5 Posisi Tubuh Yang Tepat Saat Gunakan Gadget

image: lifedesignedit.com
Peran penting teknologi layaknya gadget ini, memang suatu barang yang cukup digemari oleh khalayak umum. Dimana para orang tua juga memiliki inisiatif kepada anak-anaknya dan memberikan mereka sebuah gadget agar mereka tidak bermain keluar rumah. Yang mana dengan gadget itulah anak-anak mereka bisa lebih aktif untuk betah tinggal di rumah dan terjaga dari pergaulan bebas masa kini. Namun penggunaan gadget yang kurang tepat, juga bisa memberikan dampak yang tidak baik bukan…?, Yang mana posisi tubuh yang kurang tepat pada saat anda menggunakan teknologi ini , bisa mengganggu kesehatan tubuh. 

Beberapa penyakit pun akan timbul, bila anda kurang memperhatikan posisi tubuh di saat menggunakan gadget ini. Diantaranya nyeri pada tulang belakang yang dialami oleh orang dewasa, masalah kesehatan mata, leher rentan keseleo, dan lainnya. Yang mana semuanya itu pasti bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh anda.

Oleh karena itu dalam menggunakan gadget, setidaknya anda mengetahui tentang posisi tubuh yang tepat, agar anda bisa lebih nyaman dan aman pada saat mengoperasikan teknologi yang satu ini. Dan inilah 5 posisi tubuh yang tepat pada saat menggunakan gadget.

1. Duduk dengan sikap yang benar
Dalam menggunakan gadget dengan duduk, hendaknya anda bisa menentukan sikap yang tepat. Yakni usahakan posisi kepala berada segaris dengan batang tubuh. Kemudian menghadap ke arah depan. Setelah itu, hendaknya bahu rileks dengan lengan bagian atas berada pada kedua sisi tubuh anda. Kemudian barulah anda melipat siku hingga 90 derajat. Dengan demikian, posisi yang seperti ini bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

2. Posisi duduk jika menggunakan kursi
Untuk menggunakan gadget dengan posisi tubuh duduk di atas kursi, maka usahakan untuk membuat tubuh dan otot anda memiliki posisi yang benar. Yakni usahakan tinggi tempat duduk bisa sesuai dengan tinggi pinggul anda. Kemudian tapakkan alas kaki dengan lurus pada lantai. Setelah itu, anda bisa memastikan bahwa sandaran dari tempat duduk tersebut, mampu menyangga tulang belakang pada tubuh anda.

3. Posisi mata dengan layar gadget
Ketika menggunakan gadget, setidaknya anda harus memposisikan layar pada gadget sejajar dengan mata. Sehingga dari situ akan meminimalkan terjadinya kontraksi otot bahu dan leher anda. Dengan begitu, anda bisa lebih nyaman saat menggunakan teknologi tersebut.

4. Melakukan peregangan
Jika anda terlalu lama memandang layar pada gadget, tentunya hal demikian akan bisa membuat bahu, punggung, dan otot leher anda menjadi tegang bukan…?, Dengan demikian anda bisa menyelinginya dengan cara melakukan relaksasi di sela-sela aktifitas gadget ini. Dimana anda bisa melakukan peregangan setiap satu jam sekali selama lima menit. Sehingga semua organ tubuh terutama otot, bahu, serta punggung tidak mudah mengalami kelelahan.

5. Atur posisi saat menerima panggilan berdurasi lama
Ketika anda menerima panggilan telepon dengan durasi yang lama, sebaiknya anda menggunakan headset. Sehingga anda bisa lebih nyaman meskipun berbicara dengan waktu lama. Dan perlu anda ingat, bahwa hendaknya pada saat berbicara melalui telepon, anda tidak menjepit telepon di bahu. Yang mana hal demikian hanya akan menyebabkan otot, bahu, dan leher anda bisa tegang. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan dampak tidak baik bagi kesehatan tubuh anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar