7 Manfaat Sayur Kecipir Bagi Kesehatan Tubuh

image: flickr / Dolf Versteegh
Memang cukup kompleks tawaran yang diberikan oleh jenis sayuran kecipir ini bagi kesehatan tubuh anda. Dimana kecipir sendiri merupakan tumbuhan yang merambat, memanjat dan bisa juga membentuk semak hingga berusia tahunan. Dan tumbuhan ini nantinya akan bisa menghasilkan buah atau pucuk daun muda yang kerap dijadikan sayuran bagi kebanyakan orang.

Sebenarnya sayur kecipir ini memiliki nama ilmiah yakni Psophocarpus tetragonolobus, yang ternyata kandungan di dalamnya menjadi obat alami bagi kesehatan tubuh. Bahkan jenis sayuran ini mudah sekali untuk anda temukan, Karena banyak petani yang sudah membudidayakannya hingga ke plosok daerah, terutama di Nusantara. Sehingga membuat sayur kecipir menjadi lebih mudah untuk dimanfaatkan oleh kalangan masayarat bagi kesehatan tubuh mereka. 

Oleh karean itu, ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi jenis sayuran kecipir. Yang semuanya itu, pastinya akan bisa memenuhi asupan gizi pada tubuh anda.
Dan inilah 7 manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi sayur kecipir bagi kesehatan tubuh.

1. Sebagai antioksidan
Tahukah anda, bahwa kandungan tokoferol yang terdapat pada jenis sayuran kecipir ini, ternyata mampu berperan sebagai antioksidan. Dimana hal demikian sangat baik sekali bagi kesehatan ibu hamil dan menyusui untuk mencegah anemia. Sehingga mengkonsumsi sayur kecipir ini akan bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap baik dan sehat.

2. Memperkuat tulang anda
Dimana pada kandungan kalsium yang terdapat pada sayur kecipir ini, sangatlah tinggi. Sehingga dari situ bisa anda manfaatkan untuk memperkuat kondisi tulang anda. Hal demikian karena kalsium yang terdapat pada jenis sayuran ini, bisa membantu untuk membangun tulang agar bisa lebih kuat. Sehingga dari situ sayur kecipir juga bisa membantu tubuh untuk menghasilkan energi secara maksimal meskipun dalam keadaan lemas dan sakit.

Oleh karena itu, sering mengkonsumsi sayur kecipir ini, bisa anda jadikan bahan alami untuk menyehatkan tulang dalam tubuh anda.

3. Bisa menjadi obat tetes mata dan telinga
Dengan cara anda menggunakan sayur kecipir ini, memang mampu untuk menjadi obat alami sebagai tetes mata dan telinga. Hendaknya anda bisa menyiapkan beberapa sayur kecipir, kemudian rebus dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih. Selanjutnya diamkan selama beberapa menit hingga dingin, barulah anda bisa menggunakannya sebagai obat tetes mata dan telinga.

4. Menjadi sumber folat
Sayuran kecipir ini, memang sudah menjadi sumber akan kandungan folat di dalamnya. Yang mana fungsi dari folat itu sendiri akan menjadi komponen penting untuk sintesisi DNA, atau bisa dikatakan sebagai pembelahan sel. Dan perlu anda tahu, bahwa folat itu sendiri merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama pada saat proses kehamilan. Sehingga akan membantu untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang akan lahir nantinya. Maka bagi ibu hamil, mengkonsumsi sayur kecipir, memang sangat baik bagi kesehatan janin.

5. Sebagai obat alami untuk mengatasi bisul
Perlu anda ingat, selain kecipir dijadikan sebagai sayuran, maka bisa juga anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi bisul yang mungkin anda alami. Yakni cukup siapkan 5 hingga 10 helai kecipir, kemudian campurkanlah dengan adas pulosari. Setelah itu lembutkan sampai halus, kemudian barulah anda mengoleskannya pada bagian area tubuh yang terkena bisul tersebut. 

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Di dalam sayuran kecipir ini, ternya juga diperkaya oleh vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga dari situ akan bisa berguna untuk memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh anda. Dan pada akhirnya juga bisa membantu tubuh melawan infeksi. Bahkan sayur kecipir juga bisa melindungi tubuh akan terkena kanker dan menjaga elastisitas pembuluh darah dalam tubuh.

7. Kaya akan lemak baik
Pada dasarnya tidak semua lemak itu buruk bagi kesehatan. Layaknya seperti lemak yang terkandung pada sayur kecipir ini, diperkaya akan lemak baik seperti lemak jenuh, mono lemak jenuh, dan lemak tak jenuh ganda, yang semuanya itu bisa menyehatkan tubuh anda. Sehingga mengkonsumsi sayur kecipir ini bisa anda manfaatkan dalam memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar