Terapkan 6 Kebiasaan Sehat Ini Pada Anak

image: pumpitdown.co.uk
Perkembangan dan pertumbuhan pada anak,  memang harus disuplai dengan gaya hidup sehat sejak mereka di usia dini. Hal demikian karena pengajaran pada anak yang dimulai sejak dini tentang hidup sehat, nantinya bisa membuat mereka lebih memperhatikan akan pentingnya kesehatan, baik itu ketika mereka telah mencapai usia remaja maupun dewasa. Yang mana kesehatan juga merupakan pilar akan kualitas dari pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal tersebut bertujuan agar anak bisa memiliki daya pikir maksimal dan tubuh sehat, yang tentunya sesuai dengan harapan anda sebagai orang tua. 

Namun terkadang ada juga sebagian anak yang cenderung enggan untuk menerapkan gaya hidup sehat ketika ia mencapai usia remaja, bahkan hingga di saat mereka dewasa. Sehingga dari situ  kesehatan tubuh dan pola fisik mereka mengalami gangguan. Oleh karena itu, perlunya anda sebagai orang tua untuk  melatih anak sejak dini akan pentingnya kebiasaan sehat, sangatlah dibutuhkan. Dan inilah 6 kebiasaan sehat yang perlu diterapkan anak mulai sejak dini.

1. Menggosok gigi
Dalam mendidik anak, hal yang seharusnya anda ajarkan pada anak yakni menggosok gigi. Yang mana kebiasaan sehat ini memang ditujukan agar kondisi mulut dan gigi anak bisa terjaga dengan baik dan sehat. Dan hendaknya kebiasaan menggosok gigi ini, paling tidak diterapkan oleh anak minimal dua kali sehari. Sehingga kesehatan mulut dan gigi anak bisa terjaga, serta bisa terhindar gangguan, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjangnya.

2. Mencuci tangan
Untuk menjadikan anak agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang ada, mencuci tangan adalah kebiasaan yang paling dasar untuk diajarkan pada anak mulai dari sekarang. Yang mana bila anak anda rajin mencuci tangan , maka akan menjadikan kondisi kesehatan anak bisa terjaga dengan baik. Bahkan bila kebiasaan ini diterapkan pada anak sejak dini, maka anak akan bisa memiliki gaya hidup sehat yang lebih berkualitas.

3. Tidur yang cukup
kebiasaan ini memang perlu untuk diterapkan pada anak sejak dini, agar mereka memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dan bugar. Hal tersebut karena jika anak memiliki kebiasaan kurang tidur, maka bisa menjadikan tubuh anak akan terserang berbagai macam penyakit yang ada. Yang mana daya imunitas tubuh anak bisa menurun yang disebabkan oleh waktu tidur yang kurang. Oleh karena itu, hendaknya anda bisa mengajarkan anak untuk tidur lebih awal dengan waktu yang cukup dan teratur.

4. Mengkonsumsi makanan sehat
Untuk menjadikan daya tahan tubuh anak  bisa terjaga dengan baik, maka pastikanlah asupan yang dikonsumsi memiliki nilai nutrisi yang mumpuni. Dan hendaknya anda bisa mulai mengajarkan anak untuk rajin makan buah dan sayuran hijau. Yang mana semua jenis makanan tersebut dapat membantu tubuh anak memiliki daya imunitas yang kuat. Sehingga bisa terhindar dari beberapa penyakit yang sering menghampiri kesehatan tubuh anak.

5. Rajin berolahraga
Agar sistem kekebalan tubuh anak bisa meningkat, maka anda bisa mengajari anak untuk membiasakan rajin berolahraga. Sehingga kebiasaan ini nantinya akan bisa terbawa sampai anak menjelang remaja dan dewasa. Dan setidaknya anda tidak membiarkan bila anak sering diam atau bahkan sibuk main video game dan nonton TV terlalu lama. Oleh karena itu, luangkan waktu anda untuk mengajak anak berolahraga, sehingga mereka bisa terbiasa untuk menerapkan kebiasaan ini hingga jangka panjang.

6. Pergi ke dokter
Perlu Anda tahu, bahwa biasanya ada juga anak yang pernah ketakutan bila diajak ke dokter. Hal demikian karena kebiasaan ini bagi anak merupakan hal yang cukup menakutkan. Oleh karena itu, hendaknya anda selalu mengajarkan kepada mereka bahwa kesehatan itu sangat penting agar tidak mudah sakit dan bisa tetap ceria. Sehingga lambat laun anak sudah tidak merasa takut bila diajak ke dokter demi kesehatan mereka.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar