6 Fakta Menarik Tentang Urin Yang Harus Diketahui

image: mindblowingfacts.info
Tidak pernah disangka jika urin menyimpan sejumlah fakta-fakta yang menarik dan belum diketahui banyak orang. Sudah tahu kan anda apa itu urin?, Ya urin merupakan air kencing atau seni dan termasuk cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal. Kemudian dikeluarkan oleh tubuh melalui proses urinasi. Dalam ekskresi urin, dibutuhkan beberapa molekul sisa yang ada di dalam darah untuk menjaga homeostasis atau cairan tubuh. 

Seseorang dikatakan sehat jika bisa mengeluarkan urin lebih dari 2 kali dalam satu harinya. Karena, melalui urin inilah racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh bisa keluar. Sehingga ketika seseorang tidak bisa kencing secara rutin, maka tubuhnya akan menjadi kurang sehat atau lebih mudah terserang penyakit. 

Mengeluarkan urin atau berkencing merupakan aktifitas yang tentu dilakukan setiap hari. Bahkan urin menjadi suatu agenda wajib yang harus dilakukan supaya kondisi tubuh tetap sehat. Meskipun setiap hari kita mengeluarkan urin, namun tahukah anda apa saja kandungan di dalam urin ini..?, Sebelum mengulas tentang fakta urin, ketahuilah kandungan zat yang terdapat pada urin berikut :

- Air, Dimana kandungan air di dalam darah dikeluarkan melalui urin ketika jumlah konsentrasi terlalu tinggi.

- Garam (NaCl), Zat ini terkandung di dalam urin dimana pembuangan garam ini bertujuan untuk menjaga konsentrasi garam, supaya tidak berlebihan.

- Urea, Di dalam urin mengandung urea sebanyak 9,3 g/L yang diperoleh dari hasil perombakan protein.

- Asam urat, Kandungan ini didapatkan oleh ginjal, Juga dari perombakan protein.

- Amonia, Ini merupakan zat yang menimbulkan bau pada urin.

- Obat-Obatan, Zat tersebut dibuang melalui urin supaya tidak menjadi racun di dalam tubuh. Oleh sebab itu, biasanya setelah minum obat urin kita memiliki bau seperti obat.

- Asam klorida, Zat ini terkandung dalam urin sebanyak 1,87 g/L.

- Sodium sebanyak 1,17 g/L

- Nitrogen

- Asam Sulfat

- Kreatinin sebanyak 0,67 g/L, Kandungan ini merupakan limbah dari darah

- Fosfor

Nah..., Setelah mengetahui kandungan apa saja di dalam urin, kini anda harus mengetahui fakta menarik di dalam urin yang sebelumnya belum anda ketahui :

1. Kandung kemih ternyata mampu menyimpan sekitar 2 cangkir urin setiap beberapa jam. Ketika jumlah urin di dalam kandung kemih meningkat, maka akan menimbulkan rasa ingin buang air kecil. 

2. Ketika urin menimbulkan bau amoniak yang sangat menyengat, itu tandanya anda mengalami dehidrasi. Sementara, jika urin berbau busuk bisa berarti anda mengalami infeksi kandung kemih. Selain itu, seseorang yang mengalami infeksi hati juga bisa mengeluarkan urin dengan bau sangat menyengat. Untuk itu, jika anda mengeluarkan urin yang berbau menyengat terus menerus, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter.

3. Dari sebuah penelitian, Umumnya dalam satu hari seseorang mengeluarkan 6 liter urin. Ini biasa terjadi pada semua orang.

4. Secara umum, urin akan disimpan dalam kandung kemih selama 3 hingga 5 jam. Namun akan tergantung dengan cairan yang dikonsumsi oleh seseorang. Semakin banyak mengonsumsi air, maka seseorang akan kencing dalam waktu lebih sering.

5. Setiap kali kandung kemih penuh, akan mengirim sinyal ke otak sehingga seseorang akan segera buang air kecil.

6. Ketika seseorang memasuki usia tua, maka akan lebih sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan Hormon estrogen pada wanita, serta testosteron pada pria. Sehingga membuat seseorang menjadi lebih sering dalam buang air kecil.

Selain fakta di atas, urin juga menjadi indikasi dari kesehatan tubuh manusia. Dimana urin yang memiliki warna kuning keruh, bisa dijadikan sebagai tanda jika ginjal mengalami masalah. Oleh sebab itu, anda bisa mengamati warna urin setiap kali buang air kecil, demi mengetahui kondisi kesehatan organ tubuh anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar