Bersihkan Usus Dengan 5 Jenis Makanan Ini

image: foodfactsindex.com
Kesehatan usus harus benar-benar dijaga dengan baik. Usus merupakan salah satu organ sistem pencernaan yang bisa saja menjadi kotor. Karena sebagai tempat menyimpan kotoran atau sisa-sisa makanan yang dikonsumsi, maka tidak heran jika saluran usus bisa berubah menjadi kotor. Seperti halnya sebuah saluran selang, yang semakin lama dialiri oleh air, maka selang tersebut akan menjadi berlumut. Begitu juga dengan usus, semakin lama maka kerak ini akan terbentuk. 
 
Dan tahukah anda, ketika usus sudah berkerak dengan sisa-sisa kotoran, maka kerak tersebut menjadi penyebab utama dari munculnya beragam penyakit. Mulai dari kanker usus, dan beberapa jenis penyakit kronis lainnya. Selain itu, usus yang kotor juga memicu terjadinya penyakit pada sistem pencernaan. 
 
Kerak usus tersebut bisa terjadi pada siapa saja, terutama bagi mereka yang hobi menyantap makanan berlemak tinggi. Sementara, Lemak dan kolesterol akan membuat saluran usus menjadi lebih kotor. Untuk membersihkan saluran usus, kita bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan khusus, Sehingga kondisi usus dalam tubuh akan tetap sehat.
 
Ketahuilah, makanan olahan ataupun makanan cepat saji ternyata sangat minim akan nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tak bisa dipungkiri, banyak orang yang lebih hobi menyantap makanan jenis ini, karena lebih simpel di saat kondisi sedang lapar. Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan berlebih, ternyata akan berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan, terutama pada organ usus. Yang mana semuanya itu lama-kelamaan kotoran atau kerak akan terus menumpuk dalam usus. Untuk itu anda perlu mengonsumsi 5 jenis makanan berikut ini agar bisa membantu membersihkan semua kotoran dalam usus.
 
1. Bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan. Bawang putih ini menjadi salah satu jenis makanan yang mampu membersihkan usus besar. Di dalam bawang putih mengandung sifat anti-virus, kemudian anti bakteri dan juga anti parasit. Sehingga mampu mencegah berkembangnya bakteri di dalam usus. Bawang putih bisa dikonsumsi dalam bentuk bawang goreng, ataupun dimakan secara mentah. Senyawa-senyawa di dalam bawang putih tersebut mampu membunuh patogen, membuang racun, dan juga parasit di dalam saluran pencernaan atau usus.
 
2. Teh hijau
Teh hijau termasuk salah satu jenis minuman yang mengandung antioksidan tinggi. Minuman ini mampu meningkatkan fungsi usus, sehingga akan membantu membersihkan saluran usus. Sehingga tidak heran jika teh hijau ini sangat disarankan bagi mereka yang sedang menjalani proses diet.
 
3. Lemon
Buah lemon mengandung citrus dan antioksidan tinggi. Dengan mengonsumsi jus lemon, maka racun di dalam usus akan terbuang dengan sendirinya.
 
4. Sayuran hijau
Perlu diketahui, bahwa sayuran hijau ini mengandung serat yang mampu melindungi saluran pencernaan. Berbagai kotoran yang menempel di dalam usus besar, akan berkurang ketika seseorang mengonsumsi sayuran hijau. Selain itu, sayuran hijau juga mampu menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga menghilangkan bakteri dari usus besar.
 
5. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang mengandung banyak vitamin dan mampu membuat tubuh lebih sehat. Hal ini karena kandungan omega-3 di dalam buah alpukat mampu melumasi dinding usus. Selain itu, Alpukat juga mampu mencegah perkembangan racun yang menempel pada dinding usus.
 
Nah, Membersihkan usus tidak harus selalu dengan membeli obat-obatan yang mahal. Pasalnya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan di atas, anda akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya akibat usus yang kotor. Untuk menjaga kesehatan usus, anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat, dan mengurangi konsumsi makanan cepat saji ataupun makanan junk food.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar