9 Makanan Ini Berakibat Fatal Jika Dikonsumsi Berlebihan

image: historiclebanontn.org
Setidaknya hal demikian patut untuk dijadikan sebuah langkah antisipasi, Bahwasannya suatu hal yang terlalu berlebihan itu merupakan tindakan yang kurang tepat. Layaknya dalam mengkonsumsi makanan yang sudah siap tersaji di hadapan mata, baik itu beragam makanan yang mengandung kesehatan di dalamnya, maupun jenis makanan yang cukup dikenal akan kelezatannya. Sehingga membuat diri tak segan untuk melahap semua makanan tersebut, bahkan hingga mengkonsumsinya secara berlebih. 
 
Mengkonsumsi makanan  yang sehat lagi melezatkan, memang sangatlah baik bagi kesehatan tubuh anda. Tapi ingat, bahwa ada beragam jenis makanan yang tentu malah membahayakan bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Berbagai alasan ilmiah yang menunjukkan makanan tersebut malah kurang baik bila dikonsumsi berlebih, baik itu dari segi zat yang terkandung di dalamnya maupun dari segi lainnya. Oleh karena itu , anda bisa lebih waspada untuk tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Dan ini 9 makanan yang berbahaya dan berakibat fatal bila dikonsumsi secara berlebihan.
 
1. Ikan Salmon
Cukup dikenal kandungan lemak omega 3 dan protein yang terdapat pada ikan salmon ini bagi kesehatan tubuh. Bahkan banyak orang mengetahui bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya sangat luar biasa. Namun bila dikonsumsi secara berlebih dan terlalu sering, hal demikian juga kurang baik. Berdasarkan hasi laporan pada Huffington Post, menunjukkan bahwa banyak sekali budidaya terhadap ikan salmon yang malah membuat kandungan lemak dan kadar polutan tinggi. Sehingga bila mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3 ini terlalu berlebih, hingga kandungan lemak omega 3 yang telah masuk dalam tubuh terlalu ekstrem, maka hal demikian bisa menjadikan sistem kekebalan tubuh melemah. Bahkan lemak ini akan bisa meningkatkan akan berbagai risiko, layaknya penyakit usus, colitis dan lainnya.
 
2. Biji Gandum
Kandungan yang terdapat pada biji gandum memang berguna bagi tubuh, layaknya terdapat sembilan jenis asam amino esensial di dalamnya, dan berbagai kandungan protein yang cukup kompleks, serta kaya akan serat. Namun  bila dikonsumsi secara berlebih akan bisa menyebabkan melemahnya tubuh dalam menyerap makanan dan kram. Dan bila dalam mengkonsumsi biji gandum ini tidak diselingi dengan minum banyak air, maka bisa saja menjadikan timbulnya sembelit. Oleh karena itu, makanlah biji gandum ini dengan takaran yang pas dan jangan terlalu berlebihan.
 
3.  Alpukat
Khasiat yang dimiliki oleh buah alpukat memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, yang mana alpukat juga bisa membantu untuk mengurangi risiko akan penyakit jantung, mengurangi kolesterol jahat dan lainnya. Namun bila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah enak ini, maka akan bisa menyebabkan berat badan naik. Hal demikian karena pada buah alpukat juga mengandung lemak yang cukup tinggi, sehingga bila dikonsumsi secara berlebih, tentu kurang baik bagi tubuh bukan….?. Sehingga bilamana anda berkeinginan untuk mengkonsumsi alpukat, maka makanlah dengan kadar secukupnya saja. 
 
4. Minyak Kelapa
Baik itu dalam hal kesehatan dan kecantikan, minyak kelapa memang cukup dikenal akan manfaat baik di dalamnya. Dengan mencampurkan minyak kelapa pada makanan, maka akan bisa meningkatkan nafsu makan karena terdapat lemak di dalamnya. Akan tetapi bilamana hal demikian dikonsumsi secara berlebihan, maka juga tidak baik bagi kesehatan tubuh nantinya. Oleh karena itu, janganlah terpaku dalam mengkonsumsi satu jenis makanan, hingga kadar yang terlalu berlebihan.
 
5. Makanan Pedas
Mengkonsumsi makanan pedas memang berguna bagi kesehatan tubuh. Dimana setiap rasa pedas pada makanan, memang bisa memperlancar sistem pencernaan dan menyehatkan kinerja jantung anda. Kandungan yang terdapat di dalam makanan pedas juga cukup kompleks, yakni sebagai sumber vitamin E, C, A, dan B. Namun bila makanan pedas ini sering dikonsumsi atau terlalu berlebihan, maka juga akan memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh, layaknya maag akut, mulas-mulas, nafsu makan melemah, refluks asam dan lambung. Jadi, dalam mengkonsumsi makanan pedas ini, setidaknya bisa secukupnya demi memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh.
 
6. Jeruk dan Tomat
Perlu diketahui, bahwa kedua jenis buah-buahan ini memang sangat berguna sekali untuk memenuhi asupan dalam tubuh. Dimana kedua buah ini memang sangat kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya . Namun perlu anda ingat, bahwa pada buah jeruk dan tomat juga mengandung asam yang tinggi. Sementara bila anda konsumsi secara berlebihan, maka akan bisa menimbulkan masalah layaknya memicu terjadinya asam lambung dalam tubuh. Sehingga makanlah buah-buah ini dengan kadar secukupnya saja. 
 
7. Bayam
Kandungan vitamin, zat besi, serat, serta mineral yang sangat tinggi ini, membuat sayur bayam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan bayam juga sangat membantu dalam memperlancar program diet anda. Akan tetapi bila bayam terlalu sering dikonsumsi atau mengkonsumsi bayam terlalu berlebihan, maka hal demikian juga kurang baik. Yang mana pada sayur bayam ternyata juga terdapat kandungan oksalat yang cukup tinggi, Yakni kandungan yang bisa memicu terjadinya batu ginjal. Sehingga mengkonsumsi bayam di luar takaran atau terlalu berlebihan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya bila dalam mengkonsumsi sayur bayam ini sesuai kadar kewajaran dan tidak terlalu berlebihan. 
 
8. Kacang Kedelai
Pada kacang kedelai terkenal kaya akan protein yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, lainnya. Akan tetapi bilamana mengkonsumsi kacang kedelai ini terlalu berlebihan juga kurang baik. Dimana kacang kedelai juga mengandung fitoestrogen yang mirip dengan hormon estrogen pada wanita. Kandungan ini juga bisa menyebabkan dampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga bila anda berkeinginan untuk mengkonsumsi kacang kedelai, setidaknya menurut kadar sewajarnya dan tidak terlalu berlebihan. 
 
9. Kacang Brazil
Cukup menyehatkan bila kacang brazil dikonsumsi dalam takaran secukupnya. Karena kandungan di dalamnya pun juga sangat berguna bagi tubuh, layaknya protein, asam lemak, dan serat. Yang mana semuanya itu mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan tekanan darah yang terlalu tinggi. Namun bila kacang brazil dikonsumsi secara berlebihan, maka juga akan memberikan dampak tidak baik bagi tubuh. Dimana selenium yang awalnya baik bagi tubuh, Jika dalam dosis besar yang masuk dalam tubuh akan berubah menjadi racun. Sehingga akibatnya pun menjadikan rambut mudah rontok, kuku rapuh, terjadi kerusakan saraf, dan lainnya. Oleh karena itu dalam mengkonsumsi kacang brazil ini, sesuaikan dengan kadar secukupnya saja.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar