalam memasak sayuran. Hal itu karena bila anda terlalu lama dalam memasak sayuran, maka tidak hanya warna sayuran saja yang pudar, bahkan bisa menjadikan sayuran tersebut menjadi lembek dan pucat. Sehingga dari situ semua akan bisa menghancurkan sebagian nutrisi yang terkandung dalam sayuran tersebut. Oleh sebab itu dalam memasak sayuran ini, usahakan jangan terlalu lama, sehingga tidak sampai menjadikan kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran pudar.

4. Mengupas sayuran sebelum dimasak
Tahukah anda, bahwa mengupas kulit pada sayuran secara tidak langsung anda berarti sudah membuang sebagian kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran itu sendiri. Dan terkadang ada kandungan lain yang tidak bisa anda dapatkan pada bagian daging sayuran tersebut. Dengan begitu, agar semua nutrisi yang terdapat pada sayuran tersebut bisa anda dapatkan secara maksimal, hendaknya janganlah mengupas pada kulit sayuran tersebut. Yakni cukup mencuci sayuran dengan air hingga bersih sebelum memasaknya.

5. Memanggang sayuran yang kurang tepat
Memang kegiatan memanggang sayuran ini, merupakan cara memasak sayuran yang sehat. Hal itu karena tidak perlu membutuhkan minyak layaknya menumis sayuran. Akan tetapi penggunaan suhu yang terlalu tinggi pada saat memanggang sayuran, juga bisa menyebabkan kandungan nutrisi yang ada pada sayuran tersebut lenyap dan pudar. Bahkan bila memanggang sayuran sampai gosong, justru dapat menimbulkan produksi karsinogen yang tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu dalam memanggang sayuran ini, maka gunakanlah panggangan yang berbahan stainless, agar suhu panas bisa terukur secara tepat.

6. Memakai minyak terlalu berlebih
Bila anda menambahkan terlalu banyak minyak atau mentega dalam menumis sayuran, maka hal demikian malah bisa meningkatkan kandungan kalori dengan cepat. Karena pada dasarnya sayuran yang sehat adalah rendah kalori. Untuk itu dalam memasak sayuran, hendaknya anda menggunakan cukup satu sendok makan minyak dengan menambahkan air dalam menumis sayuran.