Mengulik 5 Suara Misterius Yang Terjadi Pada Tubuh Anda

image: news.discovery.com
Perubahan pada tubuh, pastinya memiliki  sebab yang menjadikan hal itu bisa terjadi. Yang mana hal demikian tidak ada bedanya dengan beberapa suara yang ditimbulkan oleh tubuh, dan mungkin hal itu masih menjadi teka-teki bagi anda. Namun setiap suara yang ditimbulkan oleh tubuh ini memiliki berbagai macam variasi, yang tentunya perlu adanya penjelasan secara gamblang dalam memahami tiap-tiap suara tersebut. 

Perlu anda ketahui, bahwa dari beberapa suara yang  ditimbulkan tubuh, ternyata bisa menjadi potensi untuk pertanda baik, dan adakalanya juga bisa menjadi pertanda pada permasalahan tubuh. Oleh karena itu mengetahui beragam jenis suara yang terjadi pada tubuh, memang menjadi hal yang penting bagi anda, agar nantinya anda bisa mengenali setiap suara yang muncul.

Sehingga dari situ anda bisa menentukan  pertanda yang ada pada tubuh secara tepat, baik itu kondisi tubuh dalam keadaan sehat atau sebaliknya. Seperti dilansir pada laman today.com, inilah 5 arti suara  pada tubuh yang perlu anda ketahui.

1. Dengung di telinga
Suara dengung yang biasanya terjadi pada salah satu telinga bahkan kedua telinga anda, biasanya hal ini dikarenakan oleh terjadinya sel telinga bagian dalam mengalami kerusakan. Yang mana hal tersebut bisa juga dikenal dengan istilah tinnitus. Dan perlu anda tahu, jika pada saat  rambut halus yang ada di bagian dalam telinga ini tertekuk atau patah, maka akan bisa membocorkan implus listrik acak ke otak. Sehingga dari situ akan menghasilkan suara layaknya ilusi atau dengung di telinga anda.

2. Perut bergemuruh
Suara bunyi keroncongan pada perut, hal demikian memang suara udara dan cairan yang digerakkan oleh otot melalui sistem pencernaan anda. Dimana perut akan menjadi semakin berisi bila dalam kondisi kosong. Selain itu, perut bergemuruh bisa juga menjadi pertanda usus dalam tubuh sedang menyapu pada sisa-sisa makanan yang ada. Bahkan bila suara gemuruh diiringi dengan rasa sakit, kram atau mual, maka hal demikian bisa juga menjadi pertanda permasalahan pada kesehatan tubuh anda.

3. Sendawa
Dalam hal ini, bersendawa memang merupakan terjadinya pelepasan udara dari perut. Yang mana hal itu biasanya disebabkan oleh udara yang tertelan karena makan dan minum terlalu cepat. Selain itu, sendawa juga bisa menjadi pertanda akan kebiasaan gugup atau mengalami permasalahan medis, layaknya pada kantung empedu dalam tubuh. Bahkan sendawa tersebut, merupakan adanya peradangan pada lapisan lambung atau infeksi bakteri. Sehingga bisa jadi hal demikian juga menjadi pertanda permasalahan yang cukup serius.

4. Cegukan
Tahukah anda, bahwa cegukan bisa terjadi karena otot memisahkan perut dengan dada, yang mana hal itu penting untuk bernapas. Atau hal tersebut dikenal dengan terjadinya kontraksi diafragma. Pada setiap kontraksi ini, selalu diikuti dengan pita suara yang berhenti secara tiba-tiba, sehingga menghasilkan suara cegukan tersebut. Namun bila cegukan ini berlangsung dengan waktu lama lebih dari 48 jam, maka itu bisa menjadi pertanda akan adanya gangguan pada sistem saraf anda.

5. Sendi bergemeretak
Jika persendian seseorang meletup atau bergemeretak, ini disebabkan oleh tekanan dalam sendi yang sehat dan wajar. Yang mana dari situ akan mengubah dan membentuk gelembung gas yang menghasilkan suara gemeretak tersebut. Dan hal itu bukan suatu pertanda berbahaya bagi tubuh. Namun bila suara gemeretak tersebut dibarengi dengan rasa nyeri, bengkak, atau sensasi terinjak-injak, maka bisa jadi ada permasalahan pada tubuh anda.
Artikel Terkait