6 Khasiat Menakjubkan Di Balik Daun Pisang

image: thai-food-online.co.uk
Layaknya daun teh yang banyak sekali mengandung antioksidan di dalamnya, Daun pisang juga menjadi salah satu jenis dedaunan yang cukup populer di mata masyarakat yang ada di nusantara. Bahkan sudah menjadi bagian yang lazim bagi banyak orang, baik itu sebagai pembungkus jajanan tradisional, bungkus menu makanan, maupun sebagai kebutuhan pada setiap acara adat di sebagian besar wilayah nusantara.
 
Banyaknya kandungan polifenol yang terdapat pada daun pisang, menjadikan khasiat yang terdapat di dalamnya pun cukup efektif dalam menangani permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh kalangan masyarakat. Sehingga beragam manfaat tidak hanya bisa anda dapatkan dari bagian buah, kulit dan jantung pisangnya saja. Bahkan berbagai jenis penyakit bisa diobati dengan menggunakan daun pisang ini.
 
Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila anda memanfaatkan daun pisang sebagai bahan alami untuk menetralisir tubuh  dari berbagai macam jenis penyakit. Dimana kandungan yang terdapat di dalamnya, memiliki efek bagus bagi tubuh anda. Dan inilah beberapa manfaat atau khasiat daun pisang bagi kesehatan tubuh.
 
1. Mengatasi Radang Tenggorokan
Adanya radang tenggorokan, memang biasa disebabkan oleh terdapatnya virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, keberadaan cuaca yang kurang menentu juga menjadi salah satu pemicu radang tenggorokan ini timbul. Namun anda jangan khawatir, bahwa cukup dengan mengolah daun pisang, radang tenggorokan sudah bisa tertanggulangi secara efektif dan alami. Sehingga penyakit yang kerap menjadikan tubuh menjadi kurang nyaman ini, bisa terusir dari dalam tubuh. 
 
Cara mengolahnya pun juga mudah, yakni sediakan daun pisang secukupnya, kemudian jemur daun hijau ini hingga kering. Selanjutnya buatlah daun yang sudah dikeringkan tadi , menjadi rebusan daun pisang dengan menggunakan air mendidih. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut secara rutin dan teratur,  sehingga radang tenggorokan yang anda alami bisa sembuh. Dengan begitu, radang tenggorokan memang bisa diobati dengan jenis dedaunan ini.
 
2. Mengobati Disentri
Terjadinya penyakit radang yang terdapat pada bagian usus, ditandai dengan darah pada tinja dan lendir, Atau dikenal dengan istilah penyakit disentri, memang sangat mengganggu bagi kesehatan tubuh. Dengan memanfaatkan daun pisang, sudah bisa anda jadikan obat alami dalam mengatasi penyakit ini. Hal demikian karena pada daun pisang juga mengandung zat alami yang mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Caranya yakni, hendaknya anda bisa mengunyah daun pisang KAPOK, kemudian telanlah getah pada daun yang sudah anda kunyah tadi. Dengan begitu, penyakit disentri bisa segera teratasi.
 
3. Untuk Mengatasi Mimisan
Jenis penyakit pendarahan layaknya mimisan, bisa juga diobati dengan menggunakan daun pisang ini. Yang mana mimisan terjadi bisa dikarenakan oleh cuaca yang telalu dingin, dan bisa juga sebab lainnya. Dan untuk mengatasi mimisan dengan daun pisang, setidaknya anda bisa meletakkan daun pisang tersebut pada bagian lubang hidung, Atau layaknya anda meletakkan daun sirih untuk mengatasi mimisan. Sehingga daun hijau ini bisa menjadi alternatif lain, Bilamana daun sirih yang biasanya dijadikan bahan alami untuk mengatasi mimisan tidak tersedia. 
 
4. Mengatasi Keputihan
Dimana permasalahan semacam ini memang dialami oleh para kaum Hawa. Dan terjadinya keputihan biasa disebabkan oleh jamur. Sehingga hal demikian juga menjadikan banyak kaum wanita yang merasa resah atas permasalahan tersebut. Namun anda janganlah khawatir, bahwa daun pisang juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi keputihan  ini. 
 
Caranya yakni, anda bisa terlebih dahulu merebus daun pisang secukupnya, Untuk dijadikan air rebusan daun pisang. Selanjutnya, air rebusan tersebut siap digunakan untuk membersihkan pada bagian organ reproduksi wanita. 
 
5. Mengobati Sakit Dada dan Redakan Batuk
Cukup kompleks khasiat yang diberikan daun pisang ini. Selain memberikan berbagai manfaat yang ada, Daun pisang juga bisa menjadi obat alami akan terjadinya sakit dada, dan meredakan batuk secara alami. Dimana sakit dada dan batuk kerap sekali disebabkan oleh banyaknya mengkonsumsi alkohol, merokok, dan sebab lainnya. Untuk menggunakan daun pisang dalam mengatasi penyakit tersebut, Yakni jadikan daun pisang menjadi air rebusan, dan minumlah secara rutin sampai gangguan batuk dan sakit dada bisa mereda.
 
6. Sebagai Ramuan Untuk Obat Luka
Untuk menyembuhkan luka, Anda bisa memanfaatkan daun pisang sebagai bahan alaminya. Layaknya luka kecil  yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, terjatuh, goresan, dan lainnya. Hal tersebut bisa disembuhkan dengan menggunakan daun pisang. Caranya juga mudah, Yakni buatlah daun pisang menjadi jus, Namun dengan sedikit air saja. Kemudian oleskan ke bagian kulit anda yang terkena luka secara merata. Dengan demikian, Luka yang anda alami tersebut bisa sembuh seperti sediakala.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar