Ajaib, Gurun Ini Berubah Jadi Hutan Indah Dalam Waktu Singkat

image: cnn.com
Kejutan tak terduga yang diberikan oleh alam, memang bisa membuat kenikmatan bagi setiap manusia, Sehingga pentingnya untuk dijadikan pembahasan secara detail. Dimana banyak nuansa alam yang cukup mempesona telah disuguhkan agar setiap manusia dapat menikmati di setiap keindahan yang ada. 

Kecintaan manusia terhadap nuansa alam yang indah, memang sudah selayaknya untuk diterapkan. Bahkan banyak hal yang bisa dilihat dari alam  untuk dijadikan obyek yang cukup mengejutkan dan mempesona. Diantaranya gurun pasir di Oman yang terkenal gersang, hingga sampai mata pun tak sempat melihat akan berbagai macam kehijauan di dalamya. Namun keadaan tersebut secara mendadak berubah menjadi hutan yang dipenuhi dengan beragam tumbuhan indah dan mempesona.

Tentu dengan adanya keajaiban alam ini, menjadikan banyak orang tercengang, dan berbagai pertanyaan pun terlontar. Sehingga  rasa ingin tahu akan asal mula perubahan gurun tersebut, semakin menjadi pembahasan yang cukup heboh di kalangan masyarakat yang ada di dunia.


Hal demikian merupakan suatu pemandangan yang hanya bisa dirasakan satu kali dalam setahun. Dimana gurun yang nampak gersang dan tandus ini, selama tiga bulan berubah drastis menjadi hutan rimbun. Dan hutan tersebut dipenuhi dengan keindahan dan penuh dengan udara sejuk di dalamnya, Ibarat zamrud surga yang indah. Fenomena ajaib ini berlokasi di Salalah, Sehingga fenomena tersebut dinamakan Salalah Monsoon atau Salalah khareef
image: omanobserver.om
Terjadinya fenomena ini hanya bisa dinikmati selama tiga bulan saja. Dimana selama Sembilan bulan, daratan ini menjadi tandus kering tanpa adanya sehelai tumbuhan di dalamnya. Kemudian mulai akhir bulan Juli hingga awal September, berubah menjadi hutan rimbun yang sejuk dan indah. Hal demikian karena di bulan-bulan tersebut suhu daratan yang awalnya mencapai 50 derajat celcius, berubah hingga menjadi 20 derajat celcius. Sehingga udara panas secara spontan berubah sejuk dan segar. 

Hal demikian memang sesuai apa yang telah diungkapkan oleh Andrew Anderson, yakni seorang arsitek Lanskap dari Oman Botanic Garden menjelaskan bahwa “ Lereng hutan ini memang merupakan keajaiban global sejati. Sehingga selama waktu Sembilan bulan dalam setahun, daratan ini menjadi daratan tandus tanpa ada sehelai daun di dalamnya. Namun jika sampai waktu musim hujan tiba, daratan ini berubah menjadi hutan yang padat dengan vegetasi ” .

Selain itu,  Anderson juga menunjukkan bahwa daratan tersebut juga terkadang diselimuti oleh kabut yang tebal. Sehingga keberadaan daratan ajaib ini memang sebuah panorama alam yang natural dan indah, serta mempesona. Dimana surga hijau ini juga terbentang hingga 249 kilometer di atas hamparan bukit berumput Salalah, dan  berpenghuni / berpenduduk orang Jibbali, Yang mana sudah bertempat tinggal di daratan tersebut sejak ratusan tahun silam.

Akan tetapi jika dalam kondisi kering, Salalah tidak memiliki danau dan sungai yang terus mengalir. Namun ketika telah sampai di musim hujan, Akan terdapat air terjun dadakan yang bisa mengubah gurun gersang tersebut menjadi hutan hijau yang indah dan mempesona.
Artikel Terkait