Inilah 3 Perkara Yang Paling Baik Di Akhir Zaman

image: wallpapers.ae
Kemunduran akhlak umat manusia yang terjadi pada akhir zaman memang cukup memprihatinkan. Dimana banyak orang yang sudah mulai rakus dan tidak mau mengenal akan perkara-perkara yang batil, Sehingga mereka pun hanya berpikir  pada kepuasan belaka. Bahkan kemurkaan dan kemunafikan pun semakin menjadi hal yang biasa. Sehingga keberadaan pintu hidayah pun semakin pudar, Dan berbagai macam permusuhan semakin membabi buta. Dengan adanya hal demikian, Terpuruknya akhlak manusia pun semakin merajalela dan kebaikan semakin terlihat samar adanya. 

Namun Rasulullah SAW telah mengingatkan kembali kepada seluruh umat, Agar mereka mengamalkan tentang tiga perkara yang lebih agung dari pada perkara lain pada zaman akhir. Sementara pada masa terpuruknya kebaikan ini, Sangat memerlukan perhatian bagi umat di seluruh dunia, Khususnya umat Islam. Yang mana pada zaman akhir tidak akan ada suatu amalan yang lebih baik kecuali tiga perkara tersebut. 

Hal demikian memang sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW, Yang telah diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Hudzaifah. Dimana pada hadits tersebut, Bahwa Nabi menjelaskan mengenai tiga perkara yang paling agung di akhir zaman, sebagaimana penjelasan berikut ini :


1. Mendapat dirham ( Rizki ) yang halal
Kelalaian umat pada akhir zaman sampai membuat mereka buta akan perkara yang halal dan perkara yang haram. Sehingga mereka cenderung lebih terlena pada kepuasan sesaat. Namun tidak memperhatikan akan segala larangan yang ada dalam syariat Islam. Akibat kebutaan mata hati umat di akhir zaman, membuat mereka lupa akan tuntunan mencari rizki yang halalan thayyiban. Sehingga dari situ Rasulullah SAW pun mengingatkan, Bahwa mendapat rizki yang halal merupakan salah satu perkara yang lebih baik pada akhir zaman. 

Begitu pula penjelasan dalam kitab  Lukman Al-Hakim, menunjukkan bahwa adanya sebuah peringatan atau nasihat dari sang Ayah kepada anak, ‘’Yakni untuk bekerja dalam mencari harta kekayaan dengan jalan yang halal untuk menjaga kefakiran’’. Hal demikian karena orang yang lebih fakir hatinya, Akan dijatuhi tiga perkara, yakni lemah dalam agama, lemah akal, dan hilang rasa malunya. Dan terlebih dari semua itu ialah manusia memandang dia ( Orang yang fakir hati ) dengan pandangan yang rendah. 

Dengan begitu, mencari harta yang halal memang harus diterapkan agar nantinya hati dan pikiran bisa terjaga dari perkara yang melanggar agama, Terlebih lagi bila sampai melampaui batas.

2. Berpegang teguh pada Sunnah Nabi
Memang berpegang teguh pada sunnah Rasulullah merupakan salah satu perkara yang paling agung di akhir zaman. Tentunya para ulama’ telah bersepakat bahwa sunnah Nabi merupakan hujjah setelah keberadaan Al-Quran.  Sementara dari situ, Nabi pun memberikan isyarat tentang adanya kelompok yang ingkar kepada sunnah. Padahal mereka sudah mengakui bahwa Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul utusan Allah SWT. 

Sehingga selalu berpegang teguh pada sunnah Nabi, setidaknya menjadi perhatian khusus bagi seluruh umat. Agar para umat manusia nantinya tidak semena-mena untuk memudarkan akan ajaran dari Sunnah Rasulullah. 

3. Hubungan sesama saudara yang baik
Mengingat akan sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Hurairah R.A. Dalam hadits tersebut  menjelaskan, Bahwa  siapapun yang menyambung hubungan sanak kerabat dengan baik, maka Allah SWT akan meluaskan rizki dan dipanjangkan umurnya.

Oleh karena itu, dari penjelasan hadits tersebut bisa ditarik kesimpulan, Bahwa betapa pentingnya untuk menyambung hubungan sesama saudara ini. Yang mana pada akhir zaman, perkara baik ini telah banyak dilalaikan oleh kebanyakan orang. Maka dari itu, menjalin hubungan sesama saudara dengan baik, perlu diterapkan bagi seluruh umat. Dimana hal tersebut memang menjadi salah satu perkara yang paling agung di akhir zaman.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar