7 Cara Alami Dalam Menghentikan Diare

image: humannhealth.com
Diare merupakan salah satu penyakit berbahaya dalam jangka pendek. Seseorang yang terserang diare bisa meninggal dunia hanya dalam waktu singkat. Diare ini terjadi akibat adanya bakteri yang berkembang di dalam sistem pencernaan. Siapa saja bisa terserang diare, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Penyakit ini ditandai dengan buang air besar dalam waktu lebih sering. Biasanya berak yang dikeluarkan ini berupa cairan ataupun tinja yang teksturnya sangat lembek. Sementara ketika diare menyerang, tubuh pun akan menjadi lemas karena terlalu sering berak. 
 
Disamping itu, diare juga memicu berkurangnya cairan di dalam tubuh. Serangan yang kronis bisa membuat seseorang tidak bisa merasakan bahwa dirinya sedang berak. Jika kondisi kronis ini sudah terjadi, maka harus segera dibawa ke dokter untuk pertolongan medis. Hal yang lebih parah, Kehabisan cairan akibat diare akan menyebabkan seseorang meninggal dunia. Oleh sebab itu, ketika anda mengalami diare harus lakukan pengobatan secepat mungkin. Untuk menghindari pengobatan kimia, anda juga bisa menggunakan bahan alami dalam mengatasi diare.
 
Meskipun diare menjadi salah satu penyakit yang umum terjadi, namun ketahuilah bahwa penyakit ini berbahaya. Penyakit diare bisa terjadi akibat keracunan, konsumsi makanan terlalu pedas, hingga perubahan iklim yang bisa membuat seseorang terserang diare. Maka, Jika anda mengalami diare dan tidak kunjung berhenti, maka ketahuilah beberapa cara alami berikut ini :
 
1. Konsumsi minuman elektro
Ketika seseorang mengalami diare dan buang air besar secara terus – menerus, maka bisa kehilangan cairan dan juga mineral di dalam tubuh. Oleh sebab itu, seseorang yang sedang mengalami diare disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung elektro. Misalnya oralit, Yaitu campuran air dengan garam dan juga gula yang sejak lama dipercaya sebagai penghenti diare. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi cairan lemon yang dicampur dengan garam dan gula.
 
2. Hindari konsumsi makanan berserat
Meskipun makanan ini menyehatkan, namun tidak dianjurkan bagi seseorang yang sedang mengalami diare. Karena makanan berserat bisa memperburuk kondisi perut anda saat diare. Dalam kondisi seperti ini, penderita diare disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung serat.
 
3. Minum kopi hitam
Tidak pernah disangka, jika kopi hitam ini mampu membantu menghentikan diare seseorang. Hal demikian karena di dalam kopi hitam mengandung antioksidan yang mampu mendetoksifikasi racun-racun di dalam tubuh.
 
4. Konsumsi campuran yoghurt dengan jintan
Ramuan ini sangat cocok untuk menyembuhkan diare. Karena kedua bahan alami tersebut mampu mengembalikan elektrolit di dalam tubuh.
 
5. Hindari konsumsi produk susu dan olahan makanan dari jenis susu
Hal demikian karena jenis makanan ini mampu memperburuk kondisi tubuh yang sedang diare. Dengan demikian, Penderita diare lebih disarankan untuk mengonsumsi yoghurt yang mengandung bakteri sehat, karena mampu memperkuat usus dalam tubuh.
 
6. Gunakan ramuan alami
Penderita diare juga bisa mengonsumsi jamu dari kunyit dan campuran daun jambu biji muda. Kunyit ini mengandung senyawa khusus yang mampu membantu usus yang sedang mengalami diare.
 
7. Teh tawar hitam
Tahukah anda, teh tawar hitam itu mampu mengatasi diare yang tidak kunjung berhenti. Konsumsilah teh tawar ini secara rutin supaya diare bisa berhenti dengan baik.
 
Beberapa cara yang dijelaskan di atas, akan sangat membantu anda untuk meringankan masalah diare. Cara-cara alami di atas, Merupakan solusi bagi anda jika tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia. Sementara, Untuk memulihkan kondisi tubuh yang masih lemas, seseorang disarankan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar